CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
model Tuhan yg kau sembah pengaruhi rupa hantu yg akan kau lihat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8760a7be0f7c18f16da56e/model-tuhan-yg-kau-sembah-pengaruhi-rupa-hantu-yg-akan-kau-lihat

model Tuhan yg kau sembah pengaruhi rupa hantu yg akan kau lihat

Sejumlah orang mengaku pernah melihat hantu. Di Amerika Serikat (AS), 18% dari populasi mengalami hal itu.

Walau ada bukti yang mengatakan otak kita memiliki kecenderungan melihat hantu, tapi bentuk penampakan yang kita lihat berbeda-beda.

Menurut sejarawan yang mempelajari dan mengumpulkan penampakan hantu dari tahun ke tahun, hantu memiliki banyak rupa dan bentuk.

Sebagian hantu mengganggu individu tertentu, muncul dalam mimpi atau muncul tiba-tiba. Sebagian lain hadir di tempat tertentu dan mengganggu orang yang datang ke tempat itu. Sebagian lain lagi tampak seperti orang yang sudah tiada. Dan ada juga hantu yang hadir sebagai kekuatan supernatural yang berisik dan menyebabkan masalah.

Apa penjelasan di balik keberagaman tentang hantu ini? Apakah memang orang-orang tertentu lebih bisa melihat hantu? Ternyata, latar belakang keagamaan memiliki peran di sini.

Agama dapat mengurangi rasa takut

Beberapa ahli berpendapat bahwa agama berevolusi menjadi alat untuk mengelola rasa takut, cara mudah untuk menghilangkan ketidakpastian yang menyelimuti salah satu dari sekian hal yang menurut kita paling mengerikan: kematian.

Hampir setiap agama memberi penjelasan apa yang terjadi setelah kita mati, memberi kepastian bahwa kematian bukanlah akhir. Faktanya, ada bukti bahwa orang yang sangat religius lebih tidak takut akan kematian.

Penganut Protestan, Katolik, dan Islam semuanya meyakini adanya kebangkitan dan penghakiman saat jiwa-jiwa kita dibawa ke surga (“Jannah” dalam Islam) atau neraka tergantung perbuatan kita semasa hidup. Penganut Katolik juga meyakini adanya tempat singgah sementara (purgatorium), tempat orang untuk membayar kesalahan karena belum layak ke surga tapi tidak banyak dosanya hingga harus ke neraka.

Penganut Buddha dan Hindu meyakini adanya lingkaran kematian dan reinkarnasi yang bisa berujung pada sebuah keadaan spiritual permanen asal kita berbuat dengan benar dalam setiap kehidupan yang dijalani. Bahkan kepercayaan Yahudi - yang tidak fokus pada hal-hal setelah kematian - juga meyakini adanya kehidupan setelah kematian.

Dengan menaati peraturan-peraturan yang jelas, para penganut ini bisa memiliki kontrol: mereka tahu harus berbuat apa, agar setelah tutup usia mereka mendapat kebaikan.


Tapi ada kekurangannya.

Kemampuan agama meredakan kekhawatiran kita soal kematian dapat memiliki efek meningkatnya sensitivitas terkait hantu, roh, dan makhluk spiritual lainnya. Tapi ini tergantung agama apa yang kita anut.

Bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menyatakan diri sebagai orang beragama - tapi jarang ke gereja - dua kali lebih mungkin percaya akan hantu dibanding mereka yang menyatakan diri tidak beragama dan yang sangat religius.

Sebagian besar agama memiliki nabi, dewa, roh, malaikat, dan mukjizat masing-masing, sehingga ajaran agama akan berpengaruh pada penampakan yang dilihat.

Ajaran agama akan menentukan apakah pengunjung gaib itu tamu yang dapat diterima atau tidak, dan juga mempengaruhi siapa pengunjung gaib itu menurut kita.

Pada penganut Katolik Abad Pertengahan di Eropa, misalnya, hantu dianggap sebagai jiwa-jiwa orang yang tersiksa di purgatorium karena dosa mereka. Namun, pada masa Reformasi Protestan, karena penganut Protestan meyakini jiwa akan langsung masuk surga atau neraka, kejadian gaib dianggap disebabkan oleh malaikat, setan, atau makhluk supernatural lain.


Sebagian besar aliran Protestan saat ini tidak bicara banyak soal keberadaan hantu, namun teologi Katolik tetap terbuka pada hal ini. Penganut Katolik meyakini bahwa Tuhan dapat mengizinkan orang yang sudah mati untuk berkunjung ke Bumi, tapi otoritas gereja mengharamkan kegiatan supranatural seperti memanggil roh orang mati atau bermain jelangkung.

Pada beberapa agama, seperti Voodoo, roh dan hantu memiliki peran penting. Agama seperti Buddha dan Hindu meyakini adanya hantu, tapi hantu tidak punya peran penting dalam hidup beragama.

Bagi penganut Hindu, hantu adalah jiwa orang yang meninggal karena kekerasan atau orang yang tidak dimakamkan dengan cara dan ritual yang layak. Hantu di Buddha adalah orang yang sudah bereinkarnasi yang sedang melepas karma buruk.

Penganut Islam tidak percaya orang mati bisa datang menjadi hantu, jadi bagi orang Muslim hantu itu ulah jin - makhluk yang memiliki elemen spiritual dan fisik, dan memiliki niat baik atau buruk tergantung situasi.

Ada beberapa agama lain, seperti Saksi Yehovah, yang juga percaya penampakan hantu adalah penyamaran setan, bukan roh orang mati.

Penganut Yahudi biasanya dilarang melakukan kegiatan supranatural yang berkaitan dengan orang mati, dan tidak ada konsensus yang jelas tentang hantu dalam ajaran Yahudi. Namun, ada hantu jahat Dybbuks dan hantu baik Ibburs yang mencoba ikut campur masalah manusia dalam cerita-cerita Yahudi.

Tampaknya orang-orang dari berbagai era, agama, dan budaya selalu penasaran tentang dunia spiritual setelah kematian.

Ini menunjukkan pemikiran, ketakutan, dan pandangan tentang kematian itu menyatu dalam hidup manusia.


http://theconversation.com/mengapa-m...a-lihat-122998

rupa hantu adalah imajinasimu sendiri

kalau bulek ketindihan saat tidur,ia merasa melihat alien yg menindihnya

kalau di indon,yg ketindihan ngerasa ketindihan genderuwo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
pantes saja
seumur hidup gw ga pernah liat hantu/setan dkk

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pergi kau *etan !




model Tuhan yg kau sembah pengaruhi rupa hantu yg akan kau lihat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
Di Arab ada pocong & kuntilanak ga
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan aloha.duarr memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ketindihan/lumpuh sesaat waktu bangun tidur (sleep paralyses) bukan ditindih setan,bayangan seram yg lu lihat itu hasil proyeksi rasa takut/panik yg ada di alam bawah sadar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
inilah hasil kebencian dan gambaran hantu yg ditanamkan agama si tomat



model Tuhan yg kau sembah pengaruhi rupa hantu yg akan kau lihat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


kalo mimpi emang ilusi otak bray,tapi sorry soal hantu/demit kita beda pendapat, gw percaya itu ada,terutama kuntilanak gw udah pernah ketemu langsung,wujudnya persis kayak di ava id ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Manusia takut sama hantu?
Inna kaydasyaitooni dhoiifaa
Sesungguhnya tipu daya sayton itu lemah.

Atau, ane boleh jawab... Hantu gak mempan ama bacaan kitab elo...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh banghindar
Quote:


Otak itu ngirim sinyal elektrik buat ngerangsang rasa dan persepsi. Wujud setan itu kebentuk akibat electrical field, suhu, infrasound yang bikin otak jadi mempresepsikan hal tersebut ada.

Ga perlu agama buat bisa ngeliat, lu yang ateis kalo sering nonton pilem horor juga pasti presepsi yang kebentuk bakalan apa yang lu inget.

Cuman nih, gw agak penasaran. Gw berani demi apapun termasuk demi hidup gw, demi Tuhan gw, demi kehormatan orangtua gw, kalo gw bersumpah pernah ngalamin hal aneh kayak gini:

Spoiler for cerita 1:


Spoiler for cerita 2:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


istilahnya dematerialisasi,materi benda fisik diubah ke molekul yg lebih halus (astral) pas udah sampe ke target dibalikin lagi ke molekul yg lebih kasar (fisik) itu yg gw tau,dan mungkin hal semacam ini belum pernah diteliti serius sama ilmuwan,semua sihir dari seluruh dunia kurang lebih begitu cara kerja nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yang tadi gw bilang, kalo based on persepsi masing2, kenapa gw dan temen gw merasakan itu panas api dan melihat hal yang sama. Padahal beda orang
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mistis2 bgitu hanya ilusi saja. sugesti2 yg udah di tanamkan sejak kecil oleh lingkungan. dan kita di paksakan utk percaya. dan di ancam ga boleh ga percaya

tapi ane dr kecil sampe perjaka bgini ane blon pernah melihat yg kata masyarakat sbagai hantu

karna apa? karna ane ga percaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


kalo nasbung di tindih model2 ratna sarumpaet ato neno warismanemoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Belum pernah liat golog terbang dia emoticon-Cool

Di YT juga byk.. benda kelempar.. pintu kebuka sendiri, komputer nyala sendiri..

Tp berhubung belum bisa dijelasin.. bilang aj kebetulan lagi ganguan listrik n tiba2 ada angin emoticon-Leh Uga

Padahal membuktikan mahluk namanya jin tuh gampang..
1. Pertama cari bulek /.orang aseng yg benar2 tidak bisa bahasa indonesia
2. Setelah tu yg bisa undang paranormal yg ahli membuat orang kesurupan
3. Bikin tuh bule kesurupan n wawancara emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan tiobiennyo memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Pocong, kunti, genderuwo ini yg sering diliat kampret kan ?
profile-picture
kaskusadik3000 memberi reputasi
kalo macem gini biji mane?

menit 21:39
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan aloysiusmono memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo cuma ketindihan itu sama sekali gk bahaya.
Yg paling bahaya adalah ketindihan sekaligus digoyang emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice thread agann informatif sekali.. kalo kata temen ane yg 'pinter' katanya hantu itu mengikuti imajinasi kita tentang bentuk apa yg paling ditakuti yaa jadi semua dari kepala kita
kalo gua gak diganggu tapi ditemenin hantu karena gua lone wolfemoticon-Big Grin
Quote:


Saling nyapa nggak ?
Quote:


Ini sudah di jawab siapa hantu itu sebenernya...

Hantu itu adalah waham di kepala kita, yang sejak kecil di tanamkan melalui media film di TV, cerita2 dongeng dan mitos dari lingkungan kita..

Makanya hantu di setiap negara bentuknya beda2.. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
kenpachiku dan citizen88 memberi reputasi
Diubah oleh filusufkacang
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di