- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Cara Setel Karburator Motor Agar Irit Bensin


TS
budibenedektus
Cara Setel Karburator Motor Agar Irit Bensin
Quote:

Pada thread kali ini saya akan membagikan cara mudah setel karburator agar konsumsi bahan bakar kendaraan sobat semua tetap setabil dan tentu tenaga juga oke, sebelum memasuki langkah penyetelan, Gan/Sist semua harus paham gejala-gejala pada motor yang wajib melakukan penyetelan karburator antara lain sebagai berikut:
1.Tenaga mesin berkurang, peforma pada motor dapat disebabkan oleh menggumpal kotoran dari udara yang ada di dalam karburator, dengan melakukan penyetelan kotoran yang tadinya menggumpal dapat dikeluarkan.
2.Mesin sukar untuk menyala,hal ini dapat disebabkan oleh kekurangan campuran udara ataupun bahan bakar.
3.Busi motor basah, atau sering disebut busi mati penyebabnya ialah karena setelan untuk bahan bakar terlalu boros dan berbanding terbalik dengan setelan udara.
4. Mesin seolah-olah akan mati pada Rpm rendah, ini di akibatkan oleh minim pasokan angin yang ada, dengan arti setelan terlalu rendah
Jika Gan/Sist merasakan gejala-gejala seperti di atas pada sepeda motor kalian, maka segeralah untuk melakukan penyetelan pada karburator. Penyetelan karburator tidak lah terlalu sulit hanya membutuhkan 1 kunci obeng minus, dan feeling saja, berikut ini saya akan memberitahu kan cara penyetelan karburator dengan benar dan irit bahan bakar:
1. Nyalakan mesin dengan putaran langsam, penyetelan wajib dilakukan pada saat karburator itu bekerja.
2.Putar baut setelan gas ke arah kanan 1 hingga 2 kali putaran baut, dengan memutar setelan ini ke arah jarum jam, maka akan membuat katup gas semakin terbuka dan Rpm mesin dengan otomatis akan semakin tinggi berkisar 1500 Rpm.

3. Putar baut setelan angin ke arah kanan, dengan memutar baut setelan angin ke arah kanan akan membuat pasokan angin yang masuk semakin berkurang, dengan demikian Rpm mesin pun akan menurun, putar baut tersebut hingga Rpm terendah mesin, dan hentikan memutar baut setelan pada saat mesin hampir mati.

4. Putar kembali baut setelan angin ke arah kiri, seperti penjelasan pada point no 3 memutar ke kanan akan membuat Rpm menurun, jadi dengan memutar ke kiri Rpm akan semakin meninggi karena katup angin kembali terbuka. Pada langkah ini lah sobat memerlukan feeling, karena pada langkah ini lah yang akan menentukan ideal nya campuran udara, putarlah baut sampai mesin mencapai titik Rpm tertinggi, tapi jangan sampai baut setelan terlepas. Biasanya pemutaran cukup hanya 2-3 kali putaran dari titik posisi baut sebelum nya.

Untuk membaca lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini.
Cara mudah dan benar setel karburator yang pasti irit bensin
Spoiler for thread lainnya:
Mungkin agan semua juga tertarik untuk membaca thread saya yang lainnya
1. Tips penyelamatan mobil mundur karna tidak sanggup menanjak
2. Cara mudah mengetahui kamvas kopling sudah habis
3. Nostalgia bersama pecinta motor Rx King
4. Kelebihan truk Mitsubishi Fuso, menjadi truk no 1 di Indonesia
5. Jangan anggap sepele keterlambatan mengganti oli mesin dan filternya
6. Cara mudah setel kuku macan kopling
1. Tips penyelamatan mobil mundur karna tidak sanggup menanjak
2. Cara mudah mengetahui kamvas kopling sudah habis
3. Nostalgia bersama pecinta motor Rx King
4. Kelebihan truk Mitsubishi Fuso, menjadi truk no 1 di Indonesia
5. Jangan anggap sepele keterlambatan mengganti oli mesin dan filternya
6. Cara mudah setel kuku macan kopling


indriketaren memberi reputasi
1
10.8K
Kutip
4
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan