Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
[B]Darurat Kabut Asap, Said Aqil Instruksikan Warga NU Gelar Salat Minta Hujan/B]
[B]Darurat Kabut Asap, Said Aqil Instruksikan Warga NU Gelar Salat Minta Hujan/B]

Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan telah berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat. PBNU meminta pemerintah menindak tegas pelaku pembakaran hutan tersebut.

"Kepada pemerintah harus melakukan penegakan hukum serta mengusut tuntas akar penyebab serta aktor di balik kebakaran hutan yang terjadi tanpa tebang pilih. Siapa pun pelakunya harus ditindak dengan seadil-adilnya sesuai dengan aturan yang ada," ujar Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj di kantornya, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Said mengatakan pihak yang menjadi penyebab kebakaran harus bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Dia juga meminta pihak swasta yang memiliki lahan di lokasi karhutla supaya turut serta dalam mencarikan solusi.

"Kepada pihak terkait terutama perusahaan swasta yang memiliki lahan di lokasi karhutla harus bertanggung jawab untuk menanggulangi persoalan ini," kata dia.

Kepada masyarakat, Said mengimbau agar saling bahu-membahu dalam memadamkan karhutla. Selain itu, ia mengatakan pembakaran hutan adalah salah satu perusakan lingkungan.

"Kepada masyarakat mari bersama-sama membangun solidaritas sosial untuk menghadapi bencana ini. Kita harus berkomitmen untuk menyatukan pemahaman bahwa kebakaran hutan yang terjadi adalah bagian dari perusakan lingkungan dan tidak boleh terjadi lagi di Indonesia," tutur Said.

Lebih lanjut, Said mengimbau warga NU menggelar salat istisqa dan memohon kepada Allah agar menurunkan hujan. Selain itu, Said mengatakan NU telah menurunkan pasukan untuk membantu pemadaman karhutla dan korban terdampak kebakaran.

"NU juga menginstruksikan kepada pengurus dan warga NU untuk melaksanakan salat istisqa memohon pertolongan kepada Allah untuk segera menurunkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan segera berakhir," kata dia.

"NU telah menurunkan tim relawan NU Peduli untuk secara sistematis membantu menanggulangi kebakaran hutan, terutama dalam kerja kemanusiaan, termasuk dalam melakukan upaya pemadaman dan pembagian masker dan alhamdulillah kami menyediakan 1 juta masker. Selanjutnya NU peduli juga akan mendirikan pelayanan kesehatan di daerah beberapa titik terdampak karhutla," pungkasnya.


Sumur: https://m.detik.com/news/berita/d-47...hujan?single=1

Saling bahu-membahu atasi karhutla..

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh uratkumbang 16-09-2019 12:49
0
906
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan