alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Sebenarnya Arti Sastra?
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3dc9da6df23153ef63fcd1/apa-sebenarnya-arti-sastra

Apa Sebenarnya Arti Sastra?

Apa Sebenarnya Arti Sastra?
Banyak orang yang salah pemahaman tentang bagaiman kerja seorang sastrawan. Apa itu, yang kita sebut sebagai, sastra. Bahkan orang-orang yang mengaku diri mereka seorang sastrawan atau seniman pun tidak tahu apa itu sastra  yang semestinya. tidak heran jika  apa yang mereka hasilkan lebih banyak yang tidak sesuai dengan apa yang disebut sastra secara benar.

Quote:



Yang saya tulis kali ini tentang pengalaman saya yang baru-baru ini sedang semangat untuk mencari teman untuk berdiskusi tentang sastra. apa yang dianamakan sastra? dan seluk-beluk tentang sastra.

Saya memiliki teman yang sudah berkecimpung di dunia tulis-menulis. Dia sudah memiliki beberapa buku yang secara resmi sudah terbit. Dan semua yang dia tulis adalah sastra. Yaitu kumpulan puisi dan cerita pendek. Namun ketika saya bertanya tentang apa itu sastra, dia menjawab dengan penuh mendayu-dayu. Saya coba menggali lebih dalam tentang pengetahuannya dalam dunia sastra dan tulis-menulis, tapi saya tidak puas karena dia memberikan jawaban yang kurang greget. Saya tidak puas akan jawabannya, tentang sastra.

Lalu saya menanyakan tentang motivasi dia menulis puisi (sastra). Dia menulis bukan karena dia mengetahui tentang apa itu sastra, tapi lebih karena dia mencari jalan yang mudah dalam dunia tulis menulis. seakan-akan dia menganggap bahwa sastra adalah sebuah tulisan yang remeh-temeh dan semua orang dapat melakukannya. semua orang dapat menjadi sastrawan. Tanpa harus mengetahui apa itu sastra secara benar.

Mungkin banyak orang berfikiran sama, bahwa sastra adalah janis tulisan yang semua orang dapat menulisnya tanpa berfikir. Tanpa pengetahuan khusus. Atau bahkan tanpa harus membaca sesuatupun. Dan pemahaman seperti itu adalah pemahaman yang salah.

Sastra adalah  seni dengan media bahasa yang ditulis atau dalam bentuk tulisan.


kalau kita menganggap bahwa sastra adalah sebuah karya seni, berarti kita harus mempersiapkan segala hal untuk menciptakan karya tersebut. seluk-beluk maupun apapun yang berhubungan dengan karya kita. Kita harusnya tahu tentang apa itu sastra dan seluk-beluknya untuk menampilkan sebuah karya yang memang kita sendiri hargai sebagai karya. 

karena kita membuat sebuah karya yang bermediuamkan bahasa, kita laiknya mengetahui tentang apapun tentang bahasa. Bagaimana cara menuliskannnya dan bagaimana cara menampilkannya untuk dibaca. 

Jangan jadikan sastra sebagai sesuatu yang remeh-temeh, sesuatu yang tidak memiliki arti lebih daripada sebuah tulisan yang hanya digunakan untuk menghabiskan waktu. Sastra lebih dari itu. Sastra  adalah karya seni, yang dibuat bukan hanya untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia. 


Pembahasan ini akan saya perluas dalam tulisan saya yang lain. Tunggu tulisan saya jika penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang sastra. berikan komentar tentang pandangan kalian  terhadap tulisan saya.



AKqrim<><><
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikhwan.abas dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Andai budaya gemar baca buku masyarakat indonesia bagus dan baik seperti di negara2 maju mungkin banyak yg gak remehin sastra bahasa,... Ayo budayakan gemar membaca buku 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikhwan.abas dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post santaikalus
Bener gan, kita jadinya cuman tahu sekilas tentang sesuatu karena kurangnya budaya baca…
Ane dukung gerakan gemar membca...
Sastra (Sanskerta: शास्त्र, shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Teks Sastra juga tidak hanya teks yang berisikan tentang intruksi ajaran, lebih dari itu dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. (Wikipedia).






Kalo ane dulu si sastra indo juga ada mapel bahasa Kawi, Sanskerta, Jawa kuno, dll. Arab juga ada. Hahay.
profile-picture
siloh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pleguk
wah agan kuliah di sastra indo ya? sungkem deh..
:terimakasih
Ane sukak membaca...
emoticon-Ultah

Membaca apa aja... Terutama isi hati seorang gadis...
emoticon-Cool
ternyata itu to artinya
Suatu karya seni tertulis yang indah.
Quote:


Angka membaca di Indonesia termasuk yang terendah gan, ningkatinnya memamng perlu perhatian lebih
abis muter" ceritanya, eh bersambung, mana bagian pengertian sastra nya gan emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
seks itu juga termasuk sastra seni emoticon-Kaskus Banget
Quote:


maksud agan mata kuliah ya? itu wajib atau pilihan?



Quote:
ternyata seni toh
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Sastra biasanya lebih berat daripada tulisan-tulisan pop, menurut saya begitu. Sampai sekarang pun saya belum terlalu paham mengenai pengertian sastra secara mendalam.
Lihat 1 balasan
Ane hobby baca, tp ngga mudeng dgn sastra 🤔🤔
kirain astra,
ane jurusan komunikasi gan bukan jurusan sastra emoticon-Hammer2
profile-picture
yukinura memberi reputasi
berat gan kl suruh baca baca
saat ini banyak orang menciptakan karya tanpa unsur sastra
Sastra sastra satra, hanya beberapa orang yg mengerti seni dan suka membaca yang tertarik hal tsb..
Budayakan membaca sodara.
Seni yang dipahami oleh penulisnya dan sebagian orang muehehhehe
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di