Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irummmAvatar border
TS
irummm
Kota Kecil dan Carnaval yang Mendunia
Quote:
foto: google.com

Haii agan sista assalamu 'alaykum, selamat malam semuanya. Udah kangen belum ma thread ane? Uhuk ... GR kagak dilarang 'kan Gan?


Baiklah, ketemu lagi di thread Irum dengan satu tema yang mungkin belum agan sista tahu.

Kali ini ane pingin bikin thread tentang Festival tahunan yang jadi kebanggaan masyarakat Jember. Apalagi kalau bukan tentang Jember Fashion Carnaval atau sering disebut dengan JFC.

Ada yang pernah denger belum gan? Atau mungkin malah udah ada yang pernah menyaksikan sendiri ke Jember?

Berawal dari maraknya festival-festival yang digelar di kota kecil ini, termasuk karnaval untuk memperingati hari kemerdekaan yang digelar di pelosok-pelosok desa, akhirnya membawa pikiran seorang pemuda desa untuk menciptakan karya yang bisa mewakili semua dan akan bisa mengenalkan kota tercintanya.

Quote:

Awalnya tema yang diangkat adalah tentang archipelago. Dan karena inspirasi ini ia ambil dari pentas reog yang selalu mengisi di setiap acara agustusan, maka untuk desain kostum para tenant pun masih bergaya seperti reog.

Ternyata pertunjukkan yang menampilkan beberapa devile yang diikuti oleh ribuan peserta ini mampu menyedot antusias warga Jember, hingga memenuhi jalan-jalan sepanjang GOR hingga Alun-Alun. Bahkan setiap acara tahunan ini digelar, penonton membludak dan membuat kemacetan parah. Akhirnya acara dijadikan ajang perhelatan rutin tiap tahun untuk mengisi hari kemerdekaan sekaligus HUT kab. Jember.

Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para pedagang asongan dan pedagang kecil yang laris manis jualannya. Tamu yang datang dari jauh pun berpengaruh pada tingkat hunian hotel dan permintaan penginapan. Sehingga sekarang di Jember sendiri menjamur hotel dan penginapan yang bagus-bagus. Otomatis tingkat pendapatan ekonomi masyarakat sekitar juga mengalami kenaikan gan.

Quote:


Quote:
foto: google

Berpulangnya sang founder JFC, Dinan Faris pada bulan April 2019 kemarin karena sakit yang diderita, tak lantas membuat kegiatan tahunan ini serta merta dihentikan.

Para tenant yang dinaunginya tetap membawa semangat sang pendiri untuk tetap menampilkan parade yang bisa mengundang decak kagum penontonnya.

Quote:

Nahh gak bisa ngebayangin meriahnya kan gan? Gelaran acara ini juga menjadi maghnet wisatawan manca negara yang penasaran ingin melihat secara lebih dekat loh gan.

Semoga acara-acara seperti ini tidak hanya akan terselenggara di kota kecil ini saja ya gan, tapi bisa menyebar dan menjadi inspirasi untuk daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

Naahh demikian thread ane kali ini. Semoga kalian suka dan enggak pernah bosan buat mampir baca.


Jangan lupa tinggalin cendol ma komen ya gan. Tengkyu smua.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star




referensi baca dimari
Cahayahalimah
tata604
tata604 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2
962
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan