CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Hati-hati belanja di lapak komputer VJ Comp tokopedia.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5aab2f82d49506f4688fb2/hati-hati-belanja-di-lapak-komputer-vj-comp-tokopedia

Hati-hati belanja di lapak komputer VJ Comp tokopedia.

Judul: Hati-hati belanja di lapak komputer VJ Comp tokopedia.

Pada awalnya saya ingin membeli SSD M.2 untuk komputer baru, survey berhari2 ketemulah merek dan spek dan harga yang sesuai untuk saya, yaitu XPG SPECTRIX S40G RGB PCIe Gen3x4 M.2 512GB.
Spoiler for "SSD":


Tentunya saya seperti hampir semua orang suka belanja online di tokopedia dengan promo cashback nya. Dan kebetulan ada promo dari kartu kredit BNI di saat event 17 agustusan. Dengan promo potongan harga sebesar 17% (min. 1jt) dengan memasukan kode voucher khusus pengguna CC BNI dengan kuota yang sangat terbatas.
Spoiler for "Promo kartu kredit":


Dan tentunya seperti pada konsumen pada umum nya di saat menggunakan tokopedia kita pasti mengsortir halaman berdasarkan harga dari rendah ke tinggi. Dan keluarlah harga paling termurah dari salah satu toko yang bernama VJ Comp ini. Toko ini menjual dengan harga Rp. 1.190.000,-, pada awalnya saya liat reputasi seller ini cukup lumayan maka saya tidak ragu untuk membeli dari lapak ini.
Spoiler for "harga yg tercantum":


Padahal hanya beda dikit 5rb rupiah dengan EnterKomputer yang jelas2 lebih terjamin, salahnya saya hanya dengan selisih 5rb saya coba beli di toko VJ Comp ini.

Pada awalnya saya cek tanya stock barang di bagian diskusi, ready tidak nya, pas barang ready saya coba order barang tersebut menggunakan kode voucher BNI tersebut, hari pertama coba gagal, hari kedua gagal, berkali-kali gagal karena rebutan menggunakan kode tersebut pas jam 10 pagi setiap harinya hingga hari terakhir akhirnya saya berhasil, membeli dari halaman check out hingga traksaksi berhasil. Saya sangat senang karna dengan kode promo ini saya dapat menghemat dana lebih dari 150rb. Dengan hitung2an Rp. 1.190.000,- di diskon 17% jadi Rp. 987.700,- Saya pikir best deal kan diskon nya, dengan demikian saya bisa alihkan dana ke part komputer lain.
Spoiler for "Transaksi sukses":


Traksaksi saya tercatat tanggal 17 Agustus jam 10:00.
Saya paham kalau tidak semua toko komputer itu buka pada hari sabtu-minggu, maka saya tunggu konfirmasi seller hari senin nya.

Dan alangkah kaget nya saya pas hari senin siang saya di kirim private message oleh seller jika ada perubahan harga alias harga naik 80rb, dan menyuruh saya mentransfer sisa kenaikan harga tersebut jika ingin barang nya di proses. Padahal diketerangan info deskripsi tidak ada keterangan ditulis jika harga barang bisa berubah sewaktu-waktu.
Spoiler for "Private message":


Kemudian saya pikir2 lagi, loh kok.. jika harganya naik kenapa hingga saat ini jam 20:40an thread ini dibuat harga yang tertera di lapak tetap dan tidak berubah, kalau berubah kenapa toko ini tidak meng Update harga barang nya?
Dan kenapa toko2 lain saya sempet saya cek mengatakan harga memang sekitar 1.190 jutaan?
Spoiler for "kondisi malam ini":


Dan pada akhirnya saya tidak mau membayar sisa dari 80rb yang diminta oleh seller tersebut, bukan karena saya pelit keluar uang 80rb, tapi karena filosofi seller tokopedia yang menurut saya, harga yang anda cantumkan adalah harga yang fix siap anda jual, jika anda tidak punya barang tersebut hingga baru order ke distributor ngapain anda cantumkan harga tersebut, setidak nya tulis diketerangan kek seperti "Harga dapat berubah sewatu-waktu". Ini mah namanya akal2an seller nakal supaya lapak anda bisa berada paling utama di saat di sort termurah, padahal barang nya aja tidak nyetok di toko.
Dan itu pun kalau beneran dikirim, kalau tokonya nipu gimana? Misal saya sudah transfer lalu toko tersebut tidak ngirim barang, CS tokopedia bisa bantu apa karena transaksi transfer kan diluar tokopedia.

Saya sendiri seller, punya lapak kecil, harga yang saya cantumkan pastinya sudah fix tidak ada perubahan tiba2, karena saya jaga baik nama toko saya. Jika barang yang saya jual tiba2 naik sedikit dan sudah keburu di order oleh calon pembeli maka saya sebagai seller tanggung jawab atas kekurangan tersebut. Inilah yang dinamakan kualitas super seller.

Saran saya, hindari macam seller seperti ini, banyak sekali seller2 nakal akal2an di tokopedia, dan penipuan ini adalah salah satunya, modusnya yaitu:
1. Cantumkan harga paling termurah diantara seller lain.
2. Pas ada buyer yang sudah terlanjur beli di PM dan bilang ada perubahan harga.
3. Buyer yang sudah menggunakan kode voucher mau tidak mau membayar sisa harga tersebut.

Dan dengan demikian bisa dibilang sebenarnya harga barang yang dijual oleh toko VJ Comp lebih mahal dari enterkomputer serta toko lain yang harganya setara. Anda jual mahal sih tidak apa2, karena anda jual mahal itu hak anda sebagai seller, pembeli mau beli sukur ga ya udah kan. Tapi trik ini dipakai untuk ngerjain calon pembeli.
Spoiler for "Reputasi tidak jaminan, hati2":


Kesimpulannya saya sangat menyesal tapi ya.. mau gimana lagi. Kode promo sudah tidak ada lagi hingga ada promo besar lagi dari kartu kredit di tokopedia. Ada sisi baik yang saya ambil dari pelajaran saya ini, yaitu.. saya tidak dirugikan secara materi karena toh dana uang saya akan kembali juga ke kartu kredit. Palingan yang saya rugikan hanya waktu dan promo yang sudah berakhir, jadi kekecewaan saya hanya di situ.

Sekian curhatan saya pada hari ini, maaf jika terlalu panjang, ingat hindari seller nakal macam VJ Comp ini.


--
profile-picture
rebelx memberi reputasi
Diubah oleh katasiapa
Spoiler for kuote:


bener, jadikan pelajaran dan penggalaman aja
beda beberapa rupiah saja mending pilih toko yg sudah mumpuni dan reputasi 100x lipat dari itu
jangan tergiur harga murah yg cuma selisih gak seberapa
profile-picture
emonito memberi reputasi
Wah mesti ditandai nih seller ginian. Tokped seller banyak banget serem. Mesti pinter2 liat reputasi. Kadang reputasi bagus aja ga ada tanggung jawabnya. Tapi ya paling lengkap sih tokped.
Padahal diketerangan info deskripsi tidak ada keterangan ditulis jika harga barang bisa berubah sewaktu-waktu.


yang seperti itu biasa seller ga nulis di deskripsi produk, Tapi di catetan toko....
mungkin ada hal tersebut tertulis di catetan tokonya.

Edit :
saya liat ada catatan toko
tapi bukan mengenai point 'Harga sewaktu waktu bisa berubah '

Tapi mengenai harga belum termasuk 1%


sebaiknya VJ memperbaiki layanannya
terimakasih
Diubah oleh secondtimer
Lihat 2 balasan
Balasan post secondtimer
Tidak ada mas bro, saya juga sudah cek.
Spoiler for "info dan catatan":

Quote:


iyoo ga ada, kalo toko ane sih ada klausulnya d catetan toko,
ridhoin ya gan.... belanjanya ke entercomp aja , udah pasti2, klo pun ad mslh kebanyakan solutif
Lihat 1 balasan
Balasan post secondtimer
Iya saya anggap pelajaran aja, memang banyak trik2 kotor dalam berjualan, semoga agan2 lain lebih waspada dilain hari.
Dan barusan cek dapet email jika uang saya sudah di refund ke kartu kredit, namun proses nya harus menunggu maksimal 14 hari kerja emoticon-Bingung (S) (jadi terhambat deh rakit pc).

Dan barusan iseng2 cek bagian review bintang bawah nya, ternyata apapun komplain nya dijawab dengan template yang sama xD, wah jelas end-user service nya ga bagus ini toko emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for "review bintang 1 dan 2 nya":


Duh sayang banget ente pilih lebih murah 5rb daripada toko official. Pdhal klo ente ambil di enter bayar pake cc justru ente jadi lbh hemat kurleb 15ribuan.

semoga refund ccnya cepat ya gan, yg ngeselin dari cc bni itu dia ga bisa cek mutasinya lewat onlen.
Diubah oleh teke29
gara2 5rbu malah telat rakit pc gara2 refund.
thanks gan sharingnya, besok2 ane cek toko dulu kalo mau beli barang online.
semoga cepat proses refundnya emoticon-Big Grin
Balasan post secondtimer
Quote:


'harga dapat berubah sewaktu2' jg gak etis rasanya jika baru di info saat kita dah bayar emoticon-Big Grin
resiko dagang online dimana harga udh terpampang ya gitu emoticon-Big Grin
Quote:


emang ga etis, tapi kalau memang ada klausulnya d SOP toko / rulenya kan lebihh enakk bilangnya....
harga barang memang bs berubah ubah tergantung dr suppliernya , terus dr supplier kadang ngasih tau ngedadak....
walo ane udah nulis gt, kadang walo merugi ane tetep terima orderan sih.... // nawarin penawaran khusus /kompensasi..... hehhehehe
maka nya kalau barang yang gak ready stock , alias ngambil ditoko sebelah , alias gak bisa decide harga fixed dan sangat tergantung toko orang tersebut, maka penjual disarankan operasional mengikuti toko orang tersebut.

jadi kalau orang tersebut buka 5 hari seminggu , loe juga buka 5 hari seminggu.
jangan sampe orang dah pesan juga bayar , loe iyain , pas toko orang buka keesokan , loe mau ambil itu barang - ternyata naik harga - tapi gak mau rugi, pake alasan minta orang cancel.

memang praktek tidak nyetok barang itu adalah normal di dunia usaha , tapi yang gak normal kalau sudah deal dan ada payment , terus di cancel sepihak , ya kurang normal.

intinya seller yang gak nyetok barang lebih tingkatkan komunikasi dengan pembeli , pasang harga fair , dan fast respond.
jadi bisa meminimalisasi masalah yang timbul.
profile-picture
121Z4 memberi reputasi
Wah parah.
Saya sendiri juga sering ambil keputusan beli setelah sort barang termurah.
Puas aja gitu kalo dapet murah.

Konsekuensinya buat toko itu apa yak? Apa cuma reputasi turun gara2 menolak pesanan?
Harusnya kena sanksi nih dari toped.
Apalagi kalo kejadiannya berulang.
Quote:


sebenernya konsekuensinya itu ya kehilangan trust pembeli, kalo dr tokped ga berhak ngatur konsekuensi, paling hanya sebatas penurunan reputasi / score toko karena.menolak transaksi yang masuk.

sebenernya kan jual beli terjadi karena ada kesepakatan...
walo ini konsepnya harga sudah tercantum > ada orderan > seller berhak.nerima / nolak > seller berusaha supaya ga rugi2 amat.mungkin ya, dengan mencoba menghubungi pembeli dengan memberitahukan harga terbaru> pembeli ga setuju > seller tolak > kena pengurangan score

pengurangan score kalau teterusan itu berefek loh.... coba aja ente iseng.masukin rating 1 bintang d produk yg bintang lima,
kasian nilai rata2nya bisa jeblokk..... wkwkwkkw
kemungkinan toko mereka gag ada stok, jadi ambil dari toko lain dan otomatis naikin margin harga demi keuntungan
Ikut berduka gan..ane mah udah pernah bbrp ngalamin kek gtu..ya akhirnya dapat disimpulkan bahwa belum rejeki. Ane juga seller ditokopedia, kalau mau belanja bisa ke toko ane..pm aja jika minat. Tapi bukan brg komputer.
profile-picture
prasetia13 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di