ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Teruntuk Langit Jakarta, Semoga Cepat Sehat Kembali


Langit Jakarta saat ini sedang menjadi perbincangan di dunia maya, bukan karena saat senja yang selalu ditunggu anak indie, namun karena polusi yang semakin parah.

Langkah kaki yang silih berganti terdengar di Jakarta semakin terasa berat, dengan berbagai permasalahan yang ada, kini udara yang mereka hirup sudah tidak sehat lagi.

Gedung-gedung bertingkat yang biasanya terlihat dari kejauhan kini semakin sulit dilihat, beberapa orang senang karena menyangka ada kabut di Jakarta dan berarti sama seperti di Puncak, Bogor bisa makan jagung bakar atau sekedar memasak mie rebus dan bertukar cerita.

Tapi Jakarta tetaplah menjadi dirinya sendiri, tidak ada kabut seperti yang dipikirkan mereka, yang ada hanyalah asap polusi yang semakin terlihat jelas.

Menurut data AirVisual, indeks kualitas udara (US AQI) Jakarta pada hari Jum'at (2 Agustus 2019) pukul 14.40 WIB mencapai angka 164. Yang berarti menunjukkan bahwa kualitas udara berapa dalam kategori yang tidak sehat (151-200) dengan kandungan polusi mencapai PM2.5 sebesar 80.0 mikrogram/m³.

Dengan kondisi udara tersebut AirVisual menyarankan untuk memakai masker saat berada di luar ruangan, menghidupkan pembersih udara di dalam ruangan, serta tidak melakukan olahraga di luar ruangan.

Selain itu juga tidak disarankan jalan dengan kekasih orang lain padahal cuma buat persinggahan sesaat, atau cuma duduk di cafe menikmati wifi tanpa memesan makanan dan minuman.

Data tersebut didapat oleh beberapa kontributor seperti U.S Department of State, BMKG, Greenpeace Indonesia, dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Beberapa faktor seperti asap kendaraan bermotor yang semakin banyak serta musim kemarau menyebabkan polusi di Jakarta semakin menjadi-jadi.

Netizen juga mengabadikan polusi Jakarta dan mengupload di media sosial Twitter.



Tidak sedikit yang sering mengeluh tentang kualitas udara di Jakarta, kenyataannya mereka yang selalu gembar-gembor tentang polusi tapi tetap saja menggunakan kendaraan pribadi.



Memang benar, sebelum kita menyuarakan pendapat ataupun berharap orang lain melakukan apa yang kita mau, terlebih dahulu harus memberikan contoh nyata.



Sebuah akun di Instagram terus mengajak para pekerja untuk menggunakan sepeda, akun dengan nama @b2w_indonesia ini menyebarkan tagar #AyoBersepeda sebagai solusi tanpa polusi.



Semoga langit jakarta cepat sembuh kembali, sehingga senja yang selalu ditunggu-tunggu anak indie bisa kembali dirasakan dengan secangkir kopi, beberapa bait puisi, serta obat maag yang selalu menemani tentunya.








Diubah oleh ivoox.id 05-08-2019 10:08
davecchio
danQe
nona212
nona212 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.1K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan