Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Ciputra Development (CTRA) Ketiban Untung Jika Ibukota Pindah ke Kalimantan
Pemerintah berencana memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Hitungan awal pemerintah, nilai kebutuhan investasi untuk pembangunan ibu kota nyar tersebut mencapai Rp 500 triliun.

Analis Profindo Sekuritas Indonesia Dimas Wahyu Pratama menilai, pemindahan ibu kota akan mendongkrak pembangunan di daerah terkait, sekaligus baik bagi pemerataan ekonomi. Menurutnya, ini kabar positif bagi emiten yang bergerak di sektor properti.


"Untuk rumah landed seharusnya bagus," jelas Dimas, Minggu (18/8). Sedangkan untuk pembangunan kawasan bisnis seperti di Jakarta, emiten masih perlu menunggu kebijakan selanjutnya dari pemerintah.

Salah satu emiten properti yang kena imbas positif adalah PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Berdasarkan data yang dirilis, perusahaan ini memiliki tanah seluas 870 hektar (ha) di Kalimantan (lihat tabel).



Paling banyak, lahan CTRA berada di Samarinda dengan total luas 590 ha. Tanah tersebut merupakan hasil skema joint-operation dengan nama proyek CitraGrand Senyiur City Samarinda, CitraGarden City Samarinda, dan CitraLand City Samarinda. 

Selain di Kalimantan, Ciputra sejatinya memiliki 75 proyek properti. Lokasinya tersebar di 33 kota Indonesia. Di Sumatra misalnya, CTRA memiliki 10 proyek. CTRA juga memiliki delapan proyek di Sulawesi dan satu di Bali. Selebihnya, proyek CTRA terdapat di Jawa.

Harga tanah naik
Analis MNC Sekuritas Muhammad Rudy menambahkan, pemindahan ibu kota secara otomatis akan mendongkrak harga tanah di Kalimantan. "Rencana pemerintah akan meningkatkan harga lahan yang menjadi cadangan milik CTRA di Kalimantan," jelas dia.



Kabar ini menjadi sentimen positif bagi saham CTRA. Pada Jumat (16/8), saham CTRA menguat 2,92% ke Rp 1.235. Jika dihitung sejak awal tahun, harga CTRA sudah naik 22,28%.

Kendati begitu, manajemen CTRA belum memberikan tanggapan mengenai rencana ekspansi bisnis mereka di Kalimantan. Sebelumnya, CTRA hanya menyebut akan merilis sejumlah proyek baru di semester kedua.
[url]https://insight.kontan.co.id/news/ciputra-development-ctra-ketiban-untung-jika-ibukota-pindah-ke-kalimantan?page=2 [/url]

untung gan

Diubah oleh XinHua.News 21-08-2019 07:28
Crotaftermeting
Crotaftermeting memberi reputasi
1
595
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan