Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uratkumbangAvatar border
TS
uratkumbang
Kecanggihan Sophia, Robot yang Akan Ngobrol dengan Jokowi



Jakarta - Robot canggih Sophia bakal hadir dalam seminar internasional bertajuk 'Harnessing Frontier Technologies: Redesigning National, Regional and Global Architecture' pada 16-17 September 2019 di Indonesia.

Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengatakan, pihaknya bakal mengundang Presiden Joko Widodo untuk mewawancarai robot yang bisa bicara itu. "Kita harap Presiden Jokowi akan bercakap-cakap dengan Sophia," kata dia dalam keterangan yang diterima detikcom.

Sophia diciptakan oleh perusahaan Hong Kong bernama Hanson Robotics dan dapat menampilkan lebih dari 50 ekspresi wajah. Ia 'dilahirkan' alias aktif pada tanggal 14 Februari 2016. Semenjak itu, ia sering diliput media global dan sering tampil dalam event penting.

Wajah Sophia dibuat berdasarkan muka aktris tenar di masa silam, Audrey Hepburn. Ia dikenal luas karena penampilan, ekspresi mirip dengan manusia serta mampu berkomunikasi. Teknologinya memakai kombinasi artificial intelligence, pemroses data visual dan pengenal wajah.

Sophia dapat menjawab pertanyaan tertentu, bahkan mengobrol walau topiknya harus ditetukan dahulu. Ia memakai teknologi pengenal suara dari induk Google, Alphabet, dan didesain bertambah pintar secara mandiri.

"Kamera yang ada di mata Sophia dikombinasikan dengan komputer yang memungkinkannya untuk melihat. Ia bisa mengikuti wajah, menatap mata dan mengenali individu. Sekitar Januari 2018, Sophia di-upgrade kakinya untuk berjalan," begitu informasi mengenai Sophia.





Detikcom berkesempatan langsung berbincang dengan Sophia di sela perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.
"Halo Sophia, apa kabar?" tanya detikcom. Ia pun menjawab, "Kabar saya baik sekali, dan sangat menikmati Barcelona."

Kemudian obrolan pun berlangsung dengan berbagai macam tema. Mulai dari tempat lahir Sophia, makanan favorit di Barcelona, dan hingga hal receh lainnya.

"Sophia, apakah kau bisa memberikan para pengunjung di depanmu ini sebuah senyuman?" ujar detikcom.

Ya tentu saja, tetapi coba berikan senyuman terbaikmu dulu ke mereka," kata Sophia balik meminta ke detikcom.

Setelah itu, meski dengan mimik yang masih 'aneh', Sophia memberikan senyuman terbaiknya ke deretan pengunjung booth yang penasaran dengannya.

Dalam kesempatan lain, Sophia berkomunikasi untuk membahas isu yang lebih berat dengan pengunjung. Yaitu mulai dari isu apa itu 5G, bagaimana dia melihat hubungan robot dengan manusia ataupun membahas dengan soal intelligent connectivity yang menjadi tema besar MWC 2019.


Sumur: https://m.detik.com/inet/science/d-4...kowi/2/#search


Waaah,,keren ya gan..

emoticon-Cool
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan