Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ageel004Avatar border
TS
ageel004
Kakao atau Kokoa, Bedanya Apa?

Kakao atau Kokoa, Bedanya Apa?

emoticon-Belo :Iya itu tuh dari kakao.
emoticon-Cool: Bukan. Kokoa.
emoticon-Nohope: Kakao, kokoa, kakao, kokoa emang bedanya apaan sih.

Ada yang pernah dibuat debat gara-gara cacao dan cocoa kayak gini nggak Gan. Mungkin karena sebutan keduanya terdengar sama, dua hal yang sebetulnya berbeda ini seringkali saah dipahami.

emoticon-Request


Jadi apa beda keduanya Gan?

Istilah kakao berasal dari bahasa Aztec yakni Cacahuati atau Cacahua. Bangsa Spanyol kemudian mengucapkannya menjadi cacao. Kakao sendiri seebetulnya merujuk pada tanaman, buah dan biji cokelat.

Kakao atau Kokoa, Bedanya Apa?


Kakao digunakan untuk merujuk pohon dan berbagai bagiannya. Setelah biji kakao difermentasi dan diolah sebagai produk pertanian baru kemudian disebut kokoa. Buah kakao memiliki warna hijau keunguan yang bisa berubah jadi kuning saat matang. Di dalam buah tersebut terdapat bii yang nantinya bisa diolah menjadi cokelat Gan. Kakao sendiri lebih rendah kalori dan lebih banyak mengandung antioksidan serta zat epicatechin dan flavoid yang baik untuk tubuh.

Kakao atau Kokoa, Bedanya Apa?


Sementara kokoa sendiri adalah bubuk cokelat hasil olahan dari kakao yang sudah dicampur susu dan gula. Bubuk kokoa biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat cokelat batangan, cokelat blok atau butiran coklat.  Kokoa biasanya lebih baik digunakan dalam pembuatan roti/kue. Kokoa yang diproses secara alami punya rasa yang leibh pahit dan kadar lemak yang rendah. Sementara yang diolah melalui proses dutch biasanya disebut sebagai dark cokelat karena punya warna yang lebih gelap dan terasa lembut.

Udah paham kan Gan sekarang?


emoticon-Toast

sumber
sumber
gabodohgabener
gabodohgabener memberi reputasi
1
3.8K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan