mengejaAvatar border
TS
mengeja
Ceroboh! Pesawat Mendarat Darurat Gara-Gara Kopi Pilot Tumpah ke Panel Kokpit


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang pesawat yang harus mendarat darurat gara-gara pilot menumpahkan kopi ke panel kokpit.

emoticon-I Love Indonesia


Ilustrasi pilot dan co-pilot di dalam kokpit pesawat.
Gambar: travelandleisure.com

Seperti kita tahu, semua profesi ada risiko masing-masing GanSis. Bisa dalam tingkatan kecil, sedang, atau besar. Khusus untuk pilot sudah pasti risikonya besar. Yaaah berbanding lurus sama gajinya sih yang juga besar hehe.

Biar begitu profesi pilot sesungguhnya memang memerlukan tanggung jawab besar serta mental yang kuat. Bukan apa-apa, pilot itu harus siap sedia menerbangkan pesawat walaupun cuaca gak bagus.


Ilustrasi pilot.
Gambar: leftseat.com

Selain itu pilot juga bertanggung jawab kepada semua penumpang yang dibawa. Mulai dari lepas landas sampai akhirnya mendarat dengan selamat. Emosi dan stamina harus betul-betul diperhatikan, bahkan kondisinya harus selalu super prima.

Tapi bagaimana jadinya kalau pilot melakukan hal ceroboh yang akhirnya menciptakan suasana menegangkan? Hal ini terjadi sama pesawat Airbus A330-243 yang terbang dari Frankfurt, Jerman menuju Cancun, Meksiko.

Menurut laporan Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB), pesawat yang membawa 337 penumpang itu dengan terpaksa harus mendarat di Shannon, Irlandia karena pilot menumpahkan kopi ke panel kontrol audio (ACP) di dalam kokpit.


Kopi tumpah ke panel kontrol audio.
Gambar: bbc.com

Dalam identifikasinya AAIB menyatakan kronologi kejadian bahwa pesawat sedang berada di atas perairan Samudera Atlantik saat pilot utama sedang mengawasi co-pilot. Datanglah pramugari yang menyajikan kopi.

Minuman diberikan tanpa tutup yang menurut AAIB adalah perilaku yang normal GanSis, gak ada yang salah. Lalu pilot utama meletakkan kopi di atas meja nampan. Entah bagaimana, kopi malah terjatuh. Sebagian besar cairan membasahi celana pilot dan sebagian kecil lainnya tumpah di panel kontrol audio 1 (ACP1).

Lama kelamaan ACP1 panas dan merembet ke ACP2 punya co-pilot. Tombol pun meleleh dan muncul asap dari dalam kokpit yang memaksa pilot dan co-pilot untuk mengenakan masker. Hal ini membuat gagal kontrol ACP dan gangguan komunikasi.

Khawatir keadaan yang mungkin akan memburuk, mereka berdua memutuskan mengalihkan penerbangan ke Shannon, Irlandia untuk mendarat darurat. Pesawat mendarat darurat dengan selamat.

Sejak kejadian itu AAIB mengubah prosedur perihal wadah kopi yang wajib memiliki tutup khusus agar gak ada lagi kejadian serupa. Oh ya GanSis, AAIB bilang peristiwa ini terjadi pada tanggal 6 Februari 2019.


Salah satu pesawat maskapai Condor Airlines.
Gambar: azcentral.com

AAIB sih gak mengidentifikasi maskapai mana, tapi organisasi nirlaba independen Flight Safety Foundation mengatakan itu adalah maskapai Condor Airlines, pesawat yang dioperasikan perusahaan maskapai Thomas Cook Airlines.

Konyol banget ya GanSis. Untung tumpahnya sedikit. Coba banyak, bisa berabe.

emoticon-Leh Uga

Ane juga gak bisa membayangkan waktu kopi tumpah terus tombol meleleh dan mulai keluar asap, pasti panik banget tuh pilot dan co-pilotnya.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
twitteregg
anasabila
Gresta
Gresta dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.7K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan