susej.lolotAvatar border
TS
susej.lolot
Greenpeace: Selamat Pak Jokowi, Sukses ‘Ekspor’ Asap Hingga Singapura & Malaysia


Suarapalu.com, Jakarta- Sebaran kabut asap akibat Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, seperti di Sumatra, menjangkau hingga ke Singapura. Tak hanya itu saja, sebaran asap tersebut juga menjangkau Semenanjung Malaysia. Pantauan ini, merupakan hasil deteksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Informasi yang diperoleh dari laman resmi BMKG yang diperbarui pada, Selasa (17/9), pukul 12.00 WIB, dilaporkan asap lintas batas juga terpantau dari Kalimantan Barat hingga ke Serawak Malaysia.

Inipun membuat LSM lingkungan internasional Greenpeace Indonesia, menyindir kejadian tersebut dengan mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi. “Selamat untuk Presiden @jokowi. Atas prestasi ekspor kabut asap ke negeri tetangga dan sekitarnya,” tulis Greenpeace di laman resminya.



Berdasarkan citra satelit, asap terdeteksi di wilayah Riau, Jambi, Sumatra Utara, Bengkulu, Sumatra Selatan, Sumatra Barat dan Kepulauan Riau. Selain itu, juga menjangkau Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Semenanjung Malaysia, Serawak Malaysia dan Singapura.

Penyebaran asap hingga ke negara tetangga tersebut disebabkan arah angin di Sumatera dan Kalimantan, umumnya dari tenggara-selatan ke barat laut-utara.

Akibatnya arah sebaran asap di Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menyebar ke arah barat laut.

Berdasarkan data BMKG, pada pukul 06.00 WIB satelit Terra Aqua mendeteksi 498 titik panas yang jadi indikasi karhutla di Sumatera. Daerah paling banyak adalah Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 194 titik, Jambi 174 titik, sedangkan di Riau 60 titik. (EP/Taf/INI-Network)

Kabut asap hingga ke negara tetangga


saya sebagai WNI merasa malu terhadap Malaysia dan Singapura...


di ajang sepakbola, negara kita udah kalah malah nyerang suporter Malaysia..

kebakaran hutan sampai mereka juga merasakan udara yg tidak bagus...
Diubah oleh susej.lolot 18-09-2019 01:32
0
1.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan