alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Besar atau Kecil, Asalkan Masih di Kurva Normal, si Kecil Tetap Sehat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7f2d6528c99120267ea42e/besar-atau-kecil-asalkan-masih-di-kurva-normal-si-kecil-tetap-sehat

Besar atau Kecil, Asalkan Masih di Kurva Normal, si Kecil Tetap Sehat

Lho, Nita, 'kok kepala anakmu besar sekali sih? Hati—hati lho, siapa tahu ada kelainan,”Siska setengah berteriak kepada Anita, Anita terlonjak kaget. Dua kali, malah. Pertama, karena Siska membandingkan ukuran kepala buah hatinya yang katanya lebih besar dibanding anak lain seusianya. Kedua, Anita kaget karena adanya indikasi kelainan. Ibu muda ini pun gundah.

Besar atau Kecil, Asalkan Masih di Kurva Normal, si Kecil Tetap Sehat

Besar lingkar kepala mencerminkan kapasitas otak. Ukurannya tergantung usia dan jenis kelamin si kecil. Untuk mengetahui seberapa besar kapasitas otak anak, tak bias divonis hanya dengan sekali ukur. Pengukuran keliling kepala anak harus dilakukan secara berkala dan teratur.

Pengukuran itu misalnya, pada tahun pertama pengukuran dilakukan setiap bulan atau minimal setiap dua bulan. Pengukuran semakin jarang dilakukan menyusul usianya semakin bertambah. Ketika usianya mencapai 2 tahun, pengukuran kepala boleh dilakukan setiap & bulan.

Caranya, dengan melingkarkan pita ukur di lingkaran terbesar kepala, melewati bagian atas alis dan daerah belakang kepala yang paling menonjol. Hasil pengukuran ini lalu diplotkan di kurva lingkar kepala sesuai jenis kelamin dan usia anak untuk mengetahui kisaran besaran kepala (Nellhaus).

Besar atau Kecil, Asalkan Masih di Kurva Normal, si Kecil Tetap Sehat

Lingkar kepala anak dikatakan normal jika masih berada dalam kisaran normal kurva. Jika melebihi nilai normal kurva, ia disebut makrosefali (lingkar kepala besar). Sedangkan, jika berada di bawah nilai normal disebut mikrosefali (lingkar kepala kecil).

Ukuran rata—rata lingkar kepala bayi ketika lahir adalah 34—35 cm. Lingkar kepala ini akan bertambah 2 cm/ bulan pada usia 0-3 bulan. Selanjutnya di usia 4—6 bulan akan bertambah l cm/bulan, dan pada usia 6-12 bulan pertambahannya 0,5 cm/bulan. Selain ukuran, yang patut diperhatikan bagaimana pola pertumbuhan kepalanya.

Sebab, Pertumbuhan lingkar kepala, cepat atau lambat, bisa menjadi indikator awal adanya gangguan perkembangan! Gangguan pertumbuhan lingkar kepala umumnya berdampak pada kemampuannya berbahasa, motorik halus, motorik kasar dan kemandiriannya.

Besar atau Kecil, Asalkan Masih di Kurva Normal, si Kecil Tetap Sehat

Lingkar kepala kecil atau mikrosefali, umumnya disebabkan oleh kelainan kromosom, sindrom, toksin akibat alkohol dan obat—obatan, kelainan kongenital, serta infeksi saat kehamilan hingga masa prenatal.

Sementara makrosefali umumnya disebabkan faktor genetika dan kelainan tulang tengkorak. Kelainan ini bias dipicu oleh adanya tumor. Contoh yang paling familiar adalah hidrosefalus.

Karena itu, periksalah kesehatan kehamilan secara rutin dan bertanyalah bagaimana kondisi riil bayi. Selain itu, menjaga kepala bayi dari benturan, sangat penting. Besar atau kecil, asalkan masih di kurva normal, si kecil tetap sehat.


Quote:




Spoiler for Referensi:





profile-picture
profile-picture
xxArial dan vegamio memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
oooooo...
kepala dedek bayi to
kirain yg lain yg besar atau kecil
emoticon-Malu (S)
Nah ini nih yg Suka trlewat kl kontrol dokter/posyandu, mstiny lengkap berat, tinggi, dan lingkar kepala.. Ato gak ngukur sndiri aja d rmh
kami dulu beli buku perkembangan bayi, kan ada sheet buat diisi sama referensi anak normal, tinggal dilakukan sendiri untuk perkembangan anak, jadi ketahuan normal kelebihan atau kekurangan agar bisa ambil tindakan lebih lanjut emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
sehat gak harus gemuk
hahaha aduh sama sama mas momon, kirain adek yg lain. agan yg kawatir sama kondisi tubuh bayi dan belum sempat ke dokter anak bisa konsultasiin sama dokter2 online di Halodoc gan. dokter spesialisnya ramah2 kok dan ada 24 jam. agan bisa beli obat juga di Halodoc nanti dianter ke rumah agan.
Jangan lupa inisiasi dini dan asi eksklusif.
Para bapak ngalah dulu ya emoticon-Leh Uga
kata emak ane lahir gak nyampe 9 bulan, ukuran ane kurang lebih segede termos emoticon-Frown
Masa ane yg orok disamain ama termos
emoticon-Marah
Seharusnya di setiap posyandu nggak cuma mengukur berat badan dan tinggi badan saja ya gan, mengukur besarnya lingkar kepala juga penting. Di posyandi di Desa ane cuma mengukur berat dan tinggi badan, dan pemberian makanan tambahan, pemberian vitamin serta obat cacing setiap 6 bulan sekali.
Balasan post janurhijau
betul... bisa ngukur sendiri lewat referensi bukunya
penting banget loh ngukur kepala debay, karena perkembangan otak tampak dari sini. Kalo ngerasa ada yang kurang pas, coba dikonsulkan ke Halodoc ya sista. Terlalu besar atau terlalu kecil bisa jadi tanda ada masalah. Semoga debay sehat selalu
bener, jangan suka ngebandingin bayi kita sama bayi orang lain. malah bikin stress sendiri, pokoknya mah ngikutin standar yang diberikan sama dokter aja, selama masih memenuhi standarnya inshaallah sehat
yang penting sehat gan,

ilmu bisa diajarkan sejak dini dan didapatkan olehnya sendiri dihari ketika anak tumbuh dewasa dari mana saja

yang penting tetap tumbuhkan kasih dan sayang
emoticon-2 Jempol
benerrr, jangan terlalu parno kalo ngeliat anak orang lain keliatan lebih besar. asalkan masih sesuai sama batasan yang dikasih tau sama dokter sih gapapa. sama aja kaya orang dewasa kan, ada yang mudah gemuk dan susah gemuk
kalau baru punya anak pasti rasanya khawatiran terus. apa-apa dipikirin, wajar sih karena kan pasti ga mau gagal dalam merawat anaknya
ternyata ukuran kepala juga mesti harus diperhatikan ya, ane baru tau. Thanks infonya. Nanti adek ane mau ane coba ukur kepalanya hehe
nyang sering banget dikhawatirin para moms di IG nih kalo liat dokter anak lagi pd sharing wkwk seru nambah pengalaman
Nice info gan,terimakasih
yg penting normaaaalll.. threadnya okeee... mantul nih infoonyaaaaaa.. ditunggu thread2 kece lainnya...


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di