CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Terpuruk setelah wisuda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6fa1e6f4d6956d703e840e/terpuruk-setelah-wisuda

Terpuruk setelah wisuda

Hallo gan..
Gw fresh graduate udah dari 9 bulan yang lalu, umur gw saat ini 23th , sampai detik ini gw belum juga dapet pekerjaan..ngelamar kesana sini hasilnya zonk, ada yg gagal di awal.. Ada yang gagal pas interview user padahal itu tinggal selangkah lagi.. Tapi hasilnya zonk. 2 bulan ini gw ikut freelance, dan jualan online.. Emang si kalo jualan online udah berjalan sejak gw duduk di semester 3 jaman kuliah, tapi makin kesini setelah lulus kuliah yang ada gw males jualan online karena terlalu fokus ingin kerja kerja dan kerja.. Sempet mikir ubah mindset mau ngembangin jualan online gw, tp gw liat orangtua kaya malu gw dirumah trs mereka ingin gw berangkat pagi pake seragam berangkat kerja.. Gw bingung gan, ditambah lagi skrg gw malah terlilit hutang pinjol yang orangtua gak tau menau gw punya hutang. Tiap hari nya gw mikir kerjaan apalagi langkah apalagi yg musti gw ambil buat ngelunasin hutang2 gw, buat dapet kerjaan juga, mau jual barang, gw cuman punya handphone dan handphone ini aset buat gw jualan online dan nyari informasi kerjaan.
Menurut agan gw harus ambil langkah apa nih selanjutnya ? Gw bingung usaha berdo'a sabar udah gw jalani dan masih gw jalani sampai detik ini.. Sering gw jenuh gatau mesti ngapain, rasa nya capek sering juga nangis sendiri tanpa oranglain tau.. Ada gak sih disini yang nasib nya sama kayak gw ? Buat sesepuh atau yg udah berpengalaman boleh kali sharing disini minta saran nya gw harus ngapain lagi.
terlalu milih kerjaan??? coba jadi kuli, tukang parkir, jaga fotokopi, jaga warnet atau apa yg bisa ngasilin duit. paling ngga biar buat biaya bayar pinjol
ojek online aja dulu
cari pengalaman
dua duanya gan
keinginan ortu agar ente kerja di kantoran ente turutin aja
tapi juga passion ente di online juga diem diem ente kerjakan juga

Terpuruk setelah wisuda

Saran Aja

halo gan, ane mau sedikit share aja dari pengalaman ane yang pernah nganggur hampir 2 tahun dan sekarang ane uda kerja lagi sampe kepikiran untuk nambah penghasilan dengan bikin usaha.

dalam hal nyari pekerjaan sebener nya susah - susah gampang gan, ane ngalamin hal yang sama, uda lebih dari 100 lamaran yang ane layangkan, uda hadir interview di belasan perusahaan dan di tolak semua sampe akhir nya ane kerja di kantor yang sekarang. Ane ngalamin di mana bensin motor ane harus di isi dan rekening tinggal sisa 20ribu. Paket data ngga ke isi sampe ane duduk di mall yang sediakan WiFi gratis cuma untuk online.

ane mau kasi tau, "klo ada sesuatu terjadi ngga semestinya, pasti ada yang salah". Agan punya potensi, agan punya ijasah, semestinya agan bisa dapat kerja yang pas. Coba agan koreksi dan temukan kira - kira apa yang salah. Klo dari ane waktu itu ane sadar kenapa ane di tolak semua karena CV yang ane layangkan ternyata terlalu berbelit - belit jadi ngga di baca. Solusinya, ane buang CV ane, ane susun lagi dari kertas putih pastinya sambil googling "CV yang baik dan benar". It's work, abis ane rubah CV dan apply lagi ke 3 perusahaan, 2 perusahaan pangil ane. tapi abis interview ane ttp ga di terima. Ternyata ane salah jawab waktu interview.

Sepotong cerita ane di atas, inti nya koreksi diri gan pasti ada sesuatu yang salah. Jangan takut buat rubah klo uda ketemu kesalahannya di mana dan jangan berehenti. Agan ga tau di lamaran kerja yang keberapa agan bakal keterima, jadi jangan berhenti berjuang.

Mengenai usaha onlen yang agan uda punya, selama mendatangkan profit dan masih ada peluang jangan di stop gan. Percayalah kerja sama orang jadi karyawan ngga bisa se nyaman klo kita punya usaha. Saran ane, agan ttp jalanin usaha itu sambil agan cari kerja jadi agan punya 2 aktivitas sekaligus, dan punya 2 income. Sibuk?.. uda biasa gan, biarin temen - temen malam ini posting di IG mereka makan malam di resto, mereka ngopi cantik di kafe, mreka jalan - jalan kemana. Beberapa bulan kedepan giliran agan yang post di IG motor sport baru agan yang dibeli pake cape, ngantuk, lembur yang agan lalui.

Ane juga di tekan sama keluarga sana sini waktu itu untuk kerja, sampe ane berasa mau nangis padahal ane laki emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Jangan takut sepi gan dan jangan terlena sama pergaulan. Baru minggu lalu mimpi ane jadi kenyataan bisa kebeli motor model sport pake uang ane sendiri, ngga kebayang dari yang cuma 20ribu di rekening sampe bisa beli cash motor model sport. Ane bisa pasti agan juga bisa, keep focus gan !.

semoga bermnfaat emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
masalah ente adalah kurang nya komunikasi sama ortu ente
benerin dulu komunikasi ente, jangan diem diem man sama ortu ente
pengen sok mandiri, tapi ente tetap kalah pngalaman sama ortu, usia mereka jauh lebih tua dari ente, jadi biar gimana juga ente kudu sering diskusi sama mereka, bukan diem dieman kek skarang, kurang terbuka ente, menyimpan masalah ente sendirian tanpa ortu tahu

soal hutang, yah tetap harus di lunasi lah
kmngkinan sih ortu ente yg ngelunasin, dan itu artinya ente udah nyakitin ortu ente sebenarnya, karena itu kan duit utk persiapan masa tua mereka nanti, tapi malah dipake buat kegiatan gak jelas ente itu
tapi yah itu semua resiko yg harus ente terima dan hadapi

banyak org di posisi kejepit kek ente akan milih bunuh diri, tapi ane tantang ente utk tidak bunuh diri dan maju terus selesaikan masalah ente satu satu, mulai dari ngelunasin hutang dulu, baru setelah itu masalah loker ente.

soal loker ini sebenarnya trgantung masa masa kuliah ente selama ini di isi apa aja? kutu buku kah? atau banyak teman kah? sepinter pinter nya kutu buku, akan kalah sama mereka yg banyak teman semasa kuliah.
coba ke layanan jasa headhunter kaya reeracoen atau os selnajaya, robert walter atau fuji bijak
ngelamar kerja di tolak melulu?
kmngkinan ente alumni perguruan tinggi gak jelas, ipk pas pasan, atau semasa kuliah gak punya banyak teman
pelajaran buat anak kelas 12 yg baca trit ini
jangan sia siakan waktumu dgn hal hal gak guna
gunakan waktumu utk belajar dari pagi sampai subuh (begadang) tiap hari agar bisa tembus PTN favorit, dapatkan ipk sebagus mngkin, dan jalin pertemanan dgn sesama mahasiswa yg prospek masa depannya (yes, pilih2 teman itu penting, jangan asal brteman dgn siapa saja)
berteman dgn siapa aja itu prinsip orang overdosis agama (miss queen), gak berlaku utk kalangan ambisius yg pnya cita2 setinggi langit

percaya gak percaya, ane cuma nganggur 3 bulan usai wisuda di salah satu PTN ternama
ipk ane gak tinggi2 amat, tapi juga gak jelek2 amat, diatas 3 koma lah pokoknya
nama besar alumni PT dan nilai ipk itu pengaruh banget buat nyari kerjaan
dan yg terpenting adalah pnya banyak teman semasa kuliah
ane bahkan tetap jalin pertemanan dgn teman2 semasa SMA yg otaknya jenius jenius dan udah kuliah di PT ternama, bahkan keluar negeri
nah ane dapat rekomendasi dari salah satu teman, dan lngsung keterima kerja
itulah pentingnya nama besar PT dan pertemanan

ane kasian saja sama anak muda jaman skarang yg ortu nya melepas gitu saja anaknya tanpa arahan kek yg ane ceritain disini saat ini. mereka wisuda hanya utk nganggur aja, karena udah salah taktik dan salah strategi sejak masih duduk di bangku kelas 12, dan pas kuliah, salah taktik salah strategi juga, mulai dari pemilihan PT hingga cara maba ngisi waktu luang nya

Terpuruk setelah wisuda


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di