Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novitatariAvatar border
TS
novitatari
Tips Di Kala Kabut Asap Melanda
Tips Di Kala Kabut Asap Melanda
Sumber: Kamera Hp Oppo A3S, Kamis (19/9). Ogan Ilir-SUMSEL.

Hallo semua agan dan sista emoticon-Kiss
Apa kabar kalian? Kabar saya yaa seperti foto yang ada di atas. Itu kondisi cuaca saat ini di sekitar tempat tinggal saya pada pagi hari.
Yaa seperti yang terlihat, asap itu kian hari kian pekat. Setiap membuka mata di pagi hari, mendapatkan udara segar seperti hanya anggan.
Siapa yang mau di salahkan atas kondisi ini? Ntah lah, menurut saya semua nya salah. Hal ini terjadi karna kita, kita yang tidak bisa menjaga kelestarian bumi dimana tempat kita tinggal. Kebiasaan dan sifat buruk manusia membuatnya menjadi seperti sekarang ini. Ok agan dan sista, dari pada kita berkoar-koar mengkritik hal terjadi tanpa pernah memberi solusi lebih baik seharusnya saat ini kita lakukan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan sebisa yang kita bisa. Salah satu nya yaa kita lindungi dahulu keluarga kita dari bahaya nya kabut asap ini. Sebelum itu kita cari tahu dulu yuk mengapa kabut asap berbahaya. Menurut doktersehat.com di dalam kabut asap terkadung zat berikut ini:

Karbon monoksida (CO)
Nitrogen monoksida (NO2)
Sulfur dioksida (SO)
Ozon (O3)

Nah, zat-zat tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan organ paru-paru bahkan jantung.
Untuk itu, apa sih yang bisa kita lakukan untuk menghadapi masalah ini? Menurut doktersehat.com kalian bisa mengajak keluarga kalian menerapkan tips dan cara ini selama kabut asap berlangsung, yaitu:

1. Tidak Beraktivitas di luar Ruangan

Tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang pertama harus dilakukan adalah, hindari beraktivitas di luar ruangan untuk sementara waktu sampai kabut asap sudah benar-benar hilang.

Inilah mengapa saat kabut asap menyerang, pemerintah setempat lazimnya menghimbau para warganya untuk tidak keluar rumah. Bahkan jika kabut asap sudah sangat tebal, segala aktivitas perkantoran, perdagangan, hingga sekolah diliburkan untuk sementara waktu.

2. Sterilisasi Udara di dalam Ruangan

Cara menjaga kesehatan saat kabut asap  berikutnya yakni dengan memastikan udara di dalam ruangan steril dari paparan asap.

Selain menutup pintu dan jendela rapat-rapat, yang juga disarankan adalah dengan menyalakan pendingin udara. Pendingin udara (AC) bekerja dengan cara menyaring partikel udara. Hal ini berguna untuk menjaga udara tetap steril dan segar.

Apabila tidak ada pendingin ruangan yang terpasang di dalam ruangan, segera cari tempat berlindung berupa posko yang umumnya juga disediakan oleh pemerintah. Pastikan pintu dan jendela sudah ditutup rapat sebelum Anda meninggalkan rumah.

3. Tidak Menggunakan Masker Biasa

Selama ini, Anda mungkin mengandalkan masker yang dijual secara bebas untuk melindungi hidung dan mulut dari paparan kabut asap saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

Faktanya, masker tersebut tidak benar-benar efektif untuk melindungi Anda dari dampak buruk kabut asap. Hal ini dikarenakan masker hanya di-desain untuk menghalau partikel debu yang berukuran besar, tidak sekaligus partikel-partikel yang berukuran kecil (mikro).

Sayangnya, kabut asap memiliki banyak sekali partikel kecil. Partikel-partikel tersebut masih bisa masuk ke dalam saluran pernapasan Anda dan menyerang paru-paru.

Oleh karenanya, disarankan untuk menggunakan masker N95 atau N100. Masker ini memiliki tingkat proteksi yang lebih tinggi ketimbang masker biasa, dengan catatan masker harus benar-benar dalam kondisi baik (tidak robek) saat digunakan. Anda bisa mendapatkannya di apotek maupun rumah sakit.

4. Makan Buah dan Sayur

Mengonsumsi banyak buah adalah tips menjaga kesehatan saat kabut asap yang juga jangan sampai Anda lewatkan.

Pasalnya, buah kaya akan kandungan antioksidan yang mana antioksidan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi di dalam tubuh akibat paparan zat-zat berbahaya yang terkandung pada kabut asap.

Sejumlah buah dan sayuran yang diklaim mengandung antioksidan tinggi antara lain:

Stroberi
Blueberry
Raspberi
Jeruk
Bayam
Wortel

Lebih jauh perihal pemanfaatan buah dan sayur tinggi antioksidan sebagai tips menjaga kesehatan saat kabut asap bisa Anda tanyakan langsung pada dokter.

5. Minum Banyak Air Putih

Tak ketinggalan, banyak-banyaklah minum air putih untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat walaupun didera bencana kabut asap.

Air putih, selain mencegah tubuh dari dehidrasi, juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh tetap terjaga dengan baik.

6. Periksakan Diri ke Dokter

Memeriksakan diri ke dokter secara rutin menjadi tips menjaga kesehatan yang juga penting untuk dilakukan, terutama jika Anda ‘terpaksa’ harus terpapar kabut asap akibat sering beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini penting untuk memonitor kondisi kesehatan diri Anda. Dokter akan memberikan nasihat medis sekaligus obat-obatan guna mencegah komplikasi lanjutan terjadi pada Anda.

7. Segera Bersihkan Lingkungan Tempat Tinggal

Apabila kabut asap sudah reda, jangan tunda untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal. Debu-debu sisa kabut asap akibat karhutla tentu bisa membawa dampak buruk di kemudian hari jika tidak segera dibersihkan.

Bersihkan lingkungan tempat tinggal, kantor, maupun sekolah dengan benar. Pastikan selama proses pembersihan Anda tetap menggunakan masker.

Udah dulu yaaa, semoga bermanfaat emoticon-Angel
Diubah oleh novitatari 19-09-2019 00:18
agungdar2494
tata604
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan