die9oAvatar border
TS
die9o
Pengalaman Apply Kartu Kredit BCA
Bagi sebagian orang, punya kartu kredit mungkin rasanya kayak momok menakutkan. Alasannya macem-macem; takut nggak bisa ngendaliin hasrat belanja, takut lapar mata, takut kebablasan, takut nggak bisa bayar tagihan, dll, dsb. Ane juga awalnya termasuk yang kayak begitu gan, hehehe…. Apalagi keluarga ane termasuk yang konservatif, apalagi bapak-ibu ane dua-duanya PNS. Ane dijejelin prinsip hidup sederhana dari kecil, sedangkan punya kartu kredit bisa dibilang bertentangan sama ajaran itu karena mendorong kita buat konsumtif.

Tapi seiring ane makin dewasa, tuntutan pekerjaan mau nggak mau bikin ane makin terpojok dan pelan-pelan pandangan ane terhadap kartu kredit mulai berubah. Kebetulan ane kerja di bidang digital marketing. Banyak transaksi online yang harus ane eksekusi dan itu cara bayarnya kebanyakan pake kartu kredit. Beberapa di antaranya emang ada yang ngebolehin ngga pake kartu kredit, tapi ribet banget dan prosesnya bisa berlapis-lapis. Transfer ke sini, ke situ, ngendapin saldo, baru bisa transaksi. Kalau cuma buat diri sendiri sih ngga apa-apa lah yah, toh cuma sesekali. Tapi lama kelamaan transaksinya makin sering dan cara bayar non kartu kredit makin berasa ngga efisien. Akhirnya ane memutuskan udah saatnya ane bikin kartu kredit.

Quote:


Percobaan pertama ane apply kartu kredit BCA sekitar bulan Oktober 2016. Ane sebenernya punya rekening utama buat gaji di Bank Man**ri, tapi ane ngga mau bikin kartu kredit di situ. Soalnya temen ane sendiri ngalamin nomor HP yang nyangkut di kartu kreditnya tiba-tiba berubah ke nomor lain. Lah begimana urusannya bisa kayak gitu? Ane serem dengernya makanya ngikutin temen ane aja deh di BCA, walaupun ane belum punya rekening di BCA sama sekali sebenernya. Temen ane yang udah duluan bikin kartu kredit nyaranin ane buat bikin kartu kredit BCA di mbak/mas marketing, daripada apply online atau datang ke bank langsung. Tapi ane nggak tau di mana nemuin mereka, nggak pernah kebetulan mulu. Sedangkan temen ane ketemu mbak-mbak marketing itu waktu dia ke mall. Ane tetep ngeyel dan bikin kartu kredit dengan cara ngisi formulir aplikasi online. Terus ane dateng langsung ke bank BCA di Cilandak buat ngelampirin dokumen pendukung sekalian buka rekening di BCA. Setau ane, buat bukti penghasilan itu ngga harus selalu pake slip gaji, bisa juga pake SPT. Soalnya bagian keuangan ane di kantor yang dulu rada lama ngasihin slip gaji, bisa tiga bulan sekali dikasihnya. Makanya ane pake SPT aja dah.

Baru kelar dari bank, tiba-tiba ane ditelfon buat verifikasi data sama orang BCA. Ngga pas banget timing-nya, ane lagi di atas motor naik ojek, mana sambil makan tahu bulet. Tapi ya mau gimana lagi, ane jawab aja seadanya walaupun ngga jelas dan ngga konsen. Di situ ane udah feeling ngga enak sih, ah palingan ditolak nih aplikasinya. Taunya bener kan, beberapa hari kemudian ane dapet SMS kalo pengajuan kartu kredit ane ngga diterima. Yaudah deh, ane pasrah aja.

Nah, bulan Januari 2017, ane mau mencoba peruntungan lagi. Soalnya kan kalo mau apply kartu kredit lagi harus nunggu paling ngga 3 bulan setelahnya. Kebetulan ane juga udah pindah kerja ke tempat yang lebih sejahtera. Hehehe…. Selain itu juga kebutuhan ane emang tambah banyak. Rencananya, kartu kredit ngga cuma buat bayar transaksi online aja, tapi juga buat bayar Uber. Soalnya tempat kerja ane yang baru lumayan jauh. Ane udah ketergantungan banget sama ojek online macam Gojek atau Uber. Kalau Gojek sih ane biasa bayar pake Gopay biar praktis dan lebih murah. Tapi Uber cuma bisa bayar pake kartu kredit kalo kita mau transaksi non tunai. Ane males mecah-mecahin uang 50rb atau 100rb-an, sedangkan abangnya kadang suka ngga ada kembalian. Jadi biar praktis mendingan pake kartu kredit kan?

Ane sengaja datang ke BCA di deket PGB (Pusat Grosir Bogor). Beberapa minggu sebelumnya pas ane mau ambil duit, ane sempet ketemu sama mas-mas marketing di sana. Ternyata memang selalu ada yang standby sampe malem buat nawarin bikin kartu kredit. Tapi ane ngga mau langsung bikin waktu itu soalnya jaraknya masih terlalu deket sama pengajuan kartu kredit yang dulu ditolak.

Mas-mas marketing yang nawarin ane namanya Marshel, dia bantuin ane ngisi data segala macem, terus minta scan slip gaji juga buat dilampirin. Bener kata temen ane, kalo sama marketing biasanya pengajuan kita diperjuangin abis-abisan soalnya mereka juga kan harus menuhin target. Tau gitu dari dulu ane nurut aja sama temen ane. Hehehe… Oiya, karena ane baru dua bulan kerja di kantor ane itu, dia bilang tulisnya 3 bulan aja. Ane juga disuruh bilang sama orang kantor yang biasa ngangkat telepon, supaya jawabannya seragam. Cuma itu aja sih yang di-mark-up. Informasi yang lain sih ane apa adanya aja. Dia bilang juga kalau ada telepon dari nomor ngga dikenal atau nomor yang depannya 021, tolong diangkat, soalnya bisa jadi itu tim dari BCA yang mau verifikasi data-data ane.

Tunggu punya tunggu, kok ane nggak ditelepon-telepon juga sama BCA. Udah hampir 3 minggu belum ada yang nelepon, ane jadi gelisah. Udah suuzon aja jangan-jangan formulir aplikasi kartu kredit ane nggak disetorin sama mas Marshel. Hahaha, maap ye mas… Ane baru ditelepon sama pihak BCA tanggal 23 Februari, sedangkan ane apply kartu kredit tanggal 1 Februari, kebayang kan berapa lama ane nunggu. Sama kayak sebelumnya, lagi-lagi ane ditelepon pagi-pagi pas lagi di motor otw ke kantor. Mana jalanan lagi macet-macetnya. Beberapa kali ane susah nangkep apa yang diomongin sama mbak-mbaknya, tapi alhamdulillah sih semua pertanyaan kejawab.

Setelah ditelepon sama pihak BCA, ane nunggu lagi sambil harap-harap cemas, gimana nih kabar kelanjutan aplikasi kartu kredit ane. Dan akhirnya, tanggal 10 Maret 2017, ane nerima SMS cinta dari BCA yang isinya aplikasi kartu kredit ane udah disetujui. Horeeeee!!! Kartu kredit ane bakal dikirim dalam kurun waktu 7 hari kerja. Duuh, jadi ngga sabar... emoticon-Ultah
0
25.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan