masyogiiAvatar border
TS
masyogii
Obesitas: Gejala, Dampak dan Cara Mengatasinya yang Wajib Anda Ketahui!
Terkadang orang berfikir bahwa gemuk menandakan kemakmuran. Namun, tahukah Anda badan yang terlalu gemuk bisa menyebabkan efek berbahaya. Dalam dunia medis kondisi dimana tubuh sangat gemuk disebut dengan gejala obesitas. Berikut ulasan selengkapnya mengenai kondisi ini.

Penyebab Obesitas secara Umum


Sumber Gambar : google


Apa saja yang menjadi penyebab obesitas sangat penting untuk diketahui. Hal ini gunakan untuk mengantisipasi kemungkinan yang seseorang mengalami kondisi ini. Selain itu, juga menambah wawasan tentang beberapa hal terkait obesitas. Berikut di antara penyebabnya:

1. Pola Makan yang Terlalu Over

Kebanyakan makan menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas. Terlebih jika orang tersebut makan lebih dari 4 kali dalam sehari dengan porsi makanan berlebih. Sehingga, terjadi penumpukan kalori dan lemak secara bersamaan. Lama kelamaan akan menyebabkan obesitas.

Makan makanan cepat saji juga memberikan efek negatif pada tubuh. Selain memperceoat terjadinya obesitas, hal inijuga dapat menganggu beberapa organ tubuh yang ada.

2. Faktor Keturunan atau Genetik

Pernahkan Anda melihat orang tua dan anaknya yang sama-sama gemuk? Gejala obesitas anak tersebut merupakan gejala obesitas yang terjadi akibat dari keturuan. Menurut penelitian, kejadian seperti ini bisa terjadi pada lebih dari 50% orang gemuk.

Efek gemuk yang disebabkan karena keturunan juga tidak selalu berlangsung lama. Terkadang anak bisa menjadi kurus seiring berjalannya waktu dengan berbagai macam usaha. Solusi terbaiknya adalah dengan menyuruh anak berolah raga setiap harinya.

3. Efek Samping Obat-Obatan

Kebanyakan mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menjadi penyebab gejala penyakit obesitas. Penumpukan beberapa zat obat-obatan akan mempersulit tubuh melakukan pembakaran kalori dan lemak. Sehingga, secara tidak langsung tubuh akan menjadi gemuk.

4. Kehamilan

Saat kondisi hamil, perempuan cenderung menaikkan porsi makan. Hal ini akan menambah berat badan. Namun, fenomena seperti ini merupakan sesuatu yang wajar. Mengingat ibu hamil harus mengkonsumsi banyak makanan agar ia dan buah hati menjadi sehat.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur terkadang juga menjadikan sesorang rentan alami obesitas. kebanyakan dari orang yang begadang akan merasa lapar. Secara tidak langsung, pola makan menjadi tidak teratur. Kejadian ini akan menimbulkan pengaruh bagi kinerja oragan tubuh. Resiko obesitas pun tentu akan meningkat.

6. Pertambahan Usia

Dengan bertambahnya usia, kebanyakan orang menjadi kurang bergerak. Hal ini bisa berakibat pada pembakaran makanan yang dikonsumsi tidak sempurna. Selain itu, semakin tua usia juga akan mengurangi efektifitas organ tubuh. Terkadang, dalam kondisi tertentu bisa juga menyebabkan obesitas.

7. Penyakit atau Masalah Medis Tertentu

Beberapa penyakit juga bisa berpotensi menimbulkan gejala obesitas. Misalnya saja, malas bekerja akan mematikan kinerja otak. Namun, ada beberapa penyakit yang membuat penderitanya mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

Dampak Obesitas bagi Kesehatan Manusia

Obesitas sesungguhnya memberikan dampak buruk bagi penderitanya. Dampak yang diberikan tersebut umumnya berupa dampak negatif yang merugikan kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati akan resiko tersebut. Berikut beberapa dampak yang bisa didapatkan:

1. Diabetes

Penyakit yang satu ini cukup berbahaya. Jika Anda membiarkan tubuh terkena obesitas dalam waktu lama, bisa jadi terserang diabetes.

Oleh karena itu, penting kiranya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang rendah kadar gula. Hal ini digunakan untuk meminimalisir gejala yang timbul dari obesitas tersebut.

2. Tekanan Darah Tinggi

Kegemukan dalam tubuh juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Hal ini dipicu oleh kinerja jantung yang kurang normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengkonsumsi makanan yang rendah lemak. Bisa juga dengan berkonsultasi dengan dokter.

3. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Jantung merupakan organ yang sangat vital. Setiap orang tentu tidak menginginkan jantungnya mengalami masalah. Namun, obesitas yang sudah akut memberikan resiko yang besar pada jantung. Hal ini dikarenakan aliran darah tidak berjalan dengan maksimal.

4. Masalah Pada Tulang dan Persendian

Kurang gerak akan menyebabkan beberapa bagian tulang linu. Orang gemuk lebih berpotensi terkena serangan ini. Hal ini bisa memberikan akibat yang cukup signifikan. Jika dibiarkan,maka tulang akan keropos dan juga susah untuk digerakan.

5. Membuat Anak Menjadi Minder

Selain kesehatan, obesitas juga bisa menyebabkan pola pikir yang buruk. Terkadang anak yang mengidap obesitas cenderung dijauhi anak lain. Gejala obesitas pada anak ini dikarenakan mereka minder dengan sebayanya. Bahkan, tidak jarang menjadi bahan bullyan dari teman yang lain.

6. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Kebanyakan perusahaan menerima keryawan dengan penampilan menarik. Orang gemuk cenderung tidak diterima pada perusahaan sejenis itu. Hal ini dapat memicu seseorang menjadi tidak percaya diri. Perlu kiranya menguatkan mental agar sikap percaya diri muncul.

Cara Mudah Mengatasi Obesitas

SUMBER
emoticon-Request
Diubah oleh masyogii 14-09-2019 16:31
0
784
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan