fuckinghandsomeAvatar border
TS
fuckinghandsome
Giant Tutup Toko hingga Bukalapak PHK Karyawan, Daya Beli Lesu?
Jakarta - Gerai Giant yang dikelola PT Hero Supermarket Tbk (HERO) kembali tutup. Kali ini, gerai yang tutup ialah Giant Ekstra di Poins Square.

Di waktu yang hampir bersamaan, salah satu marketplace sekaligus unicorn Bukalapak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut ada 100 dari 2.600 karyawan yang di-PHK. Belum lagi

Ada yang salah dengan ekonomi saat ini?


Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai tengah terjadi pelemahan konsumsi rumah tangga. Dia menuturkan, adanya tekanan daya beli.

"Iya ada pelemahan konsumsi rumah tangga, tapi spesifik ke kelas menengah memang ada tekanan daya beli," katanya kepada detikcom, Jumat (13/9/2019).


Dia menuturkan, ada sejumlah indikator yang menunjukkan adanya tekanan daya beli. Pertama, pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang tidak terlalu kuat.

"Indikatornya konsumsi rumah tangga dari data terakhir di kuartal II 2019 hanya tumbuh 5,17% padahal sudah didorong momen lebaran, pemilu serentak, kenaikan bansos, kenaikan gaji ASN, THR dan gaji ke-13," jelasnya.

Kedua, penerimaan pajak mengalami penurunan. Dia menyebut PPN dalam negeri turun 0,29% dibanding posisi yang sama tahun lalu."PPh 26 juga menurun tajam -11,5%," ujarnya.

Ketiga, industri manufaktur hanya tumbuh 3,54%. Kemudian, penjualan mobil dan sepeda motor hanya tumbuh 3,41%.

"Artinya masyarakat yang bekerja di sektor yang melambat akan lebih berhemat dalam belanja, baik lewat ritel konvensional maupun online marketplace," tutupnya.


https://finance.detik.com/berita-eko...box=1568352008

Toko fisik tutup dan PHK karyawan itu karena GA MENYESUAIKAN JAMAN SERBA ONLINE BRO!~~
Toko online PHK itu karena GA MENYESUAIKAN JAMAN SERBA SUSAH BRO!~~


emoticon-Ngakak
Diubah oleh fuckinghandsome 13-09-2019 10:08
soljin7
slider88
slider88 dan soljin7 memberi reputasi
0
2.1K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan