Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

ยฉ 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

davidikhsanAvatar border
TS
davidikhsan
Seberapa Penting Sih Ikut Komunitas?
Seberapa Penting Sih Ikut Komunitas?

Assalamu'alaikum,

emoticon-doctoremoticon-doctoremoticon-doctor

Apa kabar semuanya?semoga pada sehat yah jangan ada yang sakit, amin ๐Ÿ˜ƒ. Ohiya sebelumnya perkenalin namaku David Ikhsan Mulyadi biasa di panggil david. Di sini aku aka membahas tentang komunitas. Pada penasaran gak nih?harus penasaran yah untuk nambah ilmu juga wkwk. Yuk kita baca.
emoticon-Blue Guy Peace
Apa itu komunitas dan apa maanfat kita mengikuti komunitas. Ada yang tahu gak nih apa itu komunitas?? pasti gak aneh kan kalian mendengar kata komunitas dan pasti kalian juga mengira komunitas itu kaya sebuah perkumpulan orang-orangkan? iya hal itu ada benarnya juga sekira kan kalau ada orang-orang yang lagi konvoi di jalanan itu kebanyakannya dari komunitas, tetapi banyak orang-orang juga yang mengira yang mengikuti komunitas itu banyak sisi negatifnya, padahal banyak loh sisi positifnya yang kalian perlu harus tahu. Sebelumnya aku akan memberitahukan kepada kalian apa itu komunitas menurut versi ku sendiri, menurutku Komunitasadalah perkumpulan orang-orang yang melakukan interaksi dan dilakukan dalam bersosialisasi untuk menambah wawasan yang lebih.

Ada banyak komunitas di dunia ini yang sangat bermanfaaat.
Nah di sini aku akan sedikit menceritakan tentang pengalamanku dalam mengikuti komunitas, bagaimana sih rasanya ikut komunitas? Gimana sih kesannya dalam mengikuti komunitas?? emoticon-Big Grin

Seberapa Penting Sih Ikut Komunitas?

emoticon-Jempol
Itu adalah fotoku bersama anggota lain dalam komunitasku.
Oke aku akan menceritakan sedikit pengalamanku dalam mengikuti komunitas. Aku mengikuti komunitas basket di dekat tempat tinggalku. Awalnya aku malu-malu mengikuti komunitas tersebut, tetapi aku memberanikan diri dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu dan aktif berinteraksi dengan teman yang lain. Setelah beberapa bulan kemudian, komunitas basketku mengadakan event lomba basket tingkat kabupaten. Hal itu merupakan pertama kalinya aku menjadi panitia. Di situ kita dipaksa untuk mengatur semua yang berkaitan tentang lomba basket, dari mulai mengatur penjadwalan tanding, mengajukan proposal-proposal jika kekurangan biaya, dan sebagainya.

Kenapa komunitasku mengadakan event seperti ini? nah alasannyan yaitu agar komunitasku diakui oleh masayarakat setempat dan emang kalau komunitasku itu benar-benar ada didaerahku dan di sini otomatis kita dipaksa untuk berinteraksi dengan orang lain yang kita gak kenal dan juga kan lumayan juga buat nambah anggota jika ada yang berniat untuk masuk komunitasku. Kita tidak hanya mengadakan event saja, tapi kita juga mengikuti lomba antar komunitas basket di daerahku, dan yang bersyukurnya lagi komunitasku pernah juara ke dua. Di komunitas Basketku ini kita dilatih tentang dasar-dasar basket dan mengasah kemampuan dasar tersebut agar lebih hebat. Di dalam komunitas juga aku menjadi dapat lebih banyak teman lagi. Di komunitas ini aku dapat menyalurkan hobiku dengan mengasah kemampuanku sendiri. Jadi kesanku selama mengikuti komunitas basket tersebut sangat seru dan kita bisa belajar lebih banyak dari komunitas tersebut daripada diem di rumah gak ada kerjaan kan mending kita ikut komunitas yang sangat bermanfaat bagi masayarakat terutama untuk diri sendiri.

Seberapa Penting Sih Ikut Komunitas?

Nah itu saat ada latihan di komunitas basketku. Seru kan.
emoticon-Ngakak
Guys banyakkan manfaatnya jika kita mengikutisebuah komunitas, dari pengalamanku tersebut ada beberapa manfaat jika kita mengikuti komunitas, aku poin-poinkan sebagai berikut.

1. Melatih percaya diri
Di dalam komunitas kita dilatih untuk percaya pada diri sendiri, karena di sini kita dipaksa untuk berinteraksi dengan orang lain dan juga di paksa untuk aktif dalam bersosialisasi.

2. Menyalurkan hobi
Nah untuk kalian yang masih bingung bagaimana kemampuan kalian harus dikembangkan, sebaiknya kalian mengikuti komunitas sesuai dengan bidangmu. Di dalam komunitas juga kita dapat menyalurkan hobi kita dan mengasah kemampuan kita agar lebih hebat. Sayangkan kita punya kemampuan tetapi gak diasah lebih mendalam. Ibarat pisau yang gak sering diasah jadi tumpul.

3. Menyalurkan aspirasi
Dalam komunitas juga, kita dapat menyampaikan pendapat kita terhadap komunitas yang kita ikuti. Misalnya jika ada event kita dapat menyampaikan pendapat kita tentang apa saja yang harus ada dalam event itu. Jangan malu-malu untuk menyampaikan pendapat kita.

4. Mendapat teman lebih banyak
Di komunitas, kita akan mendapat banyak teman yang gak dikenal, karena biasanya dalam komunitas itu jumlah anggotanya sangat banyak dan otomatis kita akan saling kenal.

5. Mengisi waktu kekosongan
Nah dengan kita mengikuti komunitas, jika kita ada waktu kosong yang gak dipakai kita bisa kumpul-kumpul dengan anggota komunitas lain, seperti nongkrong-nongkronglah atau, membicarakan tentang komunitas bagaimana selanjutnya dan masih banyak yang lainnya. Kata aku yang tadi bilang yah daripada diem dirumah, kita gabut dirumah, banyak waktu yang kebuang mending kita ikut komunitas yang banyak manfaatnya.

6. Membantu orang lain
Loh kok membantu orang lain? pasti pada bingungkan, nah di sini maksudnyax, jika ada orang lain yang sedang kesulitan seperti kebakaran rumah, atau yang sedang mendapat bencana lain atau juga untuk panti asuhan dan masih banyak yang lainnya, kita bisa membantu mereka dengan memberi donasi kepada mereka atau dapat juga dengan mengelilingi rumah-rumah untuk menambah lebih banyak donasi seperti uang, atau pakaian bekas dan sebagainya. Hal itu sangat bermanfaat untuk masyarakat yang kita bantu, ditambah hal itu dapat membantu masyarakat yang harta bendanya habis ditelan oleh bencana.

7. Menghasilkan uang
Lho kok bisa juga menghasilkan uang? gimana? ya bisa dong, misalnya kamu ikut kompetesi mobile legend dari perwakilan komunitas kamu misalnya komnitas mobil legend dan kamu yang terpilih untuk mewakili komunitas kamu, dan akhirnya kamu juara ke-1, pasti ada hadiah uangnya dan pialanya, sehingga itu bisa membuat komunitas bangga terhadapmu. Jadi dengan kamu mengikuti komunitas, kamu akan lebih tahu banyak lomba dan kamu bisa mewakilinya sehingga dapat menghasilkan uang jika menang.

Guys gak salah juga kan dengan kita mengikuti sebuah komunitas, gak hanya komunitas basket ko yang banyak sisi postifnya juga ada seperti komunitas pecinta alam, komunitas seni dan sebagainya yang banyak sisi positifnya juga. Jadi sangat penting yah untuk kita mengikuti sebuah komunitas. Coba masuk dulu aja komunitas ntar juga kalau kalian udah tergabung ke sebuah komunitas kalian juga pasti akan menikmati rasanya berada di komunitas, pokoknya sangat seru deh.

Nah mungkin hanya segitu yang bisa aku kasih tau tentang komunitas๐Ÿ˜. Terimakasih kepada para pembaca yang sudah membaca Wkwk.
emoticon-Malu

Sekian dan sampai jumpa๐Ÿ˜‡ wassalamu'alaikum.๐Ÿ™๐Ÿ™

emoticon-I Love Indonesia (S)


Gresta
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
12
624
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan