Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Wakuliner.Avatar border
TS
Wakuliner.
Resep Membuat Nasih Gurih
Resep Membuat Nasih Gurih

Siapa sih yang tidak suka nasi gurih? Sebagaian besar orang menyukai nasi gurih karena rasa gurih yang tercampur di dalam nasi. Tidak seperti nasi pada umumnya yang sedikit hambar, nasi gurih memiliki cita rasa tersendiri yang membuatnya lebih lezat. Bahkan, jika dimakan nasinya saja tanpa lauk sudah terasa lezat. Adapun yang membuat cita rasa gurih dalam nasi gurih adalah santan kelapa dan beberapa rempah-rempah seperti serai dan daun salam. 

Nasi gurih ini bisa kalian temukan dalam menu nasi uduk atau nasi bogana. Kalian juga bisa membuat nasi gurih sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Pengolahan nasi gurih juga tidak terlalu sulit, hampir sama seperti saat kalian memasak nasi putih biasa. Penasaran? Simak resep dan langkah pembuatannya seperti di bawah ini!

Bahan-Bahan

Siapkan bahan utamanya terlebih dahulu yaitu: santan kepala (400 ml), daun pandan (1 lembar), daun salam (1 – 2 lembar), daun jeruk (1 – 2 lembar), serai (1 batang), garam (secukupnya), beras (secukupnya). Siapkan pula bahan pelengkap seperti telur dadar, bawang goreng, ayam goreng, cabe merah goreng, tahu dan tempe bacem, sambal, dan sebagainya sesuai selera kalian. 

Langkah-Langkah Pengolahan

Setelah semua bahan siap, mari kita mengolahnya menjadi nasi gurih dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pertama, masaklah santan kelapa. Masukkan daun pandan (potong-potong ukuran sedang), tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai (memarkan). Tambahkan sedikit garam. Aduk rata sampai mendidih.

2. Selanjunya, saring santan yang kalian masuk tadi. Gunakan air santannya dan sisihkan rempah-rempah atau daun-daunnya.

3. Cuci beras sampai bersih, masaklah beras di rice cooker dengan air santan yang sudah kalian masak tadi. 

4. Tunggu sampai matang, sama seperti saat kalian memasak nasi putih biasa di rice cooker. Namun, biasanya masyarakat Jawa memasak nasi gurih dengan menggunakan alat masak tradisional seperti kuali atau panci. 

5. Jika sudah matang, maka nasi gurih siap disantap. Untuk menambah kelezatannya, siapkan nasi gurih dalam piring lalu tambahkan bahan pelengkap yang sudah kalian siapkan, seperti daging ayam goreng, telur dadar, tempe dan tahu bacem, bawang goreng, cabai goreng, sambal dan sebagainya sesuai selera. 

Mudahkan? Tertarik untuk mencoba sendiri? Selamat memasak. Nasi gurih cocok juga dijadikan menu sarapan yang lezat. Kalau di kantormu mengadakan acara pagi-pagi, kalian bisa memesan katering di Wakuliner menu nasi bogana untuk sarapan para karyawan. 

Platform katering online ini sudah terbukti kualitas makanannya, bahkan telah meraih penghargaan sebagai Best e-Commerce Startup se-ASEAN dalam ajang Rice Bowl Startup Awards tahun 2019. Wakuliner juga aktif dalam programnya yang bernama Wakupeduli (program peduli sosial terhadap kebutuhan gizi anak-anak). 

Tunggu apalagi, segera pesan nasi bogana untuk sarapan karyawan di perusahaanmu serta aneka minuman di Wakuliner melalui aplikasi. 

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi HP / WhatsApp : 0811 1738 777


Diubah oleh Wakuliner. 25-07-2019 09:00
royani1975
tata604
tata604 dan royani1975 memberi reputasi
2
441
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan