goldjempolAvatar border
TS
goldjempol
Anies Baswedan Juga Ingin Buat Kolam di Gedung Eks Pemerintah
TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membulatkan tekad untuk menambah ruang terbuka hijau dari gedung-gedung pemerintahan yang ditinggalkan jika rencana pemindahan ibu kota terealisasi. Bahkan, Anies pun ingin menambah kolam di kawasan gedung-gedung yang ditinggalkan itu.

"Kami berharap bahwa salah satu rencana pemanfaatan (gedung pemerintah) bukan untuk ruang terbuka hijau saja, tapi juga ruang terbuka biru," kata Anies di Gelanggang Olahraga Matraman, Jakarta Timur, Rabu, 28 Agustus 2019.

Ruang terbuka biru yang dimaksud Anies adalah taman dan kolam air. "Kami berharap bisa terjadi (terbangun)," kata dia.

Presiden Joko Widodo menetapkan lokasi ibu kota baru akan berada di wilayah Kalimantan Timur. Hal ini dipastikan dalam konferensi pers yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus 2019. "Hasil kajian menyimpulkan bahwa lokasi pusat pemerintahan baru yang ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.

Menurut Anies, pemanfaatan gedung-gedung yang bakal ditinggali untuk penghijauan penting untuk Jakarta. Namun, kata dia ,tidak semua gedung bisa dimaksimalkan untuk menambah ruang hijau di ibu kota. "Kami berharap sebagian dari fasilitas itu bisa dirasakan publik," ujarnya.

Meski begitu, Anies mengatakan saat ini pemerintah DKI belum mendengar tahapan perpindahan ibu kota. Anies menyatakan perlu mendengar langsung persiapan dan tahapan perpindahan ibu kota.

Selain itu, menurut Anies, saat ini masih terlalu dini mendiskusikan tentang pemanfaatan fasilitas di Jakarta. Sebab, kota yang ditunjuk menggantikan DKI pun belum ada pembangunan gedungnya. "Dan kita belum tahu urutan perpindahnnya seperti apa," kata Anies.

Menurut Anies Baswedan, dengan pemindahan ibu kota maka DKI bakal memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Sebab, dengan adanya pemindahan ibu kota tersebut bisa dipastikan akan ada pembangunan tambahan di Jakarta. "Karena fasilitas yang dipakai untuk kegiatan komersial akan meningkat. Perkantoran bisa bertambah," kata dia.

muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
-1
1.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan