CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5b9e818012ae1a8f727523/quothorog-horogquot-kuliner-khas-bumi-kartini

"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini

"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini
Sumber gambar

Assalamualaikum

Hai, Agan dan Sista. Semoga sehat dan bahagia selalu. Trit kali ini, ane ingin memperkenalkan kuliner khas Bumi Kartini, Jepara Jawa Tengah. Karena kuliner ini sangat sulit ditemui di tempat atau daerah lain.

Dari namanya saja, mungkin selain yang pernah mencicipi atau tinggal di Jepara, bakalan asing di telinga, ya, GanSist. Makanan ringan ini terbuat dari tepung pohon aren. Bertekstur kenyal, berwarna putih bening, rasanya gurih sedikit asin.

Horog-horog mudah sekali ditemui di pasar-pasar tradisional di daerah Jepara. Makanan ini sebagai pengganti karbohidrat pengganti nasi, GanSist, karena kandungan karbohidratnya tinggi.

Proses pembuatan horog-horog cukup rumit, GanSist. Proses pencucian, pengeringan, penggorengan, dan pengukusan yang berulang agar menghasilkan horog-horog yang gurih.

Faktor kebersihan amat diutamakan dalam proses pembuatannya. Karena jika tidak bersih, horog-horog akan terlihat kotor dan mudah basi. Satu lagi yang membuat kuliner ini istimewa, dalam proses pembuatannya, harus dengan hati ikhlas. Karena kalo dibuat dalam keadaan marah, maka akan horog-horog yang dihasilkan akan tidak enak nantinya.

Horog-horog biasa disajikan dengan sate kikil berbumbu kacang, soto, baso, gulai, dan pecel. Jadi jangan heran, ya, GanSist, apabila berkunjung ke lapak penjual soto, gulai, dan baso, kita menemukan makanan ini. Karena horog-horog biasanya disandingkan sebagai pengganti nasi atau lontong.

Pembungkus horog-horog menggunakan daun jati, GanSist. Aroma dari daun jati juga menambah kenikmatan kuliner ini.
"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini
Sumber dokpri

Biasanya horog-horog ini jual dalam dua jenis. Yang pertama hanya horog-horog saja tanpa campuran apapun. Yang kedua, sudah dicampur dengan pecel sayur bumbu kacang.
"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini
Sumber dokpri

Bagi yang ingin mencoba dalam bentuk minuman juga bisa, loh, GanSist. Wedang Horog-horog namanya. Cukup dicampur dengan air panas atau santan ditambah gula, bagi yang suka manis. Simple banget, kan, GanSist. Tapi rasanya mantap.

Sekian dulu trit ane dalam perjumpaan kali ini. Semoga bermanfaat, ya, GanSist. Terima kasih atas apresiasinya, jangan lupa cendol dan bintangnya. Salam hangat dan selamat beraktifitas.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Mari kita lestarikan kuliner nusantara
profile-picture
profile-picture
yukinura dan febrianaryna memberi reputasi
Kuliner unik
profile-picture
yukinura memberi reputasi
namanya saja sangat asing sekali ditelingaku 😂
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Jepara punya, oyeeemoticon-Ngakak.
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Quote:


Anak milenial jepara emang masih suka makan itu?
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Masih, Sis. Dari orok dah dikasih emaknyaemoticon-Ngakak
profile-picture
yukinura memberi reputasi
jadi pengen nyoba dahh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Hayuk, Gan. Rasanya ngangeninemoticon-Jempol
profile-picture
yukinura memberi reputasi
besok bikinin gini ya
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Etdah, tinggal beli di pasar, mau berapa kiloemoticon-Ngakak
profile-picture
yukinura memberi reputasi
belom pernah nyubain saiya
tar coba dah nyicipin klo maen kesana
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Wajib nyobain, Gan. Unik rasanya, susah ketemu ni makanan kalo di tempat lain
profile-picture
profile-picture
yukinura dan masmomon memberi reputasi
Quote:



Quote:

nice thread agan TS emoticon-2 Jempol
baru tahu ada makanan ini emoticon-Malu (S)
jadi pengen nyoba ane, horog-horog yang tanpa campuran emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Siap, Gan. Jepara menunggumuemoticon-Angel
profile-picture
yukinura memberi reputasi
jadi pen nyoba makan horog2
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Main sini, ntar ane beliin
profile-picture
yukinura memberi reputasi
"Horog-horog" Kuliner Khas Bumi Kartini
Tambahin sate kikil rasanya makjoss
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Top markotop, Gan. Paripurna emoticon-2 Jempol
profile-picture
yukinura memberi reputasi
wah kayaknya enak nih, mirip klepon gitu nggak sih gan ada gula gulanya? ane belom pernah ke jepara, padahal ngga begitu jauh dari tempat ane menimba ilmu sekarang. kapan kapan nyobain kesana deh kalo emang ada waktu
profile-picture
profile-picture
yukinura dan iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Beda banget, Gan. Ini rasanya gurih asin2 gt, wajib nyobain ini kuliner. Termasuk langka udah, karena cuma ada di jepara
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di