elviciAvatar border
TS
elvici
7 Manfaat Berkomunitas, Sarana Eksplorasi dan Upgrade Potensi Dirimu
Komunitas, manfaat berkomunitas, serunya berkomunitas, potensi diri, relaksasi



Quote:

Banyak nasihat yang mengatakan, mumpung masih muda, manfaatkan masa energikmu untuk mengejar mimpi. Masa tua nanti, prioritasmu sudah berbeda. Gabung deh dengan komunitas-komunitas positif bin kreatif yang bertebaran baik di dunia nyata bahkan dunia maya. Berkegiatan hal-hal positif bersama teman-teman yang memiliki minat dan ketertarikan sama. Jika bijak, akan banyak manfaat dan efek positif yang akan kamu dapatkan, untuk lingkungan dan untuk dirimu sendiri tentunya.

Jadi, yang dimaksud komunitas di sini adalah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki maksud, kebutuhan, sumber daya, ketertarikan serta sejumlah kondisi lain yang serupa dan habitat yang sama. Hal yang disebutkan itu biasa menjadi ide dasar pembentukan komunitas. Komunitas sendiri berasal dari bahasa Latin communitasyang berarti "kesamaan". wikipedia

Indonesia Punya Hari Komunitas Nasional, Loh

Negara kita, mendukung aktivitas komunitas-komunitas kreatif dengan menetapkan tanggal 28 September sebagai Hari Komunitas Nasional. Dideklarasikan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pada acara Indonesian Community Network pada 28 September 2013. plimbi

Apa Saja Keseruan dan Manfaat Berkomunitas?


Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung di komunitas. Saya sendiri bergabung dalam banyak komunitas menulis, beberapa komunitas traveling backpaker, komunitas gym dan kebugaran, komunitas investor dan trader saham, dan komunitas peduli lingkungan. Bagi saya sendiri nih, menjadi bagian dari komunitas bisa menjadi boosteruntuk mengupgrade dan mengeksplorasi potensi yang selama ini terpendam dalam diri. Ah, cuma itu saja? Belum ... Yuk, kita bahas keseruan dan manfaat lainnya.


Pendorong Pengembangan Diri dan Membangun Kepribadian

Ini menjadi yang pertama bagi saya untuk dibahas. Cos,jangan sampe keasyikan berkomunitas, kamu jadi hanya menghabiskan waktu hingga melupakan hal-hal berfaedah yang harusnya kamu serap. Berkomunitas bisa menjadi sarana untuk mengembangkan diri. Coba rasakan, bahwa dengan berkomunitas, ide-ide yang selama ini terpendam, tiba-tiba bisa menemukan cara untuk diwujudkan. Hal itu tercipta karena di dalam komunitas ada ruang bernama diskusi. Semakin banyak berdiskusi, semakin mudah kamu memahami berbagai hal, dan semakin terlihat jalan untuk merealisasikan hal yang kamu maksud.

Berkomunitas membawamu berkolaborasi bersama orang-orang hebat. Dari sana, kamu bisa saling belajar dan menyerap ilmu. Dengan begitu, jiwa semakin aktif dinamis, kreativitas akan semakin terbentuk, dan potensi dirimu akan semakin berkembang.




Sarana Berbagi dan Saluran Informasi

Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa hidup sendiri, kita saling memerlukan satu sama lain. Maka, saat ada dalam sebuah komunitas, kamu akan punya banyak teman yang secara langsung maupun tidak langsung bersedia saling membantu, saling berbagi saran, tempat bertanya, dan berdiskusi menyumbangkan solusi untuk hal yang sedang dihadapi.

Selain itu, dengan berkomunitas juga bisa menjadi sarana informasi yang efektif. Biasanya, perkembangan baru cepat tersampaikan dan tersebar di komunitas. Dilanjutkan dengan bahasan dan ide-ide pengembangannya. Jika komunitasmu berkaitan dengan dunia sastra, misalnya, maka segala informasi yang berkaitan dengan kepenulisan—seperti acara seminar, bedah buku, event-eventsastra bisa kamu terima dengan cepat.



Silaturahmi dan Memperkaya Relasi

Didorong oleh ketertarikan yang sama dalam suatu bidang, bisa menyatukan yang selama ini sempat terpisah. Bukan tidak mungkin di dalam komunitas kamu bertemu kembali dengan teman lama satu hobi dulu. Kamu dan teman-temanmu serta dia dengan timnya bisa membaur. Menemukan sahabat baru. Relasimu akan semakin bertambah dengan terjalinnya silaturahmi yang baik di dalam komunitas. Bagi jomblo sejati, siapa yang tahu, kan, kalau ternyata jodohmu juga ada di sana. Hehe.




Relaksasi Melepas Lelah

Berkumpul dengan banyak karakter menyenangkan dalam komunitas dapat menjadi sarana relaksasi juga, loh. Melepas beban sehari-hari dengan bercerita pada orang yang kamu percaya sedikit banyak akan meringankan hati. Berbagai bentuk motivasi membuat kamu tidak merasa sendirian menghadapi situasi yang memberatkanmu. Sekadar berhaha-hihi dengan humor ringan pun dan dapat meredakan tekanan yang ada. Masalah yang sedang kauhadapi akan lebur dan tak jarang setelah itu kamu mendapatkan pencerahan, bahkan mendapatkan bantuan secara nyata.



Nah, Agan dan Sista, pengalaman berharga akan banyak kaudapatkan dengan menjalani hidup berkomunitas. Hari-hari pun menjadi lebih serudan menyenangkan dengan saling memberikan manfaat pada orang lain, sembari kamu mewujudkan hal yang dicita-citakan.


Referensi: Opini pribadi; 1
Ilustrasi: Pixabay
Diubah oleh elvici 04-09-2021 22:13
abellacitra
royani1975
indahmami
indahmami dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.6K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan