Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilafitAvatar border
TS
ilafit
Keep Tolerance! No Rasism!
Keep Tolerance! No Rasism!

Menurut kalian, rasisme itu apa sih? Kenapa orang melakukan rasisme? Padahal rasisme adalah perbuatan yang buruk.

Menurut saya sendiri, rasisme adalah dimana seseorang atau sekelompok orang yang tidak mengedepankan toleransi dalam hal apapun, dan selalu bertindak diskriminasi terhadap seorang lainnya. Padahal Indonesia berpegang teguh pada "Bhinneka Tunggal Ika" yang berbunyi walau berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Maksudnya, walau terdapat perbedaan pendapat, ras, warna kulit, adat, budaya, dan lain-lain namun saling menghormati satu sama lainnya. Memang pada dasarnya setiap manusia harus saling bertoleransi.

Seperti kasus yang baru-baru ini viral, dimana salah satu kota di Indonesia terdapat rasisme. Baca selengkapnya disini

Saya sendiripun pernah mengalami hal yang serupa. Dimana dalam pertemanan tentu ada perbedaan, namun perbedaan justru membuat kita semakin mempererat tali silaturahmi. Nyatanya tidak begitu. Hanya karena perbedaan selalu menjadi bahan bullyan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tidak terjadi rasisme atau diskriminasi:

1. Berteman apa adanya

Sesama manusia tentu tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh pertolongan satu sama lain. Berteman tanpa pandang fisik, tanpa pandang perbedaan, yang penting berteman dengan tujuan mempererat tali silaturahmi. Jika kamu berteman apa adanya pasti kamu menerima temanmu apa adanya, saling menjaga, saling mendukung dan memotivasi. Itulah teman yang baik.

2. Berpegang teguh pada ajaran agama dan toleransi

Jika kamu berpegang teguh pada toleransi dan ajaran agama, maka kamu tidak akan mendikte orang lain hanya karena berbeda denganmu. Kamu akan sadar, bahwa mendikte orang lain bukanlah hal yang baik. Karena kamu akan berfikir, bagaimana jika yang mengalaminya itu kamu? Tentu sakit, bukan.

3. Menjaga perkataan

Setiap ucapan yang keluar dari bibir kita tanpa disangka dapat menjadikan panah untuk kita sendiri. Tanpa sadar kita berucap hal yang buruk pada orang lain sehingga menyakiti perasaannya. Jika kita berusaha menjaga perkataan dengan baik, dalam berucap berhati-hati maka tidak akan terjadi hal seperti itu. Bagaimana caranya menjaga perkataan? Dengan beristighfar, membiasakan diri berucap hal-hal yang baik.

Quote:


Sumber: opini pribadi
Diubah oleh ilafit 08-01-2021 04:06
anasabila
swiitdebby
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
567
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan