alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Hindari Kebiasaan ini Supaya Mobil Tidak Cepat Rusak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d252d349d0f3d846b470f/hindari-kebiasaan-ini-supaya-mobil-tidak-cepat-rusak

Hindari Kebiasaan ini Supaya Mobil Tidak Cepat Rusak


Salam stir kiri Agan dan Sista!!!

Sadar atau tidak, setiap pengemudi mobil biasanya punya kebiasaan – kebiasaan tertentu ketika lagi nyetir. Ada yang nyetir dengan tangan satu terus tangan yang satunya lagi dibagian luar pintu, ada juga yang tangannya selalu stanby di tuas gigi dan masih banyak lagi. Tapi, Agan dan Sista tau gak, ternyata dari kebiasaan – kebiasaan tersebut ada yang bikin mobil jadi cepat rusak loh, walaupun kebiasaan itu terkesan sepele.
 Hindari Kebiasaan ini Supaya Mobil Tidak Cepat Rusak

Tangan selalu stanby di tuas gigi

Kebiasaan ini memang terlihat sepele GanSis, tapi sebenarnya kebiasaan ini gak se sepele yang kalian banyangin. Meletakkan tangan pada tuas gigi dalam durasi waktu yang cukup lama akan berdampak buruk pada kesehatan mobil GanSis. Hal ini dikarenakan posisi tangan dituas gigi dapat memberikan tekanan dan menyebabkan kerusakan pada bagian komponen gigi. Apabila tangan kalian lelah alangkah lebih baik tangannya ditaro di tempat lain.

Menahan pedal kopling
 Hindari Kebiasaan ini Supaya Mobil Tidak Cepat Rusak

Nah untuk kebiasaan yang satu ini, biasanya banyak dilakukan pengemudi pada saat posisi di lampu merah atau macet. Banyak pengemudi yang memilih nginjak kopling pada kondisi tersebut agar bisa langsung menekan gas pada saat mau jalan. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan kerusakan pada kopling mobil.

Over kapasitas

Setiap kendaraan memiliki batas daya tampung bebannya masing – masing. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal. Jika mobil sering memuat beban berlebih, maka akan berdampak buruk pada komponen mobil, misalnya konsumsi bensin jadi lebih boros, tekanan pada rem dan suspensi, dan kemudi menjadi tidak lincah.

Mengganti gigi maju ke mundur atau sebaliknya tanpa berhenti dulu

Kalau Agan dan Sista bukan drifter atau pembalap, lebih baik hindari kebiasaan ini. Biasanya kebiasaan ini dilakukan pada saat mau parkir atau putar balik. Biar lebih cepat, pengemudi biasanya langsung aja mindahin gigi maju ke mundur atau sebaliknya tanpa menghentikan mobil terlebih dahulu. Walaupun menghemat waktu, pergerakan seperti ini bisa mengakibatkan gearbox mobil jadi rusak.

Gimana GanSis, pasti kalian pernah ngelakuin kebiasaan – kebiasaan ini kan? hehe memang kebiasaan ini terlihat sepele GanSis, tapi kalau sering dilakukan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mobil kalian.


 


profile-picture
vly69 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nah harus diperhatikan neh
Nah, makasih banyak atas tambahan informasi dan sarannya gan. Semoga diperhatikan lebih oleh para pemilik kendaraan karena perawatan dan kebiasaan buruk berkendara bisa berdampak buruk untuk kendaraan
gak ganti oli
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di