c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Solusi Cerdas Ternak Ayam Agar Tak Terkena Pasal RKUHP





Salam ternak gan, waduhh buat yang hobi ternak kaya ane nih bisa repot kalau saja RKUHP di sahkan DPR yang sudah di demo oleh para tentara pelajar yaitu Mahasiswa dan STM.

Emang apa sih pasal RKUHP yang memberatkan para peternak rumahan, inget ya bukan skala besar hanya ada beberapa ternak unggas di rumah.



Quote:




Emang sih terasa konyol unggas yang di ternak oleh orang desa kalau ternyata memakan bibit tanaman sebuah kebun yang di miliki perusahaan besar bagaimana? Bisa-bisa tuh wong cilik hidupnya makin morat marit wong ternak hanya untuk kecil-kecilan saja, telur sama daging ayam hanya di konsumsi sendiri masa ternak bisa jadi ribet begini ? Bukan terlarang, tapi regulasinya lebih menyusahkan wong cilik yang tak mampu membuat kandang super besar seperti halnya peternakan besar. Apa ini disengaja agar warga desa tak bisa ternak rumahan ? Tanyakan saja pada yang membuat kebijakan, karena kebijakan ini ternyata diambil atas suara sumbang para petani juga loh... entah petani skala besar atau petani skala kecil judulnya adalah petani.. šŸ™„

Maklumlah DPR itu bukan milik rakyat kecil dan miskin tapi milik rakyat kaya dan berkuasa. Toh walau sama-sama rakyat tapi beda kasta dan beda kepentingan.... ya toh le....Hewan yang di pelihara rumahan dan diumbar bebas untuk cari makan sendiri tentu saja bukanlah milik orang kaya, tapi wong cilik yang hidupnya serba terjepit.

Nah tapi sebenarnya zaman semakin lama semakin berganti dimana tanah yang dulu menghijau dan banyak lahan untuk di tempati satwa liar yang bebas, kini telah berganti dengan kandang-kandang yang besar seperti sebuah kebun binatang, itulah habitat satwa modern saat ini.



Terlebih lagi dengan pembakaran hutan dan lahan oleh sebuah pt ternama bisa jadi pasal ini ada karena mereka šŸ˜, bukan rahasia lagi banyak perusahaan besar di bidang pertanian dan perkebunan yang di punya orang borjuis dan mereka itu kini berada di gedung DPR hingga istana. Kalau rakyat kecil mungkinkah terpilih jadi DPR ? Entahlah sangat jarang-jarang sekali si miskin bertahta di DPR.

Nah sebagai wong cilik tentunya harus antisipasi yang terjadi kalau RKUHP di sahkan, bagaimana ternak yang baik dan membuat kandang simple namun menarik tanpa menganggu regulasi yang diatur undang-undang.



Karena skala ternak rumahan tidak seperti peternak besar hanya di isi beberapa ekor ayam saja maupun unggas lainnya. Nah untuk itu kandang yang dibuat haruslah simple namun mempunyai lahan yang luas untuk umbaran, terutama di desa tanah pekarangan depan rumah biasanya masih lumayanlah tak seperti di perumahan kota yang sempit.

Ambillah kayu yang baik, lalu dibuatlah dengan model apa saja yang kamu suka, nah kalau kalian mau buat model rumah lebih bagus pastinya sangat menarik. Di dalam kandang buatlah sekat untuk beberapa ekor ayam yang ingin bertelur jangan lupa buatlah tenggeran dari ranting atau kayu, biasanya ayam suka tidur mencengkeram di banding dibawah tanah.



Yang utamanya buatlah umbaran di depan kandang, atau bisa juga dibawah kandang untuk menghemat lahan dengan kawat kecil, kawat ini untuk mencegah musang dan tikus masuk mereka bisa saja memakan telur atau anak ayam yang baru menetas. Nah umbaran ini harus di pastikan agar menutup langsung ke kandang ya gan untuk luas umbaran disesuaikan saja dengan keinginan agan.

Inilah solusi ternak unggas di masa modern, simple dan taat regulasi pemerintah agar tak menganggu tetangga hingga akhirnya menimbulkan masalah. Untuk ukuran tergantung suka-suka agan dan lahan yang ada di sekitaran rumah.

Semoga berguna ya gan...



Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu tidak gratis !!Ā 

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 28-09-2019 15:08
ceuhetty
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan