alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7331fbb8408847c534f0b3/ternyata-ini-lho-penyumbang-devisa-negara-indonesia-no2-bikin-bangga

Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga

Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga




Apa saja penyumbang devisa Indonesia setiap tahunnya?.Mungkin gansist sekalian penasaran, apa saja pemasukan negara kita ini.Tentunya hal ini sangat penting karena devisa adalah tonggak stabilitas ekonomi suatu negara.Devisa sendiri adalah kumpulan valuta asing yang dipakai untuk membiayai segala transaksi perdagangan di dunia internasional.

Dengan fungsinya yang sangat penting,tak heran indonesia berusaha memalsimalkan segala sektornya untuk meningkatkan devisa negara


Sumber-sumber devisa negara



1.Kelapa sawit

Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga



Kelapa sawit memang produk primadona negri ini yang harus terus dipelihara.Indonesia adalah produsen kelapa sawit terbesar di dunia dan produsen karet no.2 terbesar di dunia

Yang perlu didorong adalah agar terjadi kenaikan produktivitas kelapa sawit per hektar.Saat ini produktivitas kelapa sawit adalah 20 ton per hektar idealnya bisa naik 30 ton



2.Pariwisata


Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga

kekayaan alam dan budaya Indonesia menjadi peranan penting dalam menarik wisatawan ke Indonesia. Makin banyak yang berkunjung, maka akan semakin besar sumbangan devisa yang diberikan dari sektor ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa pariwisata adalah core bisnis bagi Indonesia

contohnya Pulau bali,Raja ampat,candi Borobudur,Danau toba dan lainnya

Destinasi wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung,Bahkan banyak sekali wisatawan-wisatawan asing yang berkunjung


3.Gas dan minyak


Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga



Minyak dan gas merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan devisa negara.Walaupun tahun ke tahun cadangan minyak dan gas terus berkurang tapi sektor ini masih bisa menyumbangkan devisa yang besar bagi negara indonesia.



4.Tekstil


Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga




Kementrian perindustrian terus berupaya meningkatkan kinerja industri tekstil dan produk tekstil dalam negri karena merupakan salah satu sektor yang diprioritaskan pengembangannya untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional.Kemenperin mencatat industri tekstil mampu menyumbang devisa negara sebesar USD 11,87 miliar atau 8,2% dari total ekspor nasional pada tahun 2016.Sementara itu,nilai ekspor sektor ini pada periode januari-mei 2017 sekitar USD5,11 juta atau naik 3,40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebeiumnya.



5.Hasil hutan kayu

Ternyata ini lho penyumbang devisa negara indonesia no.2 bikin bangga


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan optimistis ekspor produk kayu nasional akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengatakan dalam tahun-tahun terakhir ekspor produk kayu nasional cenderung mengalami peningkatan, misalnya pada 2012 sebesar 6 miliar dolar AS meningkat menjadi 11 miliar dolar AS pada 2017.
Hasil kayu yang diekspor diantaranya adalah
Kayu jati,Rotan,Kayu meranti,Damar,Kayuulin,Bambu,Kayu sengon,Minyak kayu putih.Kayu agathis atau alba,Kapur barus.




Tentunya masih banyak lagi penyumbang devisa negara Indonesia.

Marilah kisa sama-sama mendoakan negara kita ini menjadi negara maju,negara yang bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya,negara yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman terhadap rakyatnya.

#akucintaindonesia

sumber: okezone.com kemenperin.go.id Gapki.id paspimonitor.or.id
profile-picture
profile-picture
GutSchreiben dan tepsuzot memberi reputasi
Diubah oleh yogimadestra
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Chotto matte.

Soal 5, ini yang jadi contentious. Juga 1, karena nggak jauh beda.
Apesnya kita, punya negeri dengan hutan besar. Kita punya tanggung jawab akan hutan tersebut. Sekarang, eksploitasi hutan itu satu hal yang cukup panas, karena nggak bisa dipungkiri kalau Bumi memerlukannya.
To not be fair, negara2 barat juga suka maksain kita forestasi tanpa bisa investasi (contohnya di nomor 1 yang makan lahan), makanya ada masalah soal sawit, padahal mereka sendiri kaga mau.

Pelik, masalah etis ekologis....



Setidaknya poin 2 dan 4 ga perlu pusing dengan dilema etis yang sama. Jadi teruskan!
Ane kadang2 lihat bule jalan2 di BDG juga, teruskan.
profile-picture
profile-picture
nicky123 dan yogimadestra memberi reputasi
Diubah oleh lupineprince
Minyak mentah dikirim abis diproses oleh luar negri, dibeli lagi ? emoticon-Big Grin
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Dulu gw pernah bilang, gak salah kalo joko fokus ngembangin pariwisata, potensinya gede, asal jaga keamanan dan kebersihan, dijamin maju
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post p.star7
Quote:


yang susah itu menjaga

mental 62 itu mental tangan usil

emoticon-Cool
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Oke lah
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Still waiting (progress) :

BBM berbahan bakar minyak sawit nabati (bio diesel) !
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan yogimadestra memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post softcoreman
Quote:


Mau lebih berkurang lagi hutan kita? Gersang jd sawit semua?
Minyak nabati dibakar tetep sama2 jd karbon dan penyebab global warming, makin parah krn hutan jg berkurang.
emoticon-Hammer2
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
tapi kenapa gelar pahlawan devisa itu TKI?
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hasil hutan kayu.. harus dihilangkan dri penyumbang devisa terbesar
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Rijik di ekspor n ga balik2 ga jd devisa ??

emoticon-Bingung
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
bali itu sumbang devisa pariwisata untuk indonesia

profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
subannalloh emoticon-EEK!
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Cukai Rokok termasuk gan ,Rp77,7 triliun Untuk bulan agustus kemaren
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Sayang industrinya melempem krn orang kita emang krng kreatif. Korek api ,silet sm jarum aja import dr eropa....

Cm nasbung doang yg triak2 anti import tp kerjaannya cm nongkrong siang malam pke sarungan. Akhirnya ga bikin produk apa2......
Mubazir doang tenaganya nasbung. Kerja ogah klo demo nmr satu......
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Quote:


iya gan termasuk, ane lupa gk ketulis tentang cukai roko nya😅,lain kali ane masukin.


Quote:


Saingan ama Malaysia (sawit aka tandan buah segar) dan karet.

Malaysia juga lobby ke Europ utk produk BBM nabati boo diesel dari tandan buah sawit.

Disamping market raksasa Mainland yg juga menerima sawit nya Indo dan Malay.

profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Diubah oleh softcoreman
Balasan post haf2
Quote:


@haf2

justru konversi ke BBN itu sebenarnya wayout Indonesia dari sawit trap over supply secara jangka panjang
Banned Eropa itu cuma jangka pendek aja, jangka panjangnya produk sawit mulai tersaingi oleh biji bunga matahari yg katanya lebih ramah lingkungan emoticon-Embarrassment

lahan untuk sawit di Indonesia sudah terlanjur raksasa sampai puluhan juta hektar eksisting saat ini, dengan produksi juga puluhan juta ton emoticon-Amazed
dengan kondisi sebesar itu kalau perlahan atau tiba2 tak laku lagi baik akibat banned importir atau kalah dr biji matahari akan runyam...
makanya Pemerintah mencoba mencari substitusi hasil produksinya yg bisa menyerap dalam jumlah sangat besar emoticon-Smilie

sapa tau kan kelak kalau sudah berhasil program B100 dari sawit ini, lalu BBN nya d kasih aditif sesuai pesanan pengemudi, misalnya rasa ikan asin, dan pengemudi serta penumpang d belakang truk pake aditif ikan asin ini bakalan jadi kelaparan mencium polusinya emoticon-Ngacir
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
semua nguras SDA... SDM (teknologi) tidak ada... bangsa katrok ya gini..
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
perkiraan ane harga sawit akan terus menurun, dikarenakan uni eropa telah melarang biodiesel dr sawit, dan terbukti sampai sekarang harganya msh jatuh
tki sepertinya juga masuk ya gan emoticon-Embarrassment
profile-picture
yogimadestra memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di