fanidityaAvatar border
TS
faniditya
Tips Berkendara Ramah Lingkungan untuk Mengurangi Polusi Udara
Salah satu cara untuk melestarikan lingkungan sebagai pengendara kendaraan bermotor adalah dengan berkendara secara ramah lingkungan atau Eco Driving. Cara ini efektif untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien dan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. 

Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi produksi polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan Anda. Berikut beberapa cara berkendara ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan.

Pilih Bahan Bakar Minyak Beroktan Tinggi

Cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk berkendara ramah lingkungan. Menggunakan bahan bakar minyak beroktan tinggi memiliki pembakaran yang sempurna, antara kompresi tinggi dengan oktan tinggi sehingga emisi gas buang yang dihasilkan tidak terlalu berbahaya. Selain dapat lebih ramah lingkungan, menggunakan bahan bakar minyak beroktan tinggi juga dapat memelihara mesin mobil Anda agar lebih awet dan memiliki kinerja yang optimal.

Tidak Agresif Ketika Mengemudi

Jika Anda berkendara terlalu agresif, dijamin bensin Anda akan terbuang dengan percuma. Konsumsi BBM Anda juga akan lebih boros hingga 33% di jalan tol dan 5% jika Anda berkendara di dalam kota.

Daripada berakselerasi dengan cepat kemudian menekan rem, lebih baik Anda melajukan kendaraan secara perlahan. Cara itu selain dapat menghemat konsumsi BBM juga dapat menghindari Anda dari kecelakaan dan mengurangi polusi udara agar lebih ramah lingkungan.

Merencanakan Rute Perjalanan

Ada baiknya Anda  merencanakan rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memutuskan mengemudi mobil termasuk jarak tempuh dan kepentingan berkendara. Selain itu, saat memarkirkan mobil hindari untuk membiarkan mesin dalam kondisi menyala terlalu lama. Ada baiknya untuk mematikan mesin saat berhenti lebih dari 10 menit karena secara tidak langsung akan mengurangi produksi polusi dari kendaraan Anda dan lebih ramah lingkungan.

Gunakan AC Mobil dengan Bijak

Menjaga kondisi mesin mobil tetap dalam suhu dingin secara tidak langsung akan membuat mobil lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Salah satu cara untuk menjaga kondisi suhu mesin mobil tetap dingin adalah dengan menggunakan AC mobil dengan bijak.

Hindari menggunakan AC mobil dengan suhu maksimal karena dapat membuat mesin harus bekerja lebih keras yang mana akan menyebabkan bahan bakar minyak yang diperlukan juga akan lebih banyak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk berkendara secara ramah lingkungan. Selain dapat menjaga lingkungan dan membantu mengurangi polusi udara, cara tersebut juga dapat mengakali kemacetan dan mencegah kecelakaan di jalan raya karena telah antisipatif menghadapi segala kemungkinan. 


Diubah oleh faniditya 23-08-2019 08:17
miamia87
ziont
ziont dan miamia87 memberi reputasi
2
1.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan