alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Nasi Berwarna Putih?
5 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4117bfd43972222d6ece78/kenapa-nasi-berwarna-putih

Kenapa Nasi Berwarna Putih?

Kenapa Nasi Berwarna Putih?

Halo agan agan pencinta nasi. Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang indonesia selain mi instan. Dapat dilihat mayoritas orang indonesia makan nasi setiap harinya.

Nasi banyak jenisnya dan banyak pula cara memasaknya. Nasi mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari hari.

Bicara soal jenis nasi tentu berasal dari beras. Ada beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan sampai beras plastik. Tapi yang paling umum kita jumpai adalah beras putih.

Tau nggak kenapa beras itu warnanya putih? Apa karna beras itu mencintaimu apa adanya sehingga hatinya putih seputih cintaku padamu?

Ternyata oh ternyata di dalam beras terdapat suatu zat yang bernama aleuron. Yang dimaksud dengan aleuron adalah benda benda protein berupa butiran putih yang terbentuk karena pengkristalan atau pemadatan protein dalam vakuola sel. Aleuron ini biasanya terdapat pada endosperma biji, padi padian dan terkonsentrasi pada lapisan permukaan sel-sel endodermis.

aleuron inilah yang biasanya memenuhi butiran beras sehingga beras terlihat berwarna bening keputih putihan.

Sekarang pertanyaan berikutnya. Kenapa ada beras yang berwarna merah atau hitam?

Kenapa Nasi Berwarna Putih?

Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung lebih banyak aleuron sehingga kandungan proteinnya lebih banyak dan kalorinya lebih sedikit sehingga cocok untuk orang yang sedang berdiet. Dengan adanya banyak protein aleuron jadi mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.

Kenapa Nasi Berwarna Putih?

Antosianin adalah pigmen larut air yang secara alami terdapat pada berbagai jenis tumbuhan. Pigmen ini memberikan warna pada bunga, buah dan daun dan telah banyak digunakan sebagai pewarna alami.

Jika antosianin bereaksi dengan protein dalam beras maka akan terbentuk endapan yang membuat kita dapat melihat warna merah di beras dengan jelas.

Sekarang kenapa beras bisa berwarna hitam?

Beras hitam merupakan kasus yang sangat langka. Warna hitam disebabkan oleh aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan jumlah dan intensitas yang tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Nah, sekarang pertanyaan terakhir. Kenapa ada beras yang terbuat dari plastik?

Kenapa Nasi Berwarna Putih?

Well, karna berkurangnya lahan tanam dan adanya kesempatan membuat uang maka banyak pihak pihak yang mencoba meraup keuntungan dengan komoditi yang selalu kita makan setiap harinya.

Dengan menggunakan bahan plastik yang murah mereka dapat memproduksi butiran butiran beras dalam jumlah besar dan menjualnya dengan harga sedikit lebih murah untuk menarik perhatian konsumen yang malang.

***
Nasi memang bagus untuk tubuh karna merupakan sumber tenaga dan cocok dimakan bersama lauk pauk. Bergizi dan mengenyangkan.

Singkatnya nasi itu enak dan mari kita lestarikan agar tidak tergusur oleh mi instan sebagai makanan pokok kita.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


Spoiler for sumber:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
armanke13 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinian dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Tritnya anak IPB emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sorry,saya anak UB
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Hoo emoticon-Matabelo

Berati makin putih kandungan protein makin rendah ya emoticon-Matabelo

Antosianin ini sama kayak yg di anggur kan ya gan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
kalo cokelat jadi nasi goreng dong gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Makin putih protein makin tinggi. Liat aja sperma
Yep,antosianin ada di anggur atau strawberry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
nasi diributin bray

giliran nasi hat orang tua ae di abaikan bray

lo tau cepolan gue gemana dah

ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Buat thread nanti judulnya "kenapa nasi hat orang tua diabaikan?"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nasi coklat digoreng lagi jadi apaan tuh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinian dan 2 lainnya memberi reputasi
kenyataannya beras warnanya agak kuning karna ari ari padinya but nice info
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
sinian dan enryuu1 memberi reputasi
beras tak selamanya putih emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
sinian dan enryuu1 memberi reputasi
Quote:


Seperti manusia yang terlahir bagai selembar kertas putih. Beras juga terlahir putih. Dunia inilah yang mengotorinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ammarzanagi dan 3 lainnya memberi reputasi
udah lama gak makan nasi emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Terlalu cinta mi instan itu tidak baik gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
sinian dan enryuu1 memberi reputasi
Nice info gan. Berfaedah sekali. Cm ada baiknya kita menjaga konsumsi nasi agar tidak berlebihan. Bisa mengganti dengan karbo jenis lain. Kadar glukosanya itu loh, ga nahan gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Beras merah gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sudah berapa lama makanan pokok saya menjadi mi instan ya?
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan sinian memberi reputasi
Quote:


Sejak menjadi anak kos?
profile-picture
sinian memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di