alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7171eae83c723e407e8196/beberapa-fakta-unik-bendera-negara-negara-di-dunia

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang beberapa fakta unik bendera negara-negara di dunia.

emoticon-I Love Indonesia

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera negara-negara di dunia.
Gambar: wordflagshop.com

Bendera adalah sepotong kain yang umumnya berbentuk segi empat yang menjadi lambang negara atau panji-panji sebagai simbolisme dan identifikasi.

Biasanya sering digunakan sebagai lambang kedaulatan negara yang terinspirasi dari keadaan alam, sosial, politik, budaya, dan sejarah negara yang bersangkutan. Ada banyak bendera negara-negara di dunia yang beberapa di antaranya memiliki fakta menarik GanSis. Apa sajakah? Ini dia!

emoticon-I Love Indonesia

Bangladesh
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Bangladesh.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang logo bulatnya gak di tengah, tapi agak ke kiri. Alasannya biar saat berkibar terlihat berada di tengah. Kocak ya GanSis.



Denmark
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Denmark.
Sumber: wikipedia.com

GanSis bendera Denmark adalah bendera tertua yang masih digunakan sampai saat ini karena gak pernah diganti sejak tahun 1219. Tua banget ya GanSis. Tahun segitu Majapahit saja belum berdiri.



Dominika
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Dominika.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang benderanya terdapat warna ungu. Kok aneh? Ya, soalnya zaman dulu warna ungu itu mewah GanSis. Biang pewarnanya langka dan sangat mahal yaitu dari bekicot langka yang hanya ada di daerah tertentu di Afrika. Makanya coba ada gak bendera negara-negara di dunia yang menggunakan warna ungu selain Dominika? Gak ada kan. Dominika pun menggunakan warna ungu baru sekarang saja, gak sejak dulu saat biang pewarna ungu masih mahal.



Filipina
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Filipina saat masa damai.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Filipina saat masa perang.
Gambar: wikipedia.com

Warna aslinya posisi biru ada di bagian atas, tapi ketika dalam kondisi perang warna merah bertukar posisi menjadi di atas. Unik kan GanSis. Alasannya karena warna biru berarti perdamaian, sedangkan warna merah berarti patriotisme dan keberanian. Tinggal bolak-balik posisi atas-bawah kalau damai atau perang.



Indonesia-Monako, Chad-Romania, dan Belanda-Luksemburg
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Indonesia.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Monako.
Gambar: wikipedia.com

Keenam negara memiliki bendera yang kembar dengan negara lain. Indonesia dan Monako sangat mirip, hanya warna merah dan rasio yang berbeda. Warna merah Indonesia agak cerah, sedangkan Monako lebih marun. Secara rasio Indonesia 2:3, sedangkan Monako 4:5.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Chad.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Romania.
Gambar: wikipedia.com

Chad dan Romania juga sangat mirip, hanya warna biru yang berbeda. Warna biru Chad lebih gelap daripada Romania. Secara rasio mereka sama-sama 2:3.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Belanda.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Luksemburg.
Gambar: wikipedia.com

Belanda dan Luksemburg pun serupa, hanya berbeda warna dan rasio. Warna merah dan biru Belanda lebih gelap daripada Luksemburg. Secara rasio juga berbeda, Belanda 2:3 dan Luksemburg 3:5 atau 1:2.



Britania Raya
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Britania Raya.
Gambar: wikipedia.com

Bendera ini merupakan gabungan dari beberapa bendera lainnya: Inggris, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Perkembangan bendera nasional Britania Raya atau biasa disebut Union Jack.
Gambar: wikipedia.com



Iran
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Iran.
Gambar: wikipedia.com

Pada bendera Iran tertulis lafaz Allahu Akbar sebanyak 22 kali. Di bagian tengah juga berlambangkan kalimat Tauhid.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Tauhid pada bendera nasional Iran.
Gambar: wikipedia.com



Jepang
Pada tanggal 13 Agustus 1999, Jepang mengubah benderanya. Dari begini:

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Jepang sebelum perubahan.
Gambar: quora.com

Menjadi begini:

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Jepang setelah perubahan.
Gambar: wikipedia.com

GanSis melihat perbedaannya gak? Bingung?

emoticon-Leh Uga

Ane kasih tahu, ya.

Bendera lama merahnya butek, bendera baru merahnya cerah. Bendera lama agak sedikit ke kiri, bendera baru pas di tengah. Bendera lama gak bulat sempurna, bendera baru bulat sempurna.

Apa alasan Jepang mengubah benderanya? Perfeksionis (kesempurnaan). Jepang banget ya alasannya hahaha.



Libya era Khadafi
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Libya di era Muammar Khadafi.
Gambar: wikipedia.com

Selama 34 tahun di bawah kepemimpinan Kolonel Muammar Khadafi, bendera Libya hanya berwarna hijau tua. Ya, Cuma hijau tua doang GanSis. Gak ada motif apa-apa lagi. Sederhana banget, ya?



Moldova dan Paraguay
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Moldova tampak depan.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Moldova tampak belakang.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Paraguay tampak depan.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Paraguay tampak belakang.
Gambar: wikipedia.com

Cuma kedua negara ini yang memiliki bendera dengan sisi depan dan belakang yang berbeda.



Mozambik
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Mozambik.
Gambar: wikipedia.com

Satu-satunya negara di dunia yang benderanya terdapat lambang senapan serbu AK-47. Gahar ya GanSis.



Nepal
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Nepal.
Gambar: wikipedia.com

Bendera Nepal adalah satu-satunya di dunia yang gak berbentuk segi empat atau kuadrilateral. Lucu begitu kan bentuknya zig-zag hahaha.



Qatar
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Qatar.
Gambar: wikipedia.com

Cuma bendera Qatar yang menggunakan rasio 11:28, makanya bendera mereka terlihat sangat tipis memanjang ke samping.



Swiss dan Vatikan

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Swiss.
Gambar: wikipedia.com

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Vatikan.
Gambar: wikipedia.com

Cuma kedua negara ini yang sama-sama menggunakan rasio 1:1 untuk bendera nasional, makanya terlihat persegi/kotak.



Thailand
Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera nasional Thailand.
Gambar: wikipedia.com

Dulu bendera Thailand bukan merah-putih-biru-putih-merah GanSis, tapi gambar gajah.

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia
Bendera gajah.
Gambar: wikipedia.com

Pada suatu hari Thailand tertimpa badai topan. Saat Raja turun ke lapangan untuk mengecek keadaan rakyat, beliau melihat bendera gajah sudah terbalik gak jelas karena tersapu angin. Lalu beliau berinisiatif mencari desain yang kalau dibolak-balik atas bawah tetap mirip agar wibawa dan kehormatan negara tetap terjaga. Jadilah bendera yang sekarang yang kalau GanSis bolak-balik posisi atas-bawah bakal sama saja.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Beberapa Fakta Unik Bendera Negara-Negara di Dunia

Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
muntarzoon dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
akhirnya aku tahu emoticon-Smilie
Quote:

Semoga nambah wawasan Gan

emoticon-Big Grin
itu yang bangladesh kocak banget yak gan, emoticon-Ngakak tapi juga yang jepang cuma beda tone warna aja jadi merah terang yang tadinya gelap ke marun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Emang kocak katanya biar pas berkibar kelihatan di tengah. Mana ada alasan begitu hahaha. Ya Jepang juga kocak, banyak memenya

emoticon-Leh Uga
Quote:


Ane Malah Lebih Suka Yang Ini emoticon-Cool

Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Nippon Kaigun

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan comrade.frias memberi reputasi
Quote:


Iya Dong, Gerakan 3A Nippon
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:

Ini bendera suka dipake suporter Jepang kalo Korea Selatan bertandang.

Tensi rivalitas mereka mirip kaya kita sama Malaysia, bedanya mereka lebih beradab

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayu13k dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Namanya Juga Tetangga emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mengeja memberi reputasi
Quote:

Kaya sendok garpu ya, kalau deket berisik. Kalau jauh2an gak ada suaranya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan comrade.frias memberi reputasi
Quote:


Contohnya Korea sama Jepang Sekarang Lagi Ribut emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mengeja memberi reputasi
Quote:

Niru2 perang dagang AS-Tiongkok

emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan comrade.frias memberi reputasi
Quote:


iya tuh udah hampir saling baku hantam emoticon-Ngakak
profile-picture
mengeja memberi reputasi
Ane kira ada bendera polandia emoticon-Hammer (S)
profile-picture
mengeja memberi reputasi
Quote:

Sampe pabriknya pindah ke Vietnam semua, eh Pakdhe ngambek

emoticon-Betty

Quote:

Emang bendera Polandia kenapa? Mirip sama Indonesia ya Gan, tinggal dibalik doang

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan wolfzmus memberi reputasi
Quote:


Kan pernah kontrofesial gitu pas pemenang lomba lari emoticon-Leh Uga
profile-picture
mengeja memberi reputasi
Quote:

Baik ya dipinjemin bendera

emoticon-Leh Uga
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
Quote:


efek buruknya satu kena, semua kena emoticon-Ngakak


Quote:


setau ane beda ukuran sama warna merahnya, kalau dulu sewaktu masih jadi polish-lithuanian ditengah benderanya ada lambang burung
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mengeja memberi reputasi
Diubah oleh comrade.frias
Quote:

Kaya peribahasa gajah vs gajah, pelanduk mati di tengah hahaha.

Serius emang Polandia sama Lithuania pernah gabung?

emoticon-Bingung
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Quote:


tapi aku lebih suka singa emoticon-Betty

Quote:
iya pernah mirip sama austria - hungaria dulu gabung sekarang pecah
profile-picture
mengeja memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di