alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3dc9da6df23153ef63fcd1/apa-sebenarnya-arti-sastra

Apa Sebenarnya Arti Sastra?

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Ane penggemar karya sastra gansis
Bang tolong koreksi maksd nya koreksi apa yang saya tau , yang saya baca dari beberap refrensi ap itu sastra saya menyimpulkan ,sastra adalah sebuah karya yang isinya sebuah rangkaian yang “bukan hanya kata” mungkin memang tidak bisa merubah keadaan dunia tapi bisa bisa merubah cara berfikir orang yang memahami isi nya .
Diubah oleh muuhammadilhamm
Lihat 1 balasan
Sekadar sharing gan.

Membahas sastra secara definitif dari satu pengertian ke pengertian lain itu kurang memuaskan jika tidak dibarengi dengan membaca karya-karya sastra seperti puisi, novel, cerpen, drama, dll.

Asal-usul kata sastra dari bahasa Sansekerta itu sendiri bisa diartikan sebagai ajaran/pedoman. (Kitab suci juga bisa dikatakan sebagai sastra).

Sastra berkembang seiring perkembangan jaman. Istilah barat sastra disebut "Literature/Art". Yang notabene, sastra adalah seni dengan bahasa sebagai mediumnya.

Ada juga penyebutan yg termasuk karya sastra dan 'bukan' sastra. Klasifikasi sekarang membagi jenis-jenis sastra dengan sastra lama dengan baru (populer).

Para pengarang di masa lampau banyak melahirkan karya sastra hebat yg sampai saat ini masih dijadikan referensi belajar sastra. Seperti novel Sitti Nurbaya, Bumi Manusia, dll. Ataupun puisi, seperti "Aku" karya Chairil Anwar. Karya tersebut banyak mengangkat tema-tema perjuangan yg sarat makna dan mengandung nilai-nilai kehidupan yg membuat karya tersebut abadi.

Sementara saat ini, seiring jaman, banyak muncul karya-karya populer. Sebut saja "Dilan" karya Pidi Baiq yg mengangkat tema anak muda, walaupun latar waktunya di tahun 90an. Novelis Dee Lestari dengan sekuel Supernova-nya.

Lalu di mana perbedaannya karya-karya tersebut? Tentu jawabannya ada pada pembaca itu sendiri. Mungkin anak-anak sekarang kurang meminati sastra lama sebab jaman mereka hidup di jaman sekarang. Mereka butuh referensi bacaan yg terkait dengan karya sastra jaman dulu.

Jadi, tidak ada kesimpulan bagaimana sastra tersebut apakah memiliki definis mutlak atau tidak. Sastra dan ilmu-ilmu lain berkembang seiring jaman dan tugas kita adalah terus belajar dan tidak berhenti pada satu titik itu.

Salam emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
dafdiv11 dan eltwoama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sastra adalah bahasa yang indah.

Btw, jangan lupa mampir ke thread terbaru ane ya:
Agustus Asik di Jogja! Pencinta Buku, Musik, dan Seni Wajib Masuk!
https://kask.us/iChLs
seni bermain kata² atau bahasa yg kadang maksudnya gk jelas.......emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Quote:


Baca isi hatiku coba gan emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
bener banget, sastra itu ya seni.

bagaimana membuat sebuah karya tulis mempunyai unsur keindahan, bagi mereka yg mengerti tentu saja
Lihat 1 balasan
Balasan post santaikalus
bener banget gan, harus bener bener digerakin banget nih gerakan gemar baca buku. literasi di Indonesia udah tergolong lemaah banget menurut ane. bahkan untuk sekedar baca petunjuk lebih lanjut atau baca caption aja pada enggan. harus bener2 dibenahi buat kepentingan diri sendiri
Inget sastra, inget pujangga baru pujangga lama, dan sering ketiduran di kelas
Lihat 2 balasan
wih mantap
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Ane sendiri masih bingung, apa semua karya sastra harus terkesan indah saja atau berseni bahasa, atau justru karena hal lain. Padahal ane udah sampai baca karya sastrawan seperti Dostoyevsky, Ernest Hemmingway, John Steinbeck, Ahmad Tohari, sampai Y.B. Mangunwijaya dan Budi Darma ane masih bingung maksudnya sastra.🤔
emoticon-Bingung
Ditunggu thread sambungannya, gan emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
sasindo UM '10emoticon-Cool
sastra itu seni tulisan, atau disebut juga kesusastraan. bahasa inggrisnya "literature" jadi segala bentuk tulisan yang mengandung seni dan keindahan adalah sastra. bahkan lirik lagu termasuk dalam sastra, itulah kenapa nama lain lirik lagu adalah syair. karena itu adalah puisi yang dinyanyikan atau dimasukkan nada. sastra itu adalah seni karena mengandung keindahan. itulah mengapa penulis juga disebut seniman. semoga menambah wawasan, salam literasi.
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
entah kenapa satra indo & inggris ane gak tekuni. untuk sekarang2 ane lebih meminati satra arab.

sastra arab berkalimat fusha yang udah buat hati ane tergelincir jatuh kedalamnya. Wallahi, Ana uhibbuka Fillah emoticon-Malu

Nikmat mana lagi yang engkau dustaken genk
Lihat 1 balasan
Bener banget gan masyarakat kita perlu didoktrin pengembangan kemampuan literasinya agar tidak terlalu menerima hoaks
Diubah oleh goal481
Lihat 1 balasan
ngedenger kata sastra = membaca, ane sendiri minat baca skrg udah berkurang, lebih suka mendengar.
Quote:


Gelap nih...
emoticon-Takut
Menulis sastra yang menghasilkan karya yang bagus emang butuh ide dan pemikiran yang luar biasa...
Namanya tujuan menulis kan biar pembaca "terhipnotis" dengan karya kita yang akhirnta bisa diapresiasi...


Quote:

Mantap gan ilmunya nih... Iya sastra emang banyak percabangannya, dan semua sastraa harus membuat penikmatnya jatuh cinta pda karya seni itu ya gan.. Contoh lagu pasti lirik yang bagus bikin pendengar semakin terhipnotis
Halaman 2 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di