srahayudesAvatar border
TS
srahayudes
Penyebab Pendidikan Di Indonesia Belum Maju, Menurut Versi Ane!



Quote:



Jangan lupa di rate 5 ya..emoticon-Malu





Penyebab Pendidikan Di Indonesia Belum Maju, Menurut Versi Ane!






1. Standar Pendidikan Yang Kurang

Quote:


Kalau menurut ane kualitas/standarisasi pendidikan di Indonesia saat ini sangatlah kurang. Dimulai dari sekolah yang masih belum memenuhi standar seperti kurangnya perhatian pemerintah untuk ruangan kelas yang kurang layak. Lalu, meratakan fasilitas-fasilitas penting yang ada disekolah seperti laboratorium, perpustakaan, atau lainnya. Bahkan rute ke sekolah yang jarak tempuhnya sangat jauh ditempuh untuk orang-orang yang di pedalaman. Hingga kemampuan tenaga pendidiknya yang masih jauh dari harapan. Seharusnya pendidikan ini menjadi perhatian khusus dan harus di perjuangkan, karena dengan adanya pendidikan generasi penerus bangsa ini akan menjadi bangsa yang hebat dan bisa maju dimasa depan.

2. Penyeragaman Minat Siswa

Quote:


Sekolah memang wajib menggunakan seragam GanSis agar tidak membedakan siswa satu dengan lainnya. Tapi, menyeragamkan minat siswa itu adalah sebuah kesalahan yang fatal. Mengapa di bilang kesalahan yang fatal, karena menurut ane setiap manusia yang lahir di dunia ini memiliki unique senseyang berbeda-beda. Tentunya, para pelajar di Indonesia pun memiliki minat dan bakat yang berbeda. Sebagai contoh, Budi selalu mendapatkan nilai 100 untuk pelajaran Matematika, tapi tidak dengan Ani yang selalu mendapatkan nilai rendah untuk pelajaran tersebut. Akan tetapi di pelajaran Bahasa Inggris Ani bisa lebih unggul ketimbang Budi. Tentunya si Budi dan si Ani ini memiliki minat yang berbeda, tapi di Indonesia itu sendiri memiliki aturan pendidikan yang mewajibkan setiap siswanya untuk dapat menguasai semua mata pelajaran. Duh... Padahal kan kalau di ibaratkan kita tidak bisa memaksa Ikan untuk tinggal di daratan dan tidak bisa memaksa gajah untuk tinggal di dalam aquarium.


3. Kuantitas Bukan Kualitas

Quote:


Hmmm.. yang satu ini juga harusnya sangat perlu di perhatikan, mengingat banyak para pelajar yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan nilai tinggi, bahkan menggunakan cara yang curang/licik. Seharusnya, standar pendidikan di Indonesia itu tidak diukur dengan kuantitas (nilai) itu sendiri, akan tetapi kualitas diri itu lebih penting dari apapun. Jika nilai tidak menjadi persoalan penting, mungkin para pelajar akan lebih tertarik untuk mencari tahu sendiri tentang apa dan pelajaran apa yang mereka sukai. Di dunia ini juga memiliki banyak profesi, orang pintar tak mesti harus menjadi dokter atau ilmuan, tapi kita juga memerlukan arsitek, petani, pedagang, dan lainnya.


4. Ujian Nasional Yang Menakutkan

Quote:


Pasti Ujian Nasional ini menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh siswa di Indonesia, bagaimana tidak kalau 3tahun belajar hanya ditentukan dengan 3hari saja. Sungguh tidak lucu jika ada siswa yang tidak lulus UN karena nilai yang kurang memenuhi standar. Seharunya Ujian Nasional tidak menjadi standar kelulusan untuk para siswa. Karena masih banyak para siswa yang menggunakan cara curang agar nilai terlihat bagus. Padahal kan, untuk apa nilai bagus kalau ternyata tidak mengerti dan tidak dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.



Lalu bagaimana solusinya? Menurut ane adalah pemerintah harus bisa merubah poin-poin yang ane tulis diatas dan yang lebih penting pemerintah harus memperhatikan tenaga pendidik terutama guru honorer yang masih belum terperhatikan. Bagaimana kualitas pembelajaran di Indonesia bisa lebih baik jika tenaga pendidiknya pun tidak di perhatikan. Pemerintah juga harus membangun sekolah-sekolah baru di daerah terpencil yang kualitasnya sama dengan yang di kota-kota besar. Karena menurut ane sekolah di Indonesia ini masih belum merata untuk segi fasilitasnya.

Terakhir, pendidikan di Indonesia akan berkembang jika pelajar di Indonesia juga dapat memperbaiki diri sendiri. Meskipun mendapat nilai jelek, janganlah berkecil hati. Hargailah sebuah proses, jauhi perbuatan-perbuatan curang untuk mendapatkan nilai tinggi. Pada akhirnya yang dibutuhkan sebenarnya adalah bukan nilai yang tinggi tapi rasa ingin tau dan rasa mau untuk mempelajarinya.

Kalau diurutkan memang permasalahan pendidikan di Indonesia ini banyak yang harus di benahi dan memang cukup rumit. Oleh karena itu, yuk kita bersama-sama memulai memperbaiki kualitas diri agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik. Karena pendidikan adalah untuk mempertajam kecerdasan. Agar Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh dunia.




Sekian thread dari ane, semoga bermanfaatemoticon-I Love Kaskus (S)

Jika GanSis ada tambahan opini mengenai pendidikan di Indonesia yang masih belum maju yuk taro di kolom komentar emoticon-Request



Sumber :
- Opini & Pengamatan Pribadi
- Gambar Google






Diubah oleh srahayudes 16-08-2019 02:44
jonesforyou
jonesforyou memberi reputasi
1
688
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan