kreatifnewsAvatar border
TS
kreatifnews
Tetanggaku Surgaku

Siapa sajakah yang termasuk kategori tetangga dalam ruang lingkup masyarakat?. Menurut penjelasan dari Hujjatul Islam, al-Ghozali bahwa tetangga kita adalah orang yang tempat tinggalnya berada di sekitar rumah kita, hingga hitungan rumah ke empat puluh di semua penjuru arah dari tempat tinggal kita, baik dari arah depan, belakang, kanan, ataupun kiri.


Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia selalu membutuhkan adanya interaksi dengan sesama dalam semua aspek kehidupan untuk memenuhi segala kebutuhan yang dapat menunjang kelangsungan hidupnya. Sedangkan yang paling intens terjadi adalah interaksi dengan tetangga, dimana setiap harinya kita bertemu, berkomunikasi, saling membantu dan tolong menolong dengan para tetangga.



Sebagai contoh, di saat kita sakit orang yang pertama kali membesuk adalah tetangga kita, di saat tertimpa musibah orang yang paling awal menghibur dan menolong untuk meringankan beban kita adalah tetangga, dan di saat kita mempunyai kesibukan yang membutuhkan bantuan orang lain maka tetangga kitalah yang menjadi orang pertama membantu kita. Oleh karena itu agama sangat menekankan kepada kita para penganutnya untuk selalu berbuat baik kepada tetangga.

Rasul Saw Pernah bersabda :

مَازَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِيْ بِالْجَارِ حَتى ظَنَنْتُ أَنهُ سَيُوَرثُهٌ

Artinya: Tak henti-hentinya malaikat Jibril berpesan kepadaku tentang persoalan (berbuat baik kepada) tetangga, sampai–sampai aku menyangka ia akan memberikan hak waris kepada tetangga (HR.Mutafaqun ‘alaih).



Di samping sangat menekankan kepada kita untuk selalu berbuat baik kepada tetangga, agama kita juga mengancam dengan memasukan ke dalam api neraka kepada mereka yang menyakiti tetangganya, walaupun orang tersebut ahli ibadah dan ahli ilmu.

Sabda Rasulullah Saw.:

وَقِيْلَ لِرَسُوْلِ الله صَلى الله عَلَيْهِ وَسَلمَ : إِنَ فُلَانَةً تَصُوْمُ النهَارَ وَتَقُوْمُ الليْلَ وَتُؤْذِيْ جِيْرَانَهَا. فَقَالَ صَلى الله عَلَيْهِ وَسَلمَ : هِيَ فِي النارِ


Artinya: Telah dlaporkan kepada Rosulullah, sesungguhnya si fulanah itu selalu berpuasa di siang hari, dan ia selalu beribadah di malam hari, akan tetapi ia menyakiti tetangganya. Kemudaian Rosulullah Swa. Berkata : Ia masuk neraka. ( HR.Ahamd dan Hakim).


Di antara sekian banyak sikap dan tindakan baik yang harus diambil dalam interaksi keseharian kita kepada tetangga adalah mengucapkan salam saat berjumpa, membesuknya di saat ia sakit, menghibur dan meringankan bebannya di saat ia tertimpa musibah, memberi selamat saat ia mendapatkan nikmat, ikut bahagia saat ia berbahagia, memaafkan kesalahannya yang pernah ia lakukan, bertutur kata yang sopan dan halus dengan anggota keluarganya, tidak memperbanyak pertanyaan mengenai kondisi internal keluarganya, tidak melakukan tindakan yang berpotensi menimbulkan rasa tidak suka dan tidak nyaman, dan memberi petunjuk padanya tentang hal-hal yang belum ia ketahui baik dalam permasalahan agama atau permasalahan dunia.

Kemudian bila ternyata tetangga kita berlaku buruk kepada kita, maka dalam hal ini agama mengajarkan untuk bersabar dalam menghadapinya, karean membalasnya dengan kejelekan akan menimbulkan permusuhan yang lebih fatal dan berkepanjangan. Diceritakn dalam sebuah atsar, seorang laki-laki datang mengadu kepada sahabat Ibnu Mas’ud RA. Ia berkata : “ Sesungguhnya aku memiliki tetangga yang selalu menyakitiku, mencaci maki, dan mempersulit aku,” kemudian sahabat Ibnu Mas’ud RA. menjawab: “ Pulanglah, sesungguhnya ia (tetanggamu) telah durhaka kepada Allah Swt. karena telah berbuat buruk kepadamu, dan selalu taatlah engkau kepada Allh Swt. (selalu berbuat baiklah)dalam urusan dengan tetanggamu itu”.


Didalam menjalankan sikap di atas, syari’at tidak membeda-bedkn latar belakang agama yang dianut oleh tetangga kita, walaupun tetangga kita non-muslim, kita harus bersikap dan berbuat baik kepadanya.

Sebagaimana sabda Rasul Saw.:

اَلْجِيْرَانُ ثَلَاثَةٌ : جَارٌ لَهُ حَق وَاحِدٌ وَجَارٌ لَهُ حَقانِ وَجَارٌ لَهُ ثَلَاثَةُ حُقُوْقٍ. فَالْجَارُ الذِيْ لَهُ ثَلَاثَةُ حُقُوْقٍ اْلْجَارُ الْمُسْلِمُ ذُوْ الرحْمَةِ, فَلَهُ حَق الْجِوَارِ وَحَق الْإِسْلَامِ وَحَق الرحْمش. وَأَماالذِيْ لَهُ حَقانَ فَالْجَارُ الْمُسْلِمُ لَهُ حَق الْجِوَاِر وَحَق الْإِسْلَامِ.أَماالذِيْ لَهُ حَق وَاحِدٌ فَالْجَارُ الْمُشْرِكُ.


Artinyta: Tetangga itu ada tiga macam, tetangga yang memiliki satu hak, tetangga yang memiliki dua hak, dan tetangga yang memiliki tiga hak. Tetangga yang memiliki tiga hak adalah tetangga yang beragama islam dan masih memiliki hubungan keluarga, maka ia memiliki hak sebagai tetangga, hak sebagai saudara sesama muslim dan hak sebagai keluarga.Tetangga yang memiliki dua hak adalah tetangga yang beragama islam, ia memiliki hak sebagai tetangga dan hak sebagai saudara sesama muslim. Sedangkan tetangga yang memiliki satu hak adalah tetangga yang non-. Muslim. (HRal-Bazzar dan al-Hasan bin Sufyan).

Sumber : Lirboyo.net


anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.2K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan