Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Keunggulan Menggunakan Coolant Dibandingkan Air Biasa untuk Radiator

Sama – sama kita tau, radiator merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Komponen ini berfungsi untuk pendingin, menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah terjadinya overheat. 
Keunggulan Menggunakan Coolant Dibandingkan Air Biasa untuk Radiator

Biasanya orang lebih banyak menggunakan air biasa untuk mengisi air radiator. Tapi sekarang ada cairan lain yang juga bisa digunakan untuk air radiator, yakni coolant. Nah, dibandingkan dengan air biasa, ternyata coolant punya beberapa keunggulan GanSis.

Memiliki titik didih lebih tinggi dan titik beku lebih rendah

Coolant mengandung propylene yang bisa ningkatin tingkat didih dari coolant. Kondisi ini membuat coolant akan sulit menguap. Ini penting untuk sistem pendingin terhindar dari kebocoran akibat peningkatan volume karena penguapan. Selain itu, propylene juga membuat titik beku coolant menjadi lebih rendah.

Mengandung komposisi kimia khusus

Coolant dibuat dengan air yang sudah mengalami proses deionisasi dan demineralisasi. Inilah yang membuat coolant bebas dari mineral dan kotoran yang ada pada air biasa. Coolant  juga ditambahkan beberapa bahan kimia seperti propylene glicol dan corrosion inhibitor. Sesuai dengan namanya, corrosion inhibitor berfungsi untuk anti karat, sedangkan propylene glicol fungsinya ada di poin 1 GanSis..

Efektif menyerap panas

Kemampuan penyerapan panas menjadi lebih efektif ini dipengaruhi oleh kandungan propylene glicol yang ada di cairan coolant. Tingkat penyerapan panasnya lebih baik dibandingkan dengan air biasa.

Lebih stabil

Karena coolant telah melewati proses deionisasi, coolant akan bebas dari kandungan kimia yang dapat mempengaruhi baja pada mesin. Untuk air biasa, karena masih mengandung mineral dan kandungan kimia lainnya, maka akan menyebabkan terjadinya reaksi pada material baja mesin. Salah satunya kandungan asam yang bisa mengikis baja, kandungan oksigen yang menyebabkan korosi.



aeroholic
azidqi
Activate285
Activate285 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.7K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan