Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Anies: Soal Gabion Sudah Dijelaskan Kepala Dinas, Cukup
Anies Baswedan (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan tidak mau banyak berkomentar soal kontroversi Instalasi Gabion di Bundaran Hotel Indoensia (HI), Jakarta dari terumbu karang. Anies menilai, penyampaian oleh Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsitawati sudah cukup.

"Kepala dinas sudah menjelaskan tadi malam. Saya kira cukup," ucap Anies di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (26/8/2019). 

Anies pun enggan menjelaskan ulang kepada media. 

"Saya kira cukup," ucap Anies. 

Kontroversi itu bermula dari pemerhati lingkungan Riyanni Djangkaru yang mempersoalkan material instalasi gabion. Menurutnya, instalasi tersebut dibuat dari terumbu karang yang dilindungi.

Suzi Marsitawati kemudian memberikan bantahan. Dia menjelaskan, instalasi gabion tidak menggunakan material terumbu karang. Setelah dicek, lanjut Suzi, gabion dibuat dari batu gamping.

"Jadi menanggapi informasi selama beberapa hari ini tentang viral, penggunaan terumbu karang di instalasi gabion. Saya nyatakan itu tidak benar. Bahwa yang kita gunakan adalah batu gamping. Sesuai dengan konsep yang telah disiapkan oleh Dishut," kata Suzi di lokasi instalasi gabion, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/8).

Suzi mengatakan telah menerima masukan terkait gabion dari kalangan masyarakat seperti aktivis dan akademisi. Dia memaklumi kekhawatiran berbagai pihak soal dugaan instalasi gabion menggunakan terumbu karang.

"Oleh sebab itu kita mengevaluasi, bahwa semua masukkan masyarakat untuk kita, menjadi bahan evaluasi. Akhirnya semua kita evaluasi, semua bahan kita kumpulkan dan masukkan dari akademis, kemudian kita lanjut ke lokasi," jelas Suzi. 



(aik/mae)


SUMUR

0
985
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan