tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Nanya Terus Menerus, Baik atau Malah Sebaliknya?
Sebuah pertanyaan merupakan sesuatu yang diperlukan saat sesuatu hal tersebut butuh sebuah jawaban. Di setiap seluk beluk kehidupan ini pasti akan timbul sebuah pertanyaan mulai dari pertanyaan yang berbobot hingga pertanyaan yang biasa-biasa saja. Sebuah pertanyaan selalu ada dalam keseharian kita karena diri kita tak pernah tahu semua hal yang terjadi di sekitar kita terutama bila sesuatu yang heboh yang selalu menarik untuk membuat sebuah pertanyaan.

Credit : hipwee.com

Ketika kita di sekolah kita seringkali dianjurkan untuk bertanya pada guru, begitu juga saat perkuliahan sebuah pertanyaan itu seringkali di harapkan oleh para dosen agar mahasiswa antusias dan aktif mencari tahu tentang apa yang dipelajari, selain itu pula dengan adanya pertanyaan membuat suasana perkuliahan menjadi lebih hidup dan interaktif. Begitu juga dalam keseharian tentunya sebuah pertanyaan diperlukan untuk bisa tahu akan banyak hal yang ingin di ketahui.

Malu untuk bertanya adalah sesuatu yang harus dihindari, karena tanpa kita bertanya mungkin ujungnya bisa membuat diri kita malah melakukan kesalahan. Dengan bertanya kita bukan sekedar tahu semata namun juga terkadang membuat paham untuk melakukan sesuatu yang harus dikerjakan. Bertanya merupakan sesuatu yang baik, namun jika terus menerus bertanya tentu bukan sesuatu yang baik karena bisa bikin kesel atau jengkel orang lain yang diminta jawaban. Untuk itulah tak selamanya bertanya itu selalu baik.

Jangan asal bertanya, apalagi bertanya terlalu berlebihan. Lihat situasi dan kondisi seseorang sebelum bertanya ketika sedang ingin bertanya banyak, bila sedang sibuk melakukan hal lain lebih baik hindari untuk bertanya banyak dan cukup bertanya seperlunya saja. Hindarilah bertanya pertanyaan yang sudah ditanyakan sebelumnya terutama kepada orang yang kurang suka ditanya, untuk itulah mengenal karakter orang diperlukan agar kita tak salah dalam bertanya agar diri kita tak terkena masalah di kemudian hari.

Tak semua pertanyaan bisa di tanyakan, hindarilah bertanya sesuatu yang bersifat sensitif dan membuat orang lain tidak nyaman. Memang segala sesuatu seringkali butuh pertanyaan, akan tetapi tak seharusnya semua hal ditanyakan. Untuk itulah meskipun bertanya itu di satu sisi bagus, akan tetapi di sisi lain bila berlebihan kurang baik. Seringkali di satu sisi orang bertanya karena tidak tahu seperti butuh bimbingan dan sebagainya, akan tetapi hindari pertanyaan yang berulang atau menanyakan sesuatu yang erat kaitannya dengan sesuatu yang dilakukan atau sesuatu yang dianggap tidak perlu.

Credit : jawaban.com

Bijaklah dalam bertanya dan kita harus bisa tahu kondisi saat bertanya, bertanya itu memang perlu asalkan sewajarnya saja dan tidak terus menerus bertanya karena bisa membuat sebagian orang risih. Bertanyalah dalam skala yang wajar agar tidak membuat orang lain tidak nyaman dengan kita. Jangan malu untuk bertanya akan tetapi jangan sampai berlebihan dalam bertanya apalagi sampai terus menerus bertanya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
ngejleb
anasabila
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.4K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan