CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8cbdf0f0bdb260e0749323/cara-membuat-pangsit-bawang

Cara Membuat Pangsit Bawang

1. Cara Membuat Pangsit Bawang
Cara Membuat Pangsit Bawang

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bawang Original :
>1 sendok teh penyedap rasa atau bisa diganti dengan lada bubuk.
>120 ml santan.
>150 gram tepung tapioka.
>2 sendok makan mentega.
>2 butir telur, kocok lepas.
>200 gram bawang merah.
>50 gram bawang putih.
>5 batang daun seledri, iris halus.
500 gram tepung terigu.
Minyak sayur secukupnya
Garam secukupnya.

 
Alat Yang Digunakan Dalam Membuat Kue Bawang :

>Blender
>Pisau
>Wajan
>Rolling pin

 
Cara Membuat Kue bawang Original :

1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam membuat kue bawang.
2. Selanjutnya, siapkan blender untuk menghaluskan bawang putih.
3. Pada tempat terpisah masukan garam ke dalam santan agar tercampur rata, lalu tambahkan sedikit santan ke dalam blender  ketika menghaluskan bawang putih. Dan jika bawang putih sudah halus dan tercampur rata maka sisihkan.
4. Setelah itu rajang bawang merah, lalu kemudian siapkan wajan dan minyak untuk menumis bawang merah. Tumislah hingga bawang merah layu.
5. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan sisa santan. Jika semua bahan sudah dimasukkan aduk hingga merata sampai adonan bisa diuleni. Uleni adonan sampai kalis.
6. Pastikan adonan jangan terlalu lembek, karena jika lembek nanti akan lengket ketika akan digiling menggunakan cetakan.
7. Apabila sudah maka ambil segumpal adonan lalu kemudian gilinglah dengan rolling pin. Giling adonan berulang agar mendapatkan lembaran halus, biasanya tiga kali giling adonan sudah menjadi lembaran halus.
8. Taburkan alas adonan dengan menggnakan tepung supaya adonan tidak lengket saat akan diangkat nantinya. selanjutnya kalian bisa memotong adonan sesuai selera.
9. Siapkan wajan dengan agak banyak minyak, kemudian panaskan dan goreng adonan yang telah dibentuk. Dalam menggorengnya pergunakanlah api sedang.
10. Gorenglah hingga kue bawang matang, yang menandakan kue bawang sudah matang yaitu warnanya yang berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah mendapatkan warna yang demikian angkatkah dan tiriskan kue bawang.
11. Terakhir, diamkan keripik bawang yang sudah matang diatas tampah yang dialasi kertas agar minyaknya tiris dan mendingin. Jika sudah dingin maka kue bawang siap dimasukkan ke dalam toples.

2. Resep Pangsit Bawang Rasa Keju


Setelah berhasil membuat pangsit bawang original, sekarang kita beralih ke cara membuat kue bawang yang lain. Yakni kue bawang rasa keju. Yuk simak resepnya.

Bahan:

>Kaldu ayam 1 bungkus.
>Telur 1 butir.
>Lada bubuk 1 sendok teh.
>Baking powder 1/2 sendok teh.
>Garam 1/2 sendok teh.
>10 siung bawang merah.
>25 mili liter air.
>250 gram tepung terigu yang berprotein sedang.
>3 siung bawang putih.
>Keju cheddar parut 50 gram.
>Tepung kanji 50 gram.
>Minyak 50 mili liter.
>Minyak untuk menggoreng secukupnya.
>Seledri secukupnya, iris tipis-tipis.

Cara membuat Pangsit bawang keju:

1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang diperlukan dalam membuat kue bawang keju.
2. Selanjutnya haluskan masing-masing bawang merah dan bawang putih.
3. Kemudian siapkan wadah untuk mencampur tepung terigu, tepung kanji dan baking powder. Lalu aduh hingga rata.
4. Langkah selanjutnya siapkan wadah lain untuk mencampur telur, minyak dan juga air. Kemudian aduk rata.
5. Setelah itu campurkan campuran tepung dan baking powder kedalam wadah berisi telur, mintak dan air. Aduk-aduk hingga merata lalu tambahkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang puih, lada, garam, keju dan seledri. Lalu aduk-aduk sampai merata hingga adonan bisa diuleni.
6. Jika adonan sudah kalis maka ambillah sedikit, kemudian gilas dengan menggunakan rolling pin atau penggilingan molen. Bila sudah mendapatkan lembaran tipis potong-potong sesuai selera.
7. Siapkan wajan dan minyak goreng untuk menggoreng adonan kue bawang yang telah dicetak. Goreng menggunakan banyak minyak yang panas sampai mendapatkan warna cokelat kekuningan.
8. Bila sudah angkat dan tiriskan, sambil menunggu dingin. Jika sudah dingin letakkan dalam toples agar tingkat kerenyahannya tetap terjaga.

 
3. Resep Pangsit Bawang Ubi Ungu


Demikian itu tadi kue bwang dengan rasa keju. Kue bawang umumnya memiliki warna kuning kecokelatan, mesikpun tadi sudah diberi rasa yang berbeda warna yang dihasilkan tetap sama. Nah kali ini kita coba membuat kue bawang dengan warna yang berbeda. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak lagi cara membuat kue bawang dari ubi ungu.

Bahan untuk membuat kue bawang ubi ungu:

>100 gram tepung kanji.
>100 gram margarin atau bisa juga 125 gram.
>12 sampai 15 siung bawang putih (ukuran bawang kecil)
>Garam secukupnya.
>2 butir telur.
>500 gram terigu.
>500 gram ubi ungu, kukus dan haluskan.
>Air 1 sampai 2 gelas.

Cara membuat kue bawang ubi ungu:

1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat kue bawang ubi ungu.
2. Ambil ubi ungu, kupas ubi dan potong-potong, kemudian kukus ubi hingga empuk. Jika ubi sudah empuk maka haluskan ubi.
3. Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih dan garam bersamaan.
4. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung kanji dan margarin, lalu aduh-aduk hingga rata. Tambahkan juga bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian aduk lagi hingga merata. Jika sudah merata, sedikit demi sedikit tambahkan air sambil diaduk-aduk hingga adonan siap diulen.
5. Lalu uleni adonan hingga kalis. Ambil sedikit saja adonan untuk mencoba apakah rasanya sudah pas, jika belum bisa ditambahkan garam lalu kemudian uleni lagi.
Setelah itu bagi-bagi adonan menjadi beberapa bagian agar mudah digiling nantinya. 6. 6. Lalu giling dengan menggunakan botol atau rolling pin, jika masih belum pipih juga giling di alat giling unttuk mie hingga mendapatkan lembaran yang tipis dari adonan.
7. Apabila sudah potong-potong dengan ukuran yang kalian kehendaki sampai adonan habis.
8. Kemudian siapkan wajan dan minyak yang agak banyak, sambil dipanaskan diatas api yang sedang.
9. Saat minyak terlihat sudah panas masukan adonan yang telah dicetak tadi. Usahakan adonan berpencar satu sama lain agar tidak menggumpal nantinya, sambil diaduk-aduk perlahan.
10. Jika warna adonan kue bawang yang digoreng sudah terlihat lebih tua dari warna sebelumnya maka kue bawang sudah siap diangkat dan ditiriskan.
11. Jika sudah dingin kue bawang siap disimpan di tempat yang rapat, agar kerenyahannya tetap terjaga.

Demikianlah Artikel pangsit bawang, baca juga artikel mesin pengupas bawang
.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 4 lainnya memberi reputasi
Wah makasih banget TS infonya. Kebetulan ini cemilan favorit ane banget nih suka gak sadar pas ngabisin, ntar ane coba dah nih resepnyaaa
waaaahhh
sepertinya renyah nihhh
sambil ngeteh buat cemil-cemil enak juga

mau dong gann
emoticon-Malu
bolehh ni ntar dicoba nice info emoticon-Big Grin
wah sepertinya enak nih. kriuks
Waaaaah ini makanan favorit ane nihh mantap sharingnya wkwkwkw
Ane bener bener baca bgt lho step by stepnya. Yaaa walaupun belom bisa di aplikasikan tapi kan bikin jejak aja dulu disini wkwkwkw


Quote:


Iya gan bener bangeet enaknya buat nyemil tu yang gaberenti kalo belom selesainwkwkkw
Mantap ts threadnya! Terus berbagi hal positip yaaaj
Wah,makasih banget gan atas tambahan infonya. Sangat membantu ane yang doyan banget pangsit bawang kwkwkw emoticon-Ngakak

emoticon-Toast emoticon-Toast
gituu yaa gan.. boleh lahh di coba sendirian nih dirumah kalau ada alat dan bahan lengkapnya.. btw makasih banyak gann sudah mau berbagi dimarih, ane tunggu thread-thread menarik lainnya... sekalian ane numpang ninggalin jejak di marih ya emoticon-Toast
wah lengkap banget nihh caranyaa.. boleh banget nih di cobaa... thanks gan udah mau bagi-bagi info disini.. ane komen,rate sama kasi cendol ya emoticon-Toast: emoticon-Toast:
Cemilan favorit ane nih.. nyokap ane sering bikin ini dirumah cocok banget buat ane jadiin cemilan kalo lg gabut dirumah. Duhh jadi kangen rumah nehhh kangen masakan emak juga emoticon-Sorry
pasti enak nih, bawang kesukaan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di