red1302Avatar border
TS
red1302
Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan D4 Dengan S1

Kebanyakan orang yang belum atau tidak berkuliah pasti lebih familiar dengan kata S1 dibandingkan dengan D4. Padahal D4 dan S1 memiliki kedudukan yang setara dan waktu perkuliahannya juga setara yaitu selama 4 tahun.

Tetapi walaupun setara nyatanya D4 lebih kurang dikenal dibandingkan dengan S1 yang sudah sangat familiar di masyarakat. Terus apa sih yang ngebedain dua hal ini? Biar kalian ga bingung nantinya kita langsung bahas aja satu persatu apa yang ngebedain D4 dan S1.

Cara Belajar

Perbedaan yang paling mencolok antara D4 dan S1 adalah cara belajar selama perkuliahan. Jika kalian mengambil D4 maka kalian akan lebih banyak melakukan praktek dibandingkan dengan mendapatkan teori.

S1 merupakan kebalikan dari D4 dimana saat kita menempuh S1 kita akan mendapatkan lebih banyak teori dibandingkan dengan praktek.

Gelar yang Didapatkan

Tidak hanya cara belajarnya yang berbeda, gelar yang akan kalian dapatkan setelah lulus juga akan berbeda antara D4 dengan S1. Jika biasanya orang yang menempuh pendidikan S1 akan mendapatkan gelar sarjana dan dilanjutkan oleh prodi yang diambil seperti S.Pd untuk sarjana pendidikan.

Sedangkan untuk D4 akan mendapatkan gelar sarjana terapan dan dilanjutkan oleh nama prodi yang diambil seperti S.Tr.T yang memiliki arti Sarjana Terapan Teknik.

Tugas Akhir

Kebanyakan orang menganggap tugas akhir adalah skripsi. Hal ini memang benar jika kita berbicara mengenai S1. Tetapi berbeda dengan orang yang menempuh pendidikan D4 dimana mereka tidak mengerjakan skripsi agar dapat lulus dari perguruan tinggi melainkan harus menyelesaikan laporan ilmiah agar dapat lulus dari kampusnya.

Itulah beberapa perbedaan dari D4 dan S1. Sayangnya kebanyakan orang dan perusahaan belum begitu familiar dengan D4 sehingga dapat kita lihat masih banyak perusahaan yang tidak mencantumkan D4 dalam lowongan pekerjaannya. Padahal keduanya memiliki kedudukan yang sama dan hanya berbeda dalam cara belajarnya saja.

Sekian thread dari ane, kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toast dan rate5emoticon-Rate 5 Star.
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan