Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kolam.nalarAvatar border
TS
kolam.nalar
Benny Wenda, Inilah Dalang di Balik Kerusuhan Papua
Benny Wenda, Inilah Dalang di Balik Kerusuhan Papua

Kerusuhan yang menjalar di beberapa kota di Papua dan Papua Barat dalam beberapa pekan ini ternyata memiliki aktor intelektual. Dalang di balik kerusuhan ini menginginkan Papua pisah dengan NKRI.

Menariknya, dalang kerusuhan itu diduga kuat tidak tinggal di Indonesia, melainkan ada di luar negeri.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian membenarkan ada keterlibatan pihak asing yang dalam serangkaian kerusuhan di Papua. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, membenarkan hal itu dan menyebut tokoh Papua, Benny Wenda.

Menurutnya, Benny Wenda ini yang melakukan mobilisasi diplomatik, mobilisasi informasi yang tidak benar dari Australia dan Inggris.

Peristiwa ricuh di Papua merupakan persoalan politik dan tak bisa diselesaikan dengan pendekatan militer. Pemerintah dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan otoritas Inggris terkait keterlibatan Benny Wenda yang telah melakukan pergerakan politik di luar dan dalam negeri.

Senada dengan Moeldoko, Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon, juga menyebutkan nama Benny Wenda sebagai tokoh di balik kerusuhan yang terjadi di Papua akhir-akhir ini.

Kader PDI-P itu beranggapan, kerusuhan di Papua berkaitan dengan pergerakan politik yang dilakukan kelompok Pembebasan Papua Barat (ULMWP) yang dipimpin Benny Wenda.

Yang pasti, rangkaian insiden rusuh yang bermula dari tindakan represif polisi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, telah didesain untuk menciptakan kerusuhan.

Isu Papua Barat merdeka ini akan terus digelorakan, bahkan hingga dunia internasional, melalui argumen pemerintah melakukan tindakan represif dan rasisme terhadap warga Papua.

Inilah yang harus diwaspadai bersama. Jangan sampai kita dipecahbelah oleh adu domba kelompok yang menginginkan Papua berpisah dari NKRI.
0
738
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan