CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Gresik /
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b32b528c99164ee0ca5ee/coc-kaskus-regional-gresik-2019

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 11
Quote:


Lead, masih boleh diedit ga? Soalnya Kemarin aku ngepostnya belum selesai, asal ngepost dulu. Ga sabar bingin ikutan emoticon-Big Grin
emoticon-terimakasih

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bolehlah..
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Quote:


Terimakasih.. Nanti saya edit lagi, Lead. Masih ada beberapa yang ingin saya bahas.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
Papa.T.Bob dan elnusha memberi reputasi

Bermain Di Tempat Hits Kota Gresik

Quote:



Quote:


Terimakasih telah memberikan saya kesempatan sharing tentang kota Gresik emoticon-2 Jempol

Dan semoga saya dapat berjumpa dengan Gresik di lain waktu, menemukan tempat baru, cerita baru atau bahkan pasangan baru emoticon-Angel

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kevinhartandi

[COC Gresik] Pantai Makam Panjang, Wisata Antimainstream di Kabupaten Gresik

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019


Buat kalian yang suka ke pantai, Pantai Makam Panjang di Kabupaten Gresik baiknya kalian kunjungi. Jika kalian kebetulan sedang berkunjung di sana. Karena di sana, kalian akan menemukan makam dengan ukuran panjang. Gak heran kalau pantai ini dinamakan Pantai Makam Panjang. Atau Pantai Kuburan Panjang. Keren kan? Gak sekedar melihat pantai, tapi juga bisa sekalian wisata religi.

Nama lain dari pantai ini adalah Pantai Lanjheng. Letaknya ada di Desa Lebak Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penduduk setempat menyebut makam ini dengan makam Doro Sembodo. Yang dikenal sebagai pengawal dari Aji Saka, yang merupakan tokoh utama Legenda Babat Tanah Jawa. Nah, huruf jawa Ha-Na-Ca-Ra-Ka dalam Sastra Jawa, konon diambil dari kisah meninggalnya Doro dan Sembodo ini.

Makam ini selain memiliki nilai historis yang tinggi, juga disakralkan oleh penduduk setempat. Tak heran, jika makam ini masih sering dikunjungi para peziarah. Terutama di Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

Mau tau berapa panjang makam ini? Panjang makamnya adalah 11 - 12 meter loh!

Selain makamnya yang dikeramatkan, pantainya juga sangat indah dan unik. Jika pantai pada umumnya hanya memiliki 1 karakteristik ombak, pantai ini memiliki 2 garis pantai dengan 2 karakteristik ombak yang berbeda. 1 sisi berombak relatif tenang, dan 1 sisi lagi dengan ombak yang relatif deras dengan gelombang yang tinggi.

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019


Akses menuju pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, atau bisa juga dengan angkutan umum, seperti bus atau angkutan umum lainnya. Kita tinggal menuju ke Desa Lebak. Dari sini perjalanan akan dilanjutkan dengan kapal feri atau pesawat terbang menuju Pulau Bawean. Biaya penyeberangan sudah termasuk biaya masuk ke areal pantai.

Credit:
Tulisan: Pribadi
Dokumen: disparbud.gresikkab.go.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 999999999
Ternyata indah nya negeri ku ini
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 3 lainnya memberi reputasi

COC KASKUS REGIONAL GRESIK

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jonesforyou

Ngopi Budaya Arek Gresik

Bicara soal Kaskus Regional Gresik maka tak lepas dengan budaya ngopi. Coba perhatikan logo Kaskus Regional Gresik adalah cangkir kopi. Hal ini menunjukkan bahwa member kaskus Regional Gresik sangat kental dengan aktivitas ngopi nya.
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

Kopi di Gresik juga mempunyai kopi yang khas baik jenisnya maupun cara penyajian nya.
Member Kaskus Regional Gresik juga mayoritas paling suka ngadain ngobar (ngopi bareng) sebagai bentuk acara kumpul-kumpul sesama member dengan tujuan menambah keakraban dan kehangatan hubungan sesama member.
Ketika ngobar itulah waktu serasa begitu cepat berlalu karena canda tawa dan guyonan sehingga tak jarang ngobar pun bisa di lakukan sampai menjelang pagi.
Nah...bicara soal ngobar ada spot yang sangat recommended di Gresik.
Tempat nya yaitu di sebuah perbukitan yang sekarang marak dengan cafe-cafe dengan konsep kekinian.
Tempat yang sangat indah dengan view yang sangat menakjubkan sehingga ngopi pun semakin asyik.
Tempat tersebut terletak di Jl.Dewi Sekardadu atau yang biasa di sebut dengan warga Gresik sebagai PUCEM (Putri Cempo).
Di situ ada puluhan cafe dengan berbagai macam desain dan spot² cantik yang sangat instagramable.
Sebut saja ada Luminous, Giri Hills,Circuit,Top View dan masih banyak yang lain nya. Untuk ke sana sangat lah mudah meskipun medan nya lumayan, karena lokasi nya dekat dengan pusat kota Gresik yaitu di daerah sekitar makam Sunan Giri. Tempat nya sangat ramai dengan ratusan pengunjung setiap harinya,lebih-lebih jika malam minggu bisa - bisa kita gak kebagian tempat..
Meskipun untuk menuju kesana jalanannya menanjak dan agak sulit namun ketika kita sampai disana rasa puas akan kita dapatkan karena melihat view lampu - lampu pabrik maupun lampu-lampu warga kota Gresik terlihat begitu cantik bisa kita lihat dari atas ketinggian.
Soal harga relatif sih, dari segelas kopi yang cuma lima ribuan sampai kopi kekinian yang harga nya puluhan ribu.
So,buat temen-temen yang datang ke Gresik jangan sampai lupa untuk datang ke Putri Cempo dan ngopi disana. Sangat di sayang kan apabila sudah di Gresik tapi tidak menyempatkan diri mampir kesana.
Untuk foto-fotonya bisa Agan Sista lihat di bawah ini..
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019


Nah..itulah beberapa foto di lokasi ngopi asyik di daerah Pucem. Semoga Agan Sista sekalian bisa mampir kesana apabila main ke kota Gresik.
Ngopi budaya khas Arek Gresik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aromadunia
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

PT . SEMEN GRESIK

Sekarang PT ini berubah nama menjadi PT Semen Indonesia, diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 Oleh presiden pertama Indonesia. Perusahaan BUMN pertama yang go public menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat .
Perusahaan ini memberi banyak income buat Indonesia . Kapasitas Semen Gresik sebesar 29 juta ton per tahun dan menguasai 42% pangsa pasar semen domestik .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Gresik merupakan salah satu nama kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gresik juga disebut "kota santri" dikarenakan sejarahnya pada zaman dulu kala yang menjadi salah satu wilayah penyebaran oleh salah satu syeikh terkenal yang bernama Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau biasa dipanggil dengan sebutan Sunan Gresik.
Beliau adalah salah satu anggota sembilan wali atau yang biasa disebut Walisongo. Dan dari sejarah itulah, Kabupaten Gresik terkenal menjadi "kota santri".

Kabupaten Gresik tidak hanya terkenal dengan wisata alam maupun wisata religinya saja, tentunya belum lengkap kalo berkunjung ke Kabupaten Gresik tanpa mencicipi beberapa makanan dan minuman khasnya.

Berikut adalah beberapa referensi wisata kuliner makanan maupun minuman khas Gresik yang sayang kalo agan/sista lewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Gresik.


Spoiler for nasi krawu:


Quote:


Spoiler for lontong manggul:


Quote:


Spoiler for Es Siwalan:


Quote:


Spoiler for arang arang kambang:


Quote:


Spoiler for Legen Panceng:


Quote:






Nah gimana gan, sist? Tertarik untuk mencicipinya?
Jangan lupa jadikan Gresik destinasi wisata agan dan sista ya kalo lagi berkunjung ke daerah Jawa Timur emoticon-Big Grin

Jangan sampe nyesel melewatkan wisata kuliner di Gresik emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pakolihakbar
waah aku baru mampiir..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
kirim reviuwnya di sini kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yups..coba liat di postingan peserta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi

Impian ke Kota Gresik

Spoiler for KH. Ahmad Dahlan Gresik:


Salah satu impian dan menjadi target wisata adalah ke Jawa Timur, selain ke Malang, Surabaya dan Lamongan, kota Gresik pun menjadi incaran yang harus dikunjungi, kota yang terkenal dengan kota santri dan wisata religinya.


Selain ingin berziarah ke makam para wali songo, ada tempat-tempat wisata yang membuat saya tertarik untuk mengunjunginya, yaitu:


🕌 Masjid KH Ahmad Dahlan


Masjid yang berlokasi di Banjai Sari, Banjarsari, Cerme, Gresik Regency, East Java 61171, baru diresmikan tahun 2018, bangunan yang megah dan parkiran yang luas, ditambah kesejukan yang terlihat akan menambah kenyamanan dalam beribadah, menjadikan magnet destinasi yang harus saya kunjungi.


Arsitektur yang memikat hati, masjid yang bernuansa timur tengah, karena dikelilingi dengan pohon kurma yang membuat halaman masjid begitu sejuk.


Tempat dan halaman luas, juga tempat wudhu yang bersih, membuat kenyamanan tersendiri bagi jamaah yang menjalankan ibadah di sana, melihat gambarnya saja, saya sudah merasa betah.


Masjid KH. Ahmad Dahlan ini tempat singgah yang pas jika saya dari Surabaya, Lamongan menuju kota Gresik, untuk melepas penat dan menghindari kemacetan, serta rehat perjalanan yang lumayan jauh, Jakarta-Jawa Timur.

Semoga impian dapat terwujud, berwisata ke Jawa Timur, khususnya ke kota Gresik, salam.


Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



Jakarta, 01 Oktober 2019
Selasa, 18:41
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 4 lainnya memberi reputasi
COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
Ane penasaran sama makanan yang satu ini, namanya kolak ayam. Biasanya kan kolak itu bahan dasarnya pisang, ubi jalar, waluh. Tapi di desa Gumeno Kecamatan Manyar ada kolak berbahan dasar ayam diolah dengan jinten, brambang, gula merah dan santan. COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
Makanan ini dibuat untuk persediaan buka puasa pada malam 23 di bulan Ramadhan di desa Menurut cerita, tradisi ini dilakukan turun temurun sejak berkuasanya pemerintahan Giri Kedaton dimana waktu itu masyarakat di sekitar Desa Gumeno terserang yang wabah penyakit yang tak kunjung sembuh, melihat adanya keanehan itu penguasa setempat memerintahkan membuat kolak ayam dan disuruh memberikan kepada seluruh masyarakat yang sakitnya tak kunjung sembuh. Setelah memakan kolak ayam tersebut, wabah penyakit yang menyerang masyarakat Gumeno hilang semua. Dan tradisi ini masih dilaksakanan hingga sekarang. Boleh juga nih main ke Gresik pas bulan puasa buat icip-icip kolak ayam. Salam dari kaskuser Kediri Jatim.
sumber gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 3 lainnya memberi reputasi
Nasi Krawu

Sewaktu kuliah di Malang, ane bosen banget sarapan yang itu-itu aja. Kalo gak pecel, soto, ya rawon. Pada suatu pagi ane menelusuri jalan Soehat yang masih sepi, mata jelalatan kesana kemari mencari cewek seksi eh sarapan pagi. Akhirnya ane melihat plang penjual Nasi Krawu Khas Gresik, tanpa pikir panjang ane langsung parkirkan kendaraan dan beli itu nasi. Pesen lauk komplit, waow enak sekali.

Kemudian ane berpikir dengan keras dan menemukan pencerahan, nasi krawu yang di Malang aja enak apalagi di tempat asalnya, Gresik. Kebetulan mantan pacar sohib ane orang Gresik, akhirnya setelah SSI panjang dan dalam ane bisa ikut doi pulang kampung saat akhir pekan. Jadilah ane ke Gresik, alasannya nganterin mantan pacar sohib tapi ada misi terselubung. Hunting nasi krawu. Salah satu yang paling enak menurut ane yaitu Nasi Krawu Bu Tiban, plusnya lagi buka 24 jam. Nih penampakan nasi krawu Bu Tiban, jangan ngiler ya!

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019
Bu Tiban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
berarti hanya foto aja ya gan sama keterangannya???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 2 lainnya memberi reputasi

Lontong Roomo Khas Gresik

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

Salah satu makanan yang hanya bisa ditemui di daerah Gresik, biasa dapat ditemui di area masuk makam telogo pojok Gresik. Punya rasa yang sangat khas dan menarik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh faridz070

Pudak

COC KASKUS REGIONAL GRESIK 2019

Jajanan yang hanya bisa ditemukan di kota Gresik, dan menjadi icon kota Gresik. Jajanan yang mempunyai rasa dominan manis ini sangat digemari oleh beberapa kalangan. Bahkan sering dicari oleh wisatawan dari luar kota.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh faridz070

Sedekah bumi desa Bringkang

Quote:

Di daerah jawa, terutama gresik bagian selatan dan beberapa wilayah lainnya kita mengenal istilah tegal deso, atau biasa di sebut sedekah bumi menurut bahasa indonesia.
Sedekah bumi sendiri terjadi karena bermacam macam sejarah awal mula bagaimana suatu wilayah itu terbentuk.
Juga sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas rejeki yang di peroleh masayarakat wilayah tersebut.

Sebagai masyaralat jawa, khususnya gresik terdapat bermacam macam cara bagaimana mereka merayakan tegal deso atau sedekah bumi di desa mereka masing masing.

Di sini saya ambil sebuah contoh di desa Bringkang, kecamatan menganti, Kabupaten gresik.
Yang acara sedekah buminya selalu mengadakan pegelaran wayang, dua kali.
Yaitu di siang hari dan di lanjutkan di malam harinya.

Ada beberapa sesepuh desa yang bercerita bagaimana desa ini selalu mengadakan pagelaran wayang kulit di setiap tegal deso nya,sejarahnya tidak terlepas dari cerita seorang ulama yang konon katanya adalah murid dari kanjeng sunan giri, beliau di kenal oleh masyarakat Bringkang dengan nama MBAH KAJI.
Dulu mbah kaji melewati desa Bringkang dalam perjalanannya menuju ke gresik selatan untuk menyiarkan agama islam.
Di saat beliau melewati desa itu beliau kehabisan air dan mencoba meminta kepada warga sekitar, namun sayangnya warga pun juga sedang kekeringan di kala itu.
Maka di tancapkanlah tongkat beliau dan di cabutnya, dengan seijin ALLAH keluarlah air di bekas tancapan tongkatnya tersebut dan sampai sekarang mata air itu di kenal masyarakat sekitat dengan nama sumur kulon.
Kemudian mbah kaji pun menetap di sana sampai akhir hayatnya dan beliau di makamkan di sebelah sumur kulon.

Warga Bringkang sangat menghormati jasa beliau dan akhirnya di setiap tahun di adakanlah pagelaran wayang di dekat makam beliau sebagai suatu penghormatan, karena menurut para sepuh juga beliau sangat menyukai wayang kulit semasa hidup ya.

Terlepas dari anggapan banyak oranng tentang tegal deso bid'ah dan sebagainya, tetapi sebagai masyarakat jawa, gresik khususnya, yang sangat menghormati dan menghargai moyang dan jasa leluhurnya hal tersebut bukanlah suatu bid'ah.
Karena mereka hanya ingin memberikan penghormatan dan sekaligus bersyukur kepada sang Pencipta atas nikmat dan anugerah yang di berikan lewat lelihur mereka, dan juga menjadi sebuah hiburan tersendiri untuk masyarakat desa Bringkang.

Sekian sedikit kisah dari saya
Terimakasih
Salam seduluran

Alung Kurniawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kompenibelanda dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh alungstiff
Halaman 5 dari 11


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di