Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

friya1Avatar border
TS
friya1
Plus dan Minus Pemindahan Ibukota Negara
Plus dan Minus Pemindahan Ibukota Negara


Hai gansist, ketemu lagi di thread Friya. Salam santun buat gansist semua ....



Plus dan Minus Pemindahan Ibukota Negara

 
Beberapa waktu belakangan ini, heboh banget kabar mengenai rencana pemerintah  untuk memindahkan ibukota dari D.K.I Jakarta, ke Kalimantan Timur, tepatnya di kabupaten Penajam Paser Utara, dan kabupaten Kutai Kertanegara. Kepastian pindahnya ibukota diumumkan oleh bapak Presiden Jokowi pada Selasa, 27 Agustus 2019.
 
Alasan dipilihnya daerah tersebut antara lain adalah karena letaknya yang tepat berada di tengah-tengah wilayah Republik Indonesia, bebas dari bencana gempa dan banjir, akses transportasi lancar, dan adanya ketersediaan lahan, serta aman dari konflik.
 
Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Indonesia mengalami perpindahan ibukota. Seperti kita tahu, sebelum D.K.I Jakarta, Yogyakarta, Aceh, dan Bukittinggi juga pernah menjadi ibukota negara tercinta ini. Namun, kabar pemindahan ini tetap saja memicu banyak respon dari masyarakat, termasuk netizen nih gansist.
 
Ada yang setuju dengan pemindahan ini, adapula yang menentang dengan keras. Salah satu alasan yang membuat mereka menentang pemindahan tersebut adalah karena proyek pemindahan ibukota pastinya akan menelan biaya yang super duper besar, sedangkan kondisi ekonomi negara kita sekarang lagi ancur-ancuran, dengan hutang negara yang semakin bertambah dan bertambah.
 
Alasan lainnya adalah karena hutan Kalimantan merupakan paru-paru dunia. Dikhawatirkan jika terjadi pemindahan ibukota ke Kalimantan, akan diikuti oleh pembukaan lahan secara berlebihan, yang akan berimbas pada berkurangnya penghasil oksigen di dunia.

 
Yah ... bolehlah ya masyarakat berpendapat. Tapi biar adil, mari kita intip juga manfaat dari pemindahan ibukota ke Kalimantan.

Menurut Bappenas, alias badan perencanaan pembangunan nasional, pemindahan ibukota ke wilayah yang lebih ideal ini, akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Karna pertumbuhan ekonomi tak lagi akan terpusat di pulau Jawa, melainkan akan merata ke seluruh Indonesia.
 
Selain itu, pemindahan ibukota negara juga akan mengurangi beban berat kota Jakarta, yang selama ini tak hanya menjadi pusat pemerintahan, tapi juga pusat bisnis.
 
Nah, demikianlah gansist plus dan minus dari pemindahan ibukota yang bisa Ts rangkum. Apapun itu, mari kita berdo'a yang terbaik aja ya buat negara kita tercinta ini.
 
See u next thread gansist ....

Sumber : https://m.liputan6.com/bisnis/read/4...an-ibu-kota-ri
Diubah oleh friya1 13-09-2019 03:30
bekticahyopurno
indahmami
anasabila
anasabila dan 6 lainnya memberi reputasi
7
575
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan