CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7b0f218012ae5b5f0346fe/sering-berkeringat-walaupun-habis-mandi-ini-penjelasannya

Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya

Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya

Rasanya menjengkelkan, kalau nggak lama setelah kita mandi badan kita langsung keringetan lagi. Bukannya merasa segar, keringat yang keluar malah bikin badan terasa gerah habis mandi. Percuma dong mandi bersih-bersih? Masa iya sih, harus mandi lagi?

Kondisi seperti ini wajar dialami, Gan, dan bisa disebabkan karena kondisi tertentu.

Menurut dermatology dari Cleveland Clinic, Shilpi Kheterpal, seperti dilansir dari POPSUGAR, fenomena seperti ini biasanya terjadi setelah mandi air hangat. Air hangat yang terpapar pada kulit akan terus menghangatkan tubuh bahkan setelah selesai mandi.

“Uap dari air panas, dikombinasikan dengan temperatur yang juga lebih hangat akan meningkatkan kelembapan dan suhu di kamar mandi. Ini membuat suhu tubuh kita meningkat dan membuat kita berkeringat,” jelas Khetarpal. Selain itu, balutan pakaian dan handuk yang kita gunakan setelah mandi juga bisa membuat suhu tubuh kita semakin hangat dan berkeringat lebih banyak.

Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya

Kemungkinan lain yang membuat tubuh berkeringat setelah mandi adalah kondisi tubuh yang sedang demam, atau baru saja selesai olahraga yang bisa meningkatkan suhu basal tubuh, yakni suhu yang dicapai tubuh selama istirahat.

Terus menerus mengeringkan kulit dengan handuk setelah mandi bukan solusi masalah ini. Gosokan handuk pada kulit malah akan menimbulkan panas dan bisa berujung pada iritasi dan penyakit kulit yang lebih parah.

Lalu gimana cara mencegah, atau seenggaknya mengurangi keringat setelah mandi?Dr. Khetarpal  punya beberapa saran.

1. Jangan langsung mandi setelah berolahraga. Tunggu kira-kira 20 hingga 30 menit sebelum masuk ke kamar mandi. Waktu tunggu ini akan menurunkan suhu tubuh yang tinggi setelah berolahraga, dan akan mengurangi keringat.

2.  Bagi yang mandi menggunakan air hangat, turunkan temperatur air sedikit demi sedikit sebelum keluar dari kamar mandi. Menurunkan temperatur air secara perlahan akan membantu menurunkan suhu tubuh. Menurut Khetarpal, tubuh butuh waktu sekitar 10 detik untuk menyesuaikan dengan suhu ruangan yang baru. Jadi, terus turunkan suhu air secara perlahan selama minimal 10 detik sebelum selesai mandi.

Sering Berkeringat Walaupun Habis Mandi? Ini Penjelasannya

3. Bilas rambut dengan air dingin sehabis mandi.. Air dingin yang disiramkan ke kepala akan membilas sisa-sisa air panas yang menempel pada rambut dan kulit kepala yang bisa menyebabkan berkeringat terus-menerus.  

4. Pastikan kamar mandi punya sirkulasi udara yang baik, dan segera jauhkan diri dari lingkungan yang  lembap di sekitar kamar mandi setelah selesai mandi.

5. Jika suhu tubuh masih panas, rendam handuk kecil dalam air dingin, dan  usapkan pada wajah dan kulit kepala. Metode ini akan membantu mendinginkan suhu tubuh.

Itu dia Gan, beberapa tips supaya Agan nggak berkeringat lagi setelah mandi. Jadi, nggak perlu repot-repot mandi atau bilas lagi ya. emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh benben98
Halaman 1 dari 5
Waaah... Makasih banyak tipsnya Gan...
emoticon-2 Jempol
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Ane malah jarang keringatan


Quote:

Selamat mencoba bre
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Quote:


Baiklah Gan... Langsung Ane cobak...
emoticon-Ultah
profile-picture
mabuhaybetty memberi reputasi


Quote:

Yg penting jangan buat anak kok coba coba
Quote:


Ane belom punya anak Gan... emoticon-Frown
profile-picture
mabuhaybetty memberi reputasi
wui mantap. dapet ilmu baru nih wkkw
ane sering keringetan
kadang emang gitu sih.....🤔
kirain gara2 faktor ruangan, soal nya kadang walaupun mandi air normal jd suka keringetan
kl mandi siang" jam 2-3 dingin, begitu keluar kamar mandi panas lagi wkkwkw
jarang mandi breeemoticon-Cool
wah nais info gan, ane coba praktekan dah
nice.. jadi tau, kirain ada sakit apa gitu ane, suka gini soalnya
tritnya informatif gan, kebetulan ane orang yg suka begitu tuh, kalo abis mandi suka keringetan sendiri, bahkan kalo pake baju yg pas kalo keringetan ketauan basahnya sampa malu gan hehehe terima kasih.
Wuih malahan hbs mandi pake air hangat lebih seru langsung masuk ke kamar yg pake ac wkwk
jadi begitu ya ya akhiemoticon-Maaf Agan
Apalagi 'olahraga' pas mandi emoticon-Betty
ane banget abis mandi keringetan wkwk
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di