YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Berkomunitas Sekaligus Menjaring Peluang Bisnis? Bisa Banget, Guys!




Selamat sore Gansis, apa kabar hari ini? Semoga selalu bahagia di manapun berada

Manusia pada dasarnya memang diciptakan untuk bersosialisasi. Bertemu dengan orang-orang baru yang tergabung dalam berbagai komunitas sudah tentu menjadi hal yang seru dan mendatangkan banyak manfaat. Dalam berkomunitas, kita bisa menemukan orang-orang dengan minat yang sama, saling berbagi dan saling suport satu sama lain. Dan tahukah kalian bahwa dengan bergabung dalam sebuah komunitas juga bisa sekaligus menjadi ladang bisnis? Kok bisa?

Simak pemaparan ane tentang manfaat apa saja yang bisa didapat dengan berkomunitas berikut ini!




1. Memperluas Pertemanan

Tak dapat dipungkiri, Gansis, dengan mengikuti komunitas, kita bisa menemukan teman-teman baru yang tentu tidak sedikit. Orang-orang tersebut bisa datang dari berbagai kalangan, berbagai daerah, berbagai latar belakang, bahkan berbagai karakter. Menjalin pertemanan dengan banyak orang sudah tentu bermanfaat banget, Gansis, salah satunya adalah menjaga silaturahmi dan memupuk solidaritas antar anggota.


2. Memperluas wawasan

Tiap-tiap anggota dalam sebuah komunitas pasti memiliki pengetahuan yang berbeda-beda. Di sini kita bisa saling berbagi informasi satu sama lain, yang secara tidak langsung memperluas wawasan kita. Kita bisa menemukan hal-hal baru yang awalnya asing dalam kehidupan sehari-hari kita.




3. Belajar Toleransi

Meski memiliki kegemaran yang sama, dalam sebuah komunitas mau tak mau pasti menemukan perbedaan, entah itu agama, suku atau latar belakang. Di sini, kita bisa belajar menghargai keberagaman itu dengan tidak mengungkapkan pendapat yang bisa menyinggung mereka.


4. Memupuk Rasa Percaya Diri

Jika seseorang terus berdiam diri di rumah, tanpa berkomunikasi atau bersosialisasi dengan siapapun, terkadang bisa tumbuh menjadi orang yang tertutup. Dengan berkomunitas, perlahan mereka bisa membuka diri, berani mengungkapkan pendapat dan sebagainya. Rasa percaya diri kian tumbuh karena menyadari banyak orang yang mendukungnya.


5. Menjadi Ladang Bisnis



Salah satu dari sekian banyak keuntungan yang bisa diambil dalam berkomunitas adalah memperluas jaringan bisnis. Contoh sederhananya, jika kebetulan sedang berjualan, kita bisa sekalian share produk-produk kita kepada sesama anggota komunitas. Siapa tahu dapat pelanggan baru, ya kan?

emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel


Nah, Gansis, itulah tadi sedikit dari sekian banyak keuntungan dalam berkomunitas menurut ane. Tentunya ada banyak hal lain yang bisa didapatkan selain dari yang ane sebutkan di atas.

Berkomunitas memang seru dan banyak tantangan karena harus bisa menyatukan banyak kepala di dalam wadah yang sama. Apapun itu, ambil segala hal positif di dalamnya, dan buang mudharatnya.

Terima 2C(Cendol dan Cinta)emoticon-Wowcantik


Penulis : Tikus Kecil, Member of BBB
Ilustrasi : Pixabay


sriwijayapuisis
abellacitra
mayyarossa
mayyarossa dan 35 lainnya memberi reputasi
36
4.1K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan