rahmaedogawaAvatar border
TS
rahmaedogawa
Tragedi Kerusuhan di Wamena dan G30S-PKI disebabkan HOAX

Foto: Kerusuhan di Wamena

Dikutip melalui media KOMPAS.com timbulnya kericuhan yang kembali terjadi di Bumi Cenderawasih, kali ini di Kota Wamena, Kota Jayapura Provinsi Papua. Berdasarkan kronologi yang terhimpun, kekacauan ini dipicu hoaks yang beredar di masyarakat pada minggu sebelumnya.

Hoaks itu menyebut ada seorang guru yang mengeluarkan kata-kata rasis kepada muridnya, sehingga memicu kemarahan sejumlah warga.
Untuk menunjukkan solidaritas melawan ujaran berbau rasis yang beredar, sekumpulan siswa SMA PGRI dan masyarakat kurang lebih berjumlah 200 orang berjalan menuju sebuah sekolah di Wamena, Senin (23/9/2019) pukul 09.00 waktu setempat.

Namun dalam perjalanannya, jumlah massa bertambah hingga akhirnya kericuhan pecah di beberapa titik seperti Kantor Bupati Jayawijaya dan sepanjang Jalan Sudirman.
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberlakukan pembatasan jaringan untuk mencegah hoaks dan provokasi tersebar lebih luas melalui internet. Dua operator yang melakukan pembatasan itu adalah Telkomsel dan Indosat.
Sumber: KOMPAS

Melalui laman Kominfo disebutkan Hoax Sama dengan Fitnah dan Ghibah, Umat Diminta Bijak Sebar Informasi
Karena itu lah BNPB kemudian langsung membuat bantahan dan membuat rilis dan imbauan agar jangan mudah terhasut oleh berita berita bohong alias hoax.

Itulah gambaran yang terjadi dewasa ini. Dengan kemudahan dan kecanggihan elektronik khususnya dunia maya ini semakin membuat dunia ini sulit ditangkal untuk penyebaran berita hoax.
Sumber: Kominfo.go

Quote:



Foto: googlesearch

Rudiantara meminta semua masyarakat pengguna media sosial harus lebih cerdas dalam menanggapi adanya informasi hoax yang beredar di media sosial. Setidaknya, kata Rudi, tidak mengirimkan ke yang lain atau tidak menjadi yang pertama mengirim informasi itu.
Sumber: Nasional Tempo

Tragedi besar sampai menewaskan orang yang disebabkan oleh hoaks tidak hanya kali ini, namun sejarah peristiwa G30S-PKI itu juga disebabkan adanya hoaks. Seperti yang dikatakan oleh Jendral A.H Nasution saat melepas kepergian para Pahlawan Revolusi.

Quote:

Sumber: Okezone.com

Semoga dengan adanya sejarah yang demikian, dapat mengajarkan kepada kita betapa kejam dan buruknya fitnah, dan semoga ini membuat kita sadar pentingnya memastikan kebenaran informasi.

Referensi:
Spoiler for https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/24/061500065/kronologi-ricuh-wamena-penyebab-dampak-hingga-tanggapan-presiden?amp=1&page=2:


Spoiler for https://kominfo.go.id/content/detail/10887/hoax-sama-dengan-fitnah-dan-ghibah-umat-diminta-bijak-sebar-informasi/0/sorotan_media:


Spoiler for https://nasional.tempo.co/read/1064329/menteri-rudiantara-kabarkan-hoax-sama-dengan-fitnah-berjamaah:


Spoiler for https://nasional.okezone.com/read/2017/09/29/337/1785939/lepas-kepergian-tujuh-pahlawan-revolusi-ini-yang-diucapkan-jendral-ah-nasution:
Diubah oleh rahmaedogawa 03-10-2019 12:29
delia.adel
delia.adel memberi reputasi
1
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan