iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Resep Pepes Jeroan Ikan, Makanan Kampung yang Menggugah Selera

Sumber gambar

Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista di seluruh pelosok tanah air, apa kabarnya? Ane doakan semoga selalu sejahtera, ya. Pada kesempatan kali ini, ane mau berbagi resep andalan dapur ane, resep ala-ala emak kampung.

Siapa yang tidak kenal dengan pepes, GanSist pasti familiar, kan, dengan masakan yang satu ini. Pepes ada banyak varian-nya. Ada pepes ikan, tahu, ayam, jamur, udang, dan lain-lain. Nah, resep yang akan ane bagikan bukan pepes yang ane sebut barusan, kali ini ane mau membagikan resep pepes jeroan ikan.

Bahan-bahan


Sudah pasti bahan dasarnya jeroan ikan, ya, GanSist. Jeroan yang ane pilih adalah jeroan ikan tongkol. Di tempat ane, Jepara, ikan segar yang berukuran besar amat mudah ditemukan.


Bumbu yang dihaluskan

2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 buah cabe keriting
5 buah cabe rawit atau sesuai selera
1 ruas kunyit

Sebelum dihaluskan diberi tambahan garam, gula, dan penyedap rasa jika suka. Untuk takaran dikira-kira aja, ya, GanSist.


Setelah bumbu halus, masukkan jeroan ikan tadi ke dalam cobek. Ambil satu buah tomat ukuran sedang atau dua buah tomat ukuran kecil. Iris tipis, kemudian dicampur dengan semua bahan tadi. Untuk tomat bisa diganti dengan belimbing wuluh. Berhubung pohon belimbing wuluh ane kagak ada buahnya, jadi ane pake tomat. Semua bahan tadi diaduk rata.

Ambil selembar daun pisang, sebelumnya dipanaskan sebentar di atas api, tujuannya supaya daun lemas dan tidak mudah sobek ketika digunakan.

Bungkus jeroan ikan yang telah dicampur bumbu tadi menggunakan daun pisang. Setelah terbungkus rapi, masukkan pepes tadi ke dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan


Kukus lebih kurang selama 15 menit. Sambil menunggu, GanSist boleh sambil berselancar di dunia maya. Namun perlu diingat, jangan kebablasan, bahaya, biasa-bisa gosong nanti.


Setelah menanti dalam kepastian selama lebih kurang 15 menit, pepes bisa dinikmati. Selamat mencoba.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata. Semoga bermanfaat. Jangan lupa jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Jika berkenan, monggo di-follow akun ane. Salam hangat, selamat beraktifitas.


Sumber gambar : dokpri

Sumber : opri

Diubah oleh iissuwandi 29-09-2019 15:42
ceuhetty
nona212
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.8K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan