Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

istijabahAvatar border
TS
istijabah
Pendidikan di Desaku, Dulu dan Sekarang
Pendidikan
Pendidikan di Desaku, Dulu dan Sekarang

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.
Wikipedia

Tinggal di salah satu desa di bagian pulau Madura itu enak banget, karena hampir semua masih alami, tapi butuh perjuangan yang besar untuk merasakan nikmatnya sebuah pendidikan.

Dulu, di desa tempat saya dibesarkan mungkin terbilang tertinggal soal pendidikan. Zaman saya SD itu, gak ada yang namanya kegiatan pramuka ataupun pelajaran bahasa Inggris.

Tidak ada juga perpustakaan dalam sekolah, membuat kami yang haus akan pengetahuan seperti berjalan di lorong gelap dan buntu.

Hingga saat masuk ke sekolah menengah pertama yang ada di kecamatan, kami sangat kesulitan tentang pelajarannya. Teman yang dari sekolah lain sudah tahu ini itu, kami masih harus mempelajari dari awal.

Ditambah lagi kesadaran para orang tua tentang pentingnya pendidikan sangatlah rendah. Banyak anak laki-laki yang dari segi umur seharusnya masih mengenyam pendidikan, malah sudah harus bekerja.

Lebih parahnya lagi untuk anak perempuan, tidak ada kebebasan untuk mengenyam pendidikan. Tidak jarang di usia yang masih sangat belia anak perempuan sudah dinikahkan.

Quote:



Namun, sekarang kesadaran dari orang tua tentang pentingnya pendidikan pada anak, baik laki-laki ataupun perempuan di desa saya ini sudah tinggi.

Terbukti dari jumlah pelajar yang setiap tahun semakin bertambah, meski tidak semuanya menuntut ilmu di sekolah negeri, karena ada orang tua yang memilih memasukkan anaknya ke pesantren.

Pesantren sekarang pun banyak yang membuka sekolah formal di dalamnya. Bahkan ada yang sampai menerapkan dua bahasa saja dalam kesehariannya. Yakni, bahasa Inggris dan bahasa Arab kecuali hari libur bebas menggunakan bahasa apa saja.


Bangunan-bangunan sekolahnya pun sekarang sudah baik dan lengkap dengan perpustakaan, musholla dan kamar mandinya. Kalau dulu saya menumpang pada tetangga yang rumahnya dekat sekolah jika ingin ke kamar kecil, sekarang tidak lagi karena telah tersedia dalam lingkungan sekolah.

Seperti bangunan sekolah SMA ini, sekarang sangat bagus.
Pendidikan di Desaku, Dulu dan Sekarang

Pendidikan di Desaku, Dulu dan Sekarang

Dulu, seperti tidak terurus, jendela bolong di mana-mana begitu juga dengan plafonnya. Sekarang sudah seperti bangunan sekolah di kota-kota.

Bahkan, sekarang di desa saya, sekolah TK pun sudah ada. Meski terbilang baru, tapi para orang tua cukup antusias menyekolahkan anak-anak mereka.

Pendidikan di Desaku, Dulu dan Sekarang


Harapan saya semoga di zaman sekarang tidak ada lagi tempat atau daerah yang mengenyampingkan sebuah pendidikan. Dan tidak ada lagi perempuan yang harus menikah muda dan tidak mempunyai kebebasan dalam mengecap nikmatnya pendidikan.

Quote:




Pada nyatanya pembangunan infrastruktur pemerintah itu termasuk salah satu cara meningkatkan pendidikan. Namun, yang perlu diperhatikan juga adalah ketersediaan sumber daya manusia di daerah-daerah terpencil. Dengan harapan, mutu pendidikan pun merata sampai ke pelosok.

Semoga tidak ada anak di negeri ini yang saat ditanyakan kapan hari kemerdekaan republik Indonesia, dia malah menjawab dengan gelengan kepala saja.




Quote:


Bagi saya yang terpenting dalam sebuah pendidikan adalah kualitas prosesnya bukan lamanya proses.

Kalau menurut Agan dan Sista bagaimana?


Penulis: Istijabah
Sumber gambar: Dok. Pri
:terimakasih
bekticahyopurno
alizazet
embunsuci
embunsuci dan 38 lainnya memberi reputasi
39
2.8K
154
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan