Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

red1302Avatar border
TS
red1302
Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan


Pernah ga sih kalian ngerasa kalau uang kalian tiba-tiba abis atau ngerasa kalau gaji kalian ga tau ilang kemana? Kalau kalian pernah ngerasain hal tersebut maka kemungkinan kalian mengalami yang namanya bocor halus.

Simpelnya bocor halus ya kaya namanya. Keuangan kalian bocor tapi kalian ga sadar karena bocornya ga gede jadi ga terasa sama kalian. Tapi, walaupun ga terasa ternyata bocor halus bisa bikin keuangan kalian berantakan dan jadinya malah ga bisa nabung sama sekali.

Nah, pada thread kali ini ane bakalan ngasi informasi ke kalian kenapa kalian bisa kena bocor halus dan bagaimana cara mengatasi atau minimal mengurangi bocor halus ini.

Penyebab

Penyebab bocor halus cuma satu, yaitu diri kalian sendiri. Kalau kalian bisa mengontrol diri kalian sendiri maka ga bakalan ada yang namanya bocor halus di keuangan kalian. Contohnya, kalau kalian lagi jalan ke mall dan ngeliat barang yang lucu atau diskon dan kalian beli padahal ga butuh-butuh amat itu yang namanya bocor halus. Rencana keuangan kalian berantakan untuk barang yang ga kalian butuhkan.

Ada lagi contohnya, kalian kalau jalan-jalan sama temen-temen kalian dan ngeliat ada makanan yang unik dan beli makanan itu padahal kalian ga laper maka udah terjadi lagi yang namanya bocor halus.

Nah, dari dua contoh diatas udah bisa nyimpulin kan apa penyebab bocor alus? Ya nafsu kalian sendiri. Kalau kalian bisa kontrol nafsu kalian terhadap sesuatu yang ga kalian butuhin maka yakin deh bocor halus ga bakalan terjadi.

Karena kebanyakan orang yang bocor halus keuangannya suka ngomong begini "ah cuma 10 ribu", "ah cobain mumpung murah", "eh diskon nih, kapan lagi ada diskon (padahal barangnya ga butuh-butuh amat)" dan begitu seterusnya sampai mereka sadar kalau uang mereka habis ke hal-hal yang ga penting.

Cara Mengatasi

Nah kalau kalian udah ngerti gambaran besar bocor halus itu bagaimana terus gimana sih solusinya biar kita ga mengalami hal tersebut?

1. Jangan Laper Mata

Kurang-kurangin deh yang namanya laper mata gara-gara ngeliat suatu barang. Pastiin sebelum kalian beli suatu barang kalian pikirin dulu apakah barang itu emang perlu di beli dan apakah barang itu berguna buat kita. Tujuannya biar kita ga beli barang-barang yang emang ga kita perluin.

2. Hitung Keuangan Kalian Perharinya

Ada satu hal penting yang jarang banget dilakuin sama orang-orang. Yaitu menghitung pengeluaran mereka setiap hari. Hal ini penting banget biar kalian tau uang kalian kemana aja dan bikin kalian sadar kalau misalnya ada yang bocor halus. Jadi kalian ga ngulangin kesalahan yang sama.

3. Hargai Uang Kecil

"Ah cuma 5 ribu", "10 ribu doang yaelah" pola pikir yang kaya gitu merupakan pola pikir yang salah dan sebaiknya kalian musnahkan pola pikir kaya gitu. Karena penyebab bocor halus ya uang-uang yang nilainya ga terlalu besar itu. Jadi kalau kalian ga bisa menjaga uang kecil kalian maka jangan harap bisa lepas dari yang namanya bocor halus.

Itulah penyebab dan beberapa cara biar kita semua terbebas dari yang namanya bocor halus. Semoga dengan adanya thread ini kita jadi sadar sama pengeluaran kita dan bisa lebih bijak lagi dalam mengeluarkan uang.

Sekian thread dari ane, kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toastdan rate5emoticon-Rate 5 Star.
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
1.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan