CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dosen Geologi UI: Instalasi Gabion Batu Gamping Terumbu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d632f088012ae0c7d72acf0/dosen-geologi-ui-instalasi-gabion-batu-gamping-terumbu

Dosen Geologi UI: Instalasi Gabion Batu Gamping Terumbu

TEMPO.CO, Jakarta - Dosen geologi FMIPA Universitas Indonesia (UI) Asri Oktavioni menjelaskan bahan yang digunakan dalam instalasi gabion di Bundaran HI itu bukan terumbu karang, melainkan batu gamping.

Setelah saya lihat, saya perhatikan ternyata itu batu. Batuan itu kita sebutkan batu gamping, batu gamping terumbu," kata Asri di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Ahad malam, 25 Agustus 2019.

Menurut Asri, batu gamping merupakan terumbu karang yang jutaan tahun lalu ada di laut, tetapi kemudian mati dan mengalami proses geologi yang disebut mineralisasi dan kristalisasi, kemudian menjadi batu. "Posisinya pun sekarang bukan di pantai, tapi di gunung,” ujar Asri.

“Kalau tahu penambangan di Tuban, di Lamongan, di Gresik (Jawa Timur), nah itu dia pemanfaatannya seperti itu. Dan sehari-hari pun dia dipakai untuk keramik. Kalau kalian ke mal atau ke hotel, itu kita bisa lihat dinding-dindingnya adalah batu yang sama dengan batuan ini," ujar Asri.

Cuma mungkin eksposurenya nggak segede gabion ini. Jadi orang-orang tidak sadar gitu, tapi sebenarnya ini batu komersial," imbuhnya.

Asri juga menjelaskan, batu gamping telah diperjualbelikan secara bebas. "Dan nggak ada melanggar konvervasi atau melanggar ekosistem dan segala macam. Jadi ini batu biasa yang sangat-sangat umum didapatkan di toko batuanlah," kata dia.

Ia menilai, pernyataan pemerhati lingkungan Riyanni Djangkaru bahwa batu yang dipakai pada instalasi gabion itu batu karang merupakan sesuatu yang keliru.

Saya sudah komunikasi dengan Mbak Riyanni. Mungkin karena beliau bidangnya di kelautan jadi yang beliau tahu adalah terumbu karang hidup. Nah awam sekali beliau tentang terumbu karang mati menjadi batu. Kurang tepat, tapi beliau sudah mau menerima masukan saya, mau belajar tentang geologi juga," katanya.

Riyanni Djangkaru sebelumnya mengatakan, bebatuan yang disusun menjadi instalasi gabion di Bundaran HI merupakan batu karang. Riyanni menyatakan itu setelah mengeceknya langsung di Bundaran HI.

"Pas saya dekati, kelihatan memang sebagian besar pola-pola skeleton karang itu terlihat cukup jelas. Kalau dilihat langsung, kita langsung ngeh," ujar Riyanni saat dihubungi, Sabtu, 24 Agustus 2019.

https://metro.tempo.co/read/1240178/...u/full?view=ok

Gagal maning son

Dosen Geologi UI: Instalasi Gabion Batu Gamping Terumbu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
150 juta.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
subannalloh emoticon-EEK!
Oo gitu ya pak dosen..

emoticon-Traveller
Anyinggggg, batu gamping terumbu - terumbu karang, ente dibayar brp koplakkk
emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan devi.jon memberi reputasi
giginye sharkmen yang membatu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Batu gamping harga berapa ya pak?
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
sudah-sudah jangan ngomongin batu. nanti tahu-tahu ada yg nyembah itu batu repot.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan devi.jon memberi reputasi
Diubah oleh Rasuna
hmmmmmm...
haeganya berapaan tuh?
butuh pembanding dr ahli geologi lainnya nih biar gamblang ga nanggung kaya argumen gini: " Batuan itu kita sebutkan batu gamping, batu gamping terumbu"
profile-picture
samradler memberi reputasi
Diubah oleh novran86ers
hmm. mungkin puing2 sisa reklamasi kali , umayan angkut nya gratis , tapi di anggarin jadi 125jt emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Kemarin minta maaf.. eh sekarang tiba2 nongol ahli geologi buat counter.. emoticon-Malu (S)

Gw kasih analogi deh.. iriana jokowi pake mantel bulu.. trus bilang.. material bulu hewan itu d ambil dari hewan yg sudah lama mati kok.. emoticon-Malu (S)

Wan abud ngerti esensinya ga ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
beli dimane tuh batu ya
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan chakim memberi reputasi
bikin gituan manfaatnya apa?

emoticon-Nohope
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Nice, nunggu jakarta tenggelam biar balik lg jd terumbu karang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
jadi udah clear ya... itu hasil karya ga melanggar peraturan sama sekali. Cuma kedepannya tolong buat pemerintah DKI buat cari tahu juga asal muasal karya tersebut, jangan kaya mau bangun rumah, tp ga tw itu rumah dibuat dari batu bata atau kayu.

cma masih pertanyaan sih, bener segitu harganya 150 juta?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Oh pantesan mahal
ternyata pakai fosil terumbu karang



emoticon-Ngacir
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
emoticon-Leh Uga batu gamping..rangka besi wermez +biaya pasang = 150.000.000....kalo ane yg dapet bisa jadi 100 gabion dgn harga segitu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
gabion untuk mempercantik taman.. indah tidak nya itu selera..
Quote:


Jadi rumpon ganemoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di