CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8b42aee83c724d9862b7c6/beli-ikan-hias-bermasalah-shopee-cendrung-berpihak-ke-seller

Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller!

No Pesanan : 19092213317WVxx
No Resi : 3011400107655xx

Sebelumnya sudah saya tanya terlebih dahulu sama sellernya, apakah bisa kirim ke RIAU, pengirim dari DEPOK dikatakan bisa lewat Shopee Chat



Spoiler for Orderan:


Namun beberapa hari kemudian saya di beri SMS ini


Spoiler for SMS Kiriman terkendala:



Ternyata Ikan saya tidak lolos x-ray dan sangkut di Jakarta. Menjelang 1 hari kemudian saya lihat di status resi tidak lagi ada pergerakan jadi saya menelepon " 02129278888 " yang mana merupakan call center JNE

Di sini saya dapati paket di kirim sebagai "Herbal" dan sangkut di Jakarta karena memang tidak lolos X-ray. Dari sini saya ketahui bahwa penjualan ikan hias online harus memiliki ijin kerjasama dengan JNE dan juga memiliki surat Karantina dari badan pemerintahan dan di lampirkan dengan Foto Kopi pengirim. Namun seperti yang di ketahui pengiriman di lampir sebagai "Herbal". Pengiriman hanya bisa dilakukan melalui jalur darat dan memakan waktu 6-8 hari, di karenakan hanya bisa jalur darat maka saya memutuskan untuk menyetujui saran JNE untuk mengirimkan kiriman balik ke DEPOK di karenakan terdapat hewan hidup. Menambah dosa saja mengirim hewan yang jelas bakal mati dalam kurung waktu tersebut. 


[spoiler=Hasil penulusuran dari [url]https://cekresi.com/][/url]Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller![/spoiler]

Dikarenakan ini, maka saya coba mengajukan pembatalan dengan di mediasi Shopee dengan bukti yang ada.


Spoiler for percakapan dengan shopee dan seller:



Spoiler for bukti yang dilampirkan oleh seller:


Sulit dipercaya, Seller yang tidak melampirkan bukti apa pun kecuali hasil penampakan status JNE yang sangkut dan tidak bergerak2 menghasilkan keputusan seperti ini dari pihak shopee


Spoiler for keputusan Shopee:


Yang saya kecewakan dari keputusan Shopee ini adalah tiadanya penulusuran yang lebih mendalam seperti pengecekan langsung kepada pihak JNE itu sendiri seperti yang saya lakukan, atau memberi solusi tengah. Sebaliknya, Shopee malah membuat keputusan yang cendrung berpihak kepada Seller. Pembaca yang budiman bisa nilai sendiri seberapa bijak keputusan yang dilakukan oleh Tim Shopee.


Selain itu, ini juga merupakan kelalaian TIM SHOPEE di marketplace yang tidak memiliki policy yang jelas mengenai penjual belian hewan air di marketplacenya. Seharusnya Shopee bisa mengfilter lapak seperti ini yang tidak mempunyai hak untuk mengirim hewan air lewat JNE. Penjual ikan hias online harus mampu memenuhi syarat karantina untuk mengirim hewan air melalui jalur udara JNE. Pengiriman seperti ini bisa dikatakan ILLEGAL karena penjual melampirkan kiriman sebagai HERBAL, sedangkan isi pengiriman adalah IKAN HIDUP!

Saya rasa ini terakhir kalinya saya berbelanja di SHOPEE, tidak akan lagi saya menyetuh lapak shopee ini karena TIM SHOPEE ini sangat cendrung lebih berpihak kepada seller yang mana minim bukti. Saya akan cairkan dana saya kepada seller sebagai sedekah.

Silahkan berbelanja di SHOPEE, jika ada masalah maka sudah bisa dilihat dari pengalaman saya. Keputusan Shopee membabi buta dan cendrung berpihak kepada seller. Enjoy!


Spoiler for Update dari kasus ini:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manbrotheking dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tupaisql
Halaman 1 dari 3
Kan paketnya sdh dikembalikan ke penjual & ini bisa jd bukti ke shopee kl pengiriman yg dilakukan penjual dikembalikan oleh jne sendiri.
Lihat 1 balasan
Balasan post Echizen.Ryoma
ia Mas, tapi keputusan Tim Shopee seperti ini juga saya tidak tau mau digimanakan lagi. Takkan saya bawa ke meja hijau cuma rp 80k doank emoticon-Ngakak

Tim Shopee memang parah abis. Buat seller2 miring, seller2 mau nipu2 mending cepatan buka lapak di Shopee! nanti di lindungi Babe Shopee aman dan sejahtera
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Quote:


Intinya kan shopee baru meneruskan dana ke penjual kl pembeli sdh terima brg sesuai spek. Kalau akhirnya ikannya tetap dikirim & sampai dlm kondisi mati ya tinggal dikomplain.
Lihat 1 balasan
Balasan post Echizen.Ryoma
ia kita tunggu saja gimana seterusnya. Tapi saya udah ogah berbelanja di shopee. Rawan sekali, banyak celahnya dan minimnya customer protection.
Membahas toko sebelah di mari apa nggk keselipet ?
aduh kan memang gan hewan apapun tidak boleh dikirim kalaupun boleh harus ada surat vaksinasi atau apa gitu,
semua hewan ya gan tidak cuma ikan, tapi kalo pake travel gitu kadang masih bisa
tapi ya itu estimasi waktu makin panjang

Dan lagipula untuk kasus sope jika tidak bisa harus langsung ke seller sih, itupun kalau seller nya baik dan mau tanggung jawab

emoticon-2 Jempol semoga cepat selesai gan
profile-picture
tupaisql memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Barangnya kan udah dikirim dan statusnya masih di jalan.

Ntar kalo udah jelas gagal kirim juga bakal balik duitnya. (Jelas dalam arti barangnya udah balik ke seller lagi dan status di tracking JNE juga udah berubah).

Ditunggu aja dulu.
Lihat 1 balasan
Balasan post ceweknyacuik
ia saya telat taunya, di SMS gini baru tau dan dikasih tau sama call center. Seller sudah membisu, tidak balas chat lagi.
Quote:


Wahhhh yasudah gan
Sebaiknya di ikhlaskan dan dijadikan pelajaran untuk kemudian hari,

Semoga dapat ganti yang lebih gan
emoticon-Peluk
profile-picture
tupaisql memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ceweknyacuik
terimakasih gan. emoticon-Shakehand2
Balasan post titriga
semoga seperti ini ya, di shopee semua bisa terjadi. Who knows. memang gak seberapa sih cuma 80k, tapi aku mau lihat sepak terjang TIM SHOPEE seperti apalagi. Cocok pula di dokumentasi kek gini.
ini saya dapat contoh penjual yang bener dan waras dari lapak sebelah

Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller!

pengiriman ke luar pulau jawa lewat JNE dan TIKI memang wajib di kirim dengan surat karantina. Biaya karantina ya sekitar 15ribu sampe 20ribu.

Spoiler for contoh surat karantina:
profile-picture
profile-picture
jonetgame dan charlies.cloth memberi reputasi
Sebelumnya ditanya dlu bree ke penjualnya.... sudah ada surat karantinanya belum. ini kan satwa hidup yg mw d kirim.
Jangan beranggapan penjual tau semuanya , kadang penjual banyak juga gak paham aturan pengiriman satwa hidup. lebih kritis aja sih.... klo shopee mah cma operator
Lihat 1 balasan
Balasan post superdede101
saya tidak tau prosedure jual beli ikan hias dalam negeri bray! saya kira karantina cuma untuk ke luar negeri. Ini kan pesanan dalam negeri saya pikir tidak perlu, dan sellernya ia ia aja, ya saya ia juga lah. Kena deh SMS gitu dan shopee acuh tak acuh. lagi pula pesanan sudah di pulangkan ke seller, kenapa pula shopee bilang lanjutkan pengiriman ke penerima? otak shopee dimana ini?
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Diubah oleh tupaisql
Santai aja gan.
Selama tracking dari JNE ga sampai ke alamat penerima mah ga bisa cair dananya ke seller.
Lihat 1 balasan
Balasan post Messerschmidt
Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller!

keknya bisa gan kalau saya teken tombol ini. tapi ya sudahlah, saya malas sama shopee lagi. Ini nanti juga ku cairkan ke yang jual. 80k saja anggap buang sial.

kemarin saya top up listrik juga di shopee kek gini kelakuan mereka, token listrik gak masuk2. di bayar 1juta top up listrik, di Email CSnya di tambah 3 hari terus buat penelusuran. Di kejer tiap hari baru di pulangkan uangnya. Saya kedepan main di toko hijau saja, Ampun.
profile-picture
manbrotheking memberi reputasi
Diubah oleh tupaisql
sekitar jam 15.45 Tim Media Shopee (+6221150070X) menelepon saya dan menyuruh saya untuk mengajukan pengembalian barang lagi. HUH? udah ku ajukan sebelumnya kalian menangkan Sellernya sekarang suruh saya ajukan untuk kedua kalinya? dikatakan sebelumnya pengecekan hanya melalui status JNE online? WHAT?!? seharusnya kalian buktikan bahwa SMS itu benar tidaknya terlebih dahulu ke pihak JNE bukan hanya check di status JNE online. Ini sudah logika umum, SMS itu bisa saja saya yang buat sendiri dan dari ini terlihat SHOPEE main skip saja dan langsung ambil keputusan membabi buta, sudah terlihat tidak ada nya professionalisme di Tim Shopee ini. Saya suruh mereka ajukan sendiri gak bisa katanya, Ternyata mereka ada baca juga postingan di KASKUS.
Diubah oleh tupaisql
saya sudah terlanjur kecewa sama shopee, saya cairkan dana saya ke penjual sekarang juga. Saya tidak percaya lagi dengan segala solusi TIM SHOPEE, pendusta.

Beli Ikan hias bermasalah. Shopee cendrung berpihak ke Seller!


sudah saya cairkan dana saya ke penjual. Tidak mau lagi aku sentuh SHOPEE.
Lihat 8 balasan
Beli ikan/tanaman emang di ijo tempat nya. Ada yes/ons .. Yg ga di pny si orange
Lihat 1 balasan
Balasan post Goonersneverdie
ia gan, ya sudahlah saya iklaskan saja. Masa gara2 84K mau ribut2 bikin akun shopee orang buat cari makan di tutup. Memang sih yang jual agak menyeleneh tapi ya sudahlah. Yang saya kencam habis - habisan ini ya pihak SHOPEE, dengan entengnya buka saja lagi resolusi pembatalan supaya dia bisa menangkan SELLER lagi! Gak di check bukti dari Pembeli, sudah diakui dari pihak SHOPEEnya mereka hanya check dari JNE online tracking. Mereka taunya pesanan di deklare HERBAL juga dari Thread ini.

Besok2 ya saya berbelanja ikan hias di lapak IJO aja, jelas ada karantinanya.

Masalah sesimple ini aja mereka tidak bisa selesaikan dengan bener. Apa susahnya batalkan pesanan jika BUKTI dari PEMBELI SOLID! ini penjual tidak melampirkan bukti konkrit, pembeli melampirkan bukti eh dia menangkan PENJUAL dan paket akan tetap dikirim? paket saja dari JNE sendiri dikatakan akan di pulangkan ke PENJUAL. Aku sangat ragu dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di SHOPEE INDONESIA. Untung pesanan ini uang receh, kalau saya pesan barang mahal di ginikan? ya sudahlah. Yang masih mau berbelanja di SHOPEE moga - moga aja selalu dapat SELLER yang amanah, karena TIM SHOPEE sendiri tidak AMANAH.
Diubah oleh tupaisql
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di