bayu9999Avatar border
TS
bayu9999
Yuk Simak Tips Mengolah Daging Kurban Agar Empuk, Tidak Alot dan Tidak Bau

Idul Adha tiba, pasti kalian mendapat jatah daging kurban kan?. Salah satu tantangan dalam mengolah daging kurban adalah bagaimana cara agar daging empuk, tidak alot dan tidak bau. Memang dalam mengolah daging kurban bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bila daging diolah dengan baik dan benar maka citarasa yang dihasilkan juga enak. Tidak mau kan daging yang diolah nanti alot dan bau. Daging yang alot dan bau akan mengurangi citarasa serta selera makan juga lho. Agar hal tersebut tidak terjadi, Yuk simak tips dalam mengolah daging kurban sehingga hasilnya empuk, tidak alot dan tidak bau. Berikut tipsnya :
1. Singkirkan Lemaknya


Sumber Gambar

Lapisan lemak yang menempel pada daging dapat menyebabkan aroma prengus. Agar tidak terlalu bau, maka buang lemak yang berlebih dengan cara mengiris daging tersebut.


2. Jangan Dicuci


Eits... tunggu dulu, jangan cuci daging kambing karena tekstur daging kambing akan menjadi alot dan bau amis nya bertambah. Sebaiknya rebus daging kambing dalam keadaan tidak dicuci. Kemudian buang air rebusan tersebut dan olah daging seperti biasa.

3. Taburi Garam

Jika daging kambing sudah terlanjur dicuci. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam lalu cuci sebelum diolah. Hal ini dilakukan agar daging tidak bau karena darah yang menyebabkan aroma tidak sedap.

4. Baluri Dengan Parutan Nanas

Salah satu cara agar daging lebih empuk dan tidak bau adalah dengan menggunakan parutan nanas. Baluri/campurkan daging mentah dengan parutan nanas. Tunggu selama 30 menit, kemudian olah seperti biasa. Perlu diingat bahwa nanas yang dipakai bukan nanas yang matang.

5. Rebus Dengan Rempah-Rempah

Untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah merebus daging kambing dengan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan bisa berupa daun jahe, serai, kemangi, atau daun jeruk.

6. Baluri Dengan Parutan Pir

Buah pir bisa juga digunakan untuk melunakkan daging loh. Caranya sama seperti penggunaan nanas. Parut pir kemudian baluri/campurkan dengan daging.
7. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Daun pepaya bisa digunakan untuk melembutkan daging dan mengatasi bau tak sedap. Caranya, bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim yang terkandung pada daun pepaya akan bekerja untuk menjadikan daging lebih empuk

8. Lumuri Dengan Jeruk Nipis


Memiliki banyak manfaat, jeruk nipis dapat digunakan untuk melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging serta dapat membunuh bakteri. Caranya dengan melumuri daging mentah dengan air perasaan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian olah daging seperti biasa.

9. Lumuri Dengan Cuka Apel

Lumuri daging mentah dengan cuka apel. Hal ini dapat memberi citarasa yang juicy dan manis yang samar. Rekomendasi saat ingin mengolahnya menjadi steak.

10. Rendam Dalam Cola

Siapa sangka, ternyata cola juga dapat digunakan untuk melunakkan daging serta mengatasi bau nya. Caranya dengan merendam daging mentah menggunakan cola selama 30 menit. Kemudian olah seperti biasa.


Spoiler for Bahan Alami Untuk Melunakkan Daging:


Spoiler for Video : Tips Mengolah:



Spoiler for Referensi:

Diubah oleh bayu9999 11-08-2019 10:48
0
1.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan